Momopururu » December 2011

Monthly Archives: December 2011

Pribadi

Happy Birthday My Nephew, Arvin

Yaak, hari ini hari ulang tahun yang pertama buat keponakan saya yang namanya Arvin Fauzantoro, tadinya sih namanya Arvin Bhisma Pratama, diganti karena sakit melulu. Mudah-mudahan dengan begitu penyakitnya jadi lebih ringan dan sembuh gak lama lagi. Amiiin.

Saya sedih banget tiap inget keponakan saya yang satu ini. Soalnya, dari umurnya 6,5 bulan, dia sering banget kejang-kejang dan ampe sekarang masih sering bolak-balik rumah sakit. Tapi yang terakhir itu 2 minggu yang lalu sih, mudah-mudahan aja itu yang terakhir dia dirawat di rumah sakit deh, selanjutnya perawatan jalan aja.

Saya bingung itu penyakit apa sebenernya. Kaka saya pernah cerita kalo itu gejala epilepsi. Walaupun keluarga saya gak punya keturunan epilepsi, tapi tetap ada kemungkinan itu.Dan katanya kalau penyakit epilepsinya itu baru muncul sejak dia dari kecil gitu, kemungkinan 5 atau 6 tahun dengan pengobatan dia bakal sembuh total.

Tapii, yang bikin saya bingung lagi, apa yang menyebabkan itu? Awalnya kaka ipar saya cerita kalo itu berawal dari bapaknya yang beli mainan plastik untuk latihan gigit-gigit di pasar dengan harga murah (mungkin kualitas plastiknya yang jadi masalah). Nah, katanya mainan itu banyak bakterinya, kan bahaya, langsung masuk lewat mulut karena digigit-gigit. ~Jadi ngeri kalo pilih-pilih mainan, bener-bener gak boleh sembarangan~. Nah, gak lama kemudian, Arvin jadi sakit panas, terus lagi demam kaya gitu malah pake dibawa ke tukang urut dan diurut. Bukannya malah sembuh, eh malemnya malah kejang. ~Ini waktu Arvin kejang pertama kalinya.

Nah, setelah dibilang itu gejala epilepsi akhirnya diberi pengobatan. Lancar sih, mungkin 1 bulan pengobatan di rumah dan sudah mulai mending, udah mulai terapi juga soalnya, -terapi biar kepalanya kuat lagi-. Oiya, selama sakit kejang ini kepalanya jadi gak kuat lagi untuk tegak, jadi kaya bayi umur 1 atau 2 bulan yang kalo digendong kepalanya mesti ditahan, sediiih sekali liatnya T_T

Tapi gak lama kemudian, dia kejang lagi dan masuk ICU. Saya sediiiih banget dengernya T_T. Terus kaka saya yang perawat cerita kalo ternyata itu penyakit otak -lupa namanya-, dan salah satu penyebabnya adalah waktu kehamilan di trimester pertama, ibunya itu pernah kena flu atau demam gitu. Jadi ngerii, makanya untuk ibu hamil, trimester pertama itu bener-bener waktu yang rawan banget, gak boleh kecapean, harus bener-bener dijaga juga kandungannya, dan bener-bener gak boleh sakit..!!

Sekali lagi, Happy 1st birthday yaa Arvin, semoga cepet sehaaat… 😀

Published by:
Kehamilan Pribadi

Ganti Dokter

Hehe, periksa kandungan bulan Desember ini saya memutuskan untuk ganti Dokter :P. Tadinya saya periksa sama dr. Rina Fajarwati, SpOG di RS Harapan Bunda, sekarang jadi periksa sama dr. Shinta Utami SpOG di RS Bunda Margonda. Bukan berarti dokter yang sebelumnya gak capable atau gimana yaa, cuman saya milih Rumah Sakitnya untuk lahiran.

Setelah periksa kandungan di bulan November kemarin, kita (saya dan suami) malah baru nyari-nyari Rumah Sakit mana yang cocok untuk lahiran bayi saya ini. Harusnya dari awal mau periksa kehamilan sih udah mikirin nantinya bakal lahiran di mana, karena keputusan itu mempengaruhi dokter yang meriksa juga, hehe.

Kita cuma survey harga dan fasilitas di 3 RS sih, RS Harapan Bunda (di Pasar Rebo), RS Bunda Margonda (dari namanya pastinya ini ada di Jl. Margonda Depok), dan RS Hermina (yang ini sih bisa di Depok atau Sunter tempat kaka saya kerja).

Saya gak tau sih fasilitas di RS Harapan Bunda itu gimana, pastinya sih fasilitas standar RS lah, tapi RS Bunda Margonda n Hermina bisa rooming in, jadi begitu bayinya lahir dan setelah IMD, dia bisa langsung masuk ruang perawatan ibunya, satu ruangan aja, gak dipisah di ruangan bayi gitu, jadi bener-bener memungkinkan banget buat ngasih ASI Eksklusif.

Tadinya pengen di RS Hermina Sunter tempat kaka saya kerja itu, tapi ribetnya kan rumah saya sekarang udah gak di Priuk, jadi 2 minggu menjelang perkiraan kelahiran saya harus stand by di rumah ortu saya di Priuk. Tapi, karena kita (saya dan suami) memutuskan pengen ngerasain deg2an menjelang kelahiran berdua di rumah kontrakan kita ini aja, jadi kita pilih yang terdekat dari sini aja, yaitu RS Bunda Margonda (yang aksesnya gampang sih, cuma 1x naik angkot) 😛

Published by:
%d bloggers like this: