Hal-hal yang berubah saat Hamil

11 Replies

Kehamilan Pribadi

Yak, lumayan banyak juga yang berubah pada saat hamil. Yaa, kerasa beda di trimester pertama sih, trimester kedua kayanya nanti udah bisa membiasakan diri. Di trimester pertama kaya gini, badan masih kaget karena sedang terjadi perubahan besar banget. Hormon kewanitaan sangat meningkat pesat, jadi makin sensitif, labil, dan segala perubahan lain yang memang dialami oleh ibu-ibu hamil lainnya.

Saya pun sekarang merasakannya. Awalnya sangat berharap kalo kehamilan ini gak bikin gimana-gimana. Eh, maksudnya gimana-gimana itu mual yang sangat amat sampe muntah-muntah. Mual-mual sangat wajar saat hamil, saya tau itu. Saya gak berharap gak mual, cuman jangan sampe muntah lah. Tapi nyatanya harapan tinggal harapan :p. Beberapa kali gak tahan akan rasa mual ini sampe muntah-muntah lumayan banyak. Abis makan, makanannya dikeluarin lagi. Makanan juga jadi tambah pilih-pilih. Sekarang pilih-pilihnya bukan karena gak suka atau apa, tapi karena emang beberapa makanan sangat membuat tambah mual.

Oiya, terus sekarang penciuman saya juga lebih sensitif sekali. Bahkan sampe gak tahan sama bau badan suami sendiri :p, maaf yaa ilmanakbar. Bau cucian piring juga kadang-kadang bikin eneg. Pengennya sih piring-piring langsung dicuci sehabis makan, tapi baru sebentar nyuci aja udah mual-mual, akhirnya harus dialihkan ke suami deh.

Terus, saya juga makin males. Males ngapa-ngapain (yap, yap, termasuk kerja juga jadi males :p), sampe males mandi juga, wekekek. Tapi tenang, minimal sehari saya mandi kok, walaupun cuma sekali dan mandi bebek juga, hehe.

Hum, apalagi ya. Dan, maunya ngemil mulu. Laper terus perutnya. Tapi tetep yang bisa dicemilin itu yang bisa diterim perut, gak segala macem cemilan bisa dimakan. Harus milih yang sehat dan bisa diterima perut.

Terakhir, perubahan berat badan. Ini sih pasti :p. Tapi saya sekarang baru naik 1 kg, jelas karena masih awal banget. Baca di buku pregnancy juga emang trimester pertama masih belum kerasa perubahan berat badan atau perut.

Dan banyak juga makanan-makanan yang harus dihindari karena gak baik untuk perkembangan janin, kaya mie instan (yang jelas yang banyak MSGnya), hati (atau produk hati), makanan laut mentah (sushi), daging-dagingan mentah atau setengah mateng, dan makanan yang bikin panas perut *gak tau bahasa bagusnya apa* (contohnya kaya buah nanas, duren, tape ketan). Jadi, walaupun pengen banget makan mie instan (baca: indomie), suami sangat melarang (apa daya kalo suami udah ngelarang, hiks). Padahal dulu sebelum nikah suka banget makan mie instan. Gak sampe tiap hari juga sih makannya, itu sih gak sehat. Setidaknya lumayan sering lah, tapi sekarang? hiks, hiks T_T

Haha, umur kehamilan baru 7 minggu, long way to go. Mudah-mudahan gizi saya cukup deh ampe 7,5 bulan ke depan jadi janin ini bisa berkembang sempurna dan sehat. Amiiin.

11 comments

  1. Indah Fitria

    Waaahhh selamat ya Isti 🙂

    Salam kenal.

    Aku juga Alhamdulillah sama dengan kamu, lagi hamil 7 minggu, dan semua yg kamu tulis di atas kejadian juga sama aku, hehe… Kita bisa kompakan nih 😉

  2. lianurmalasari

    Ini postingan september 2011 ya mak? Berarti sekarang baby nya udah 3 tahunan? Hehe doakan yaaa setelah baca postingan ini, keinginan saya untuk punya momongan lagi semakin besar. Semoga dimudahkan 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: