Penyebab Ketuban Hijau Keruh

Berhubung waktu itu saya jadinya operasi caesar karena air ketuban saya yang sudah berwarna hijau keruh, saya jadi penasaran kenapa air ketubannya bisa berwarna seperti itu.

Awal saya cari tau, suami saya yang bertanya ke dokter kandungan saya apa yang jadi penyebab air ketuban jadi seperti itu. Dokternya jawab itu karena si bayi sudah pup di dalam perut saya. Dan kenapa si bayi sudah pup itu karena si bayi sudah stress selama masa persalinan.

Nah, ada 1 lagi yang bikin saya penasaran. Kenapa si bayi bisa sampai stress. Tapi pertanyaan suami saya berhenti sampai kenapa si bayi bisa pup di dalam itu. Alhasil kenapa si bayi sampai stress gak terjawab.

Banyak asumsi yang menyatakan kalau si bayi stress karena si ibu stress. Tadinya saya juga akhirnya jadi mikir begitu, bayi dalam kandungan saya stress karena sayanya stress.

Nah, tapi saya bingung. Saya merasa saya baik-baik aja selama kehamilan. Gak ada hal yang membuat saya stress. Hum, ada sih tapi begitu masuk bulan ke 8 udah gak ada lagi hal yang bisa membuat saya stress.

Tapi, kebetulan saya punya kakak yang sudah lama banget bekerja sebagai perawat di RS. Hermina. Saya jadi mau tanya-tanya lebih jelas sama dia.

Jadi begitu saya sampai di priuk dan punya kesempatan untuk ngobrol panjang lebar dengan kakak saya, saya tanya dan minta penjelasan lengkap deh kenapa si bayi bisa stress dan pup di dalam.

Dan dia bilang si bayi itu stress karena dia sudah terlalu lama mencari jalan untuk segera keluar. Untuk menuju ke pembukaan selanjutnya juga sudah terlalu lama.

Tapi dari penjelasan itu saya jadi bingung lagi. Kan saya merasa kontraksinya baru dari jam 4.20 senin paginya dan sudah 10 menit sekali. Nah, kata dia mungkin kontraksinya sudah lama tapi saya yang gak ngerasa itu kontraksi.

Hum, setelah saya pikir betul juga sih. Dari hari minggu pagi perut saya memang sudah terasa kencang tapinya saya yang gak ngerasa kalau itu kontraksi. ~Namanya juga baru pertama kali hamil dan baru pertama kali ngerasain apa itu kontraksi 😛

coba baca "Liburan Musim Dingin ke Jepang? Saya Mauu Melakukan 5 Aktivitas Wisata ini!" juga ya. Mohon bantuan untuk ngeshare postingan tersebut. Terima kasih ;)

Sebenarnya sebagian besar penyebab kenapa air ketuban bisa berwarna hijau keruh itu karena usia kandungan yang terlalu lama (lebih dari 40 minggu). Tapi dalam kasus saya, dimana kandungan saya baru berusia 37 minggu, pastinya bukan karena usia kandungan yang lama kan, hehe.

Akhirnya jelas kenapa air ketuban bisa berwarna hijau keruh dalam kasus saya.

Jadi karena si bayi sudah mencari jalan keluar tapi terlalu lama pertambahan pembukaannya akhirnya si bayi jadi stress. Karena si bayi jadi stress, akhirnya dia pup di dalam. Nah, pupnya itulah yang membuat air ketuban jadi hijau keruh.

Kalau diurutkan langkahnya jadi seperti ini:

~ Bayi terlalu lama mencari jalan keluar -> bayi stress pada masa persalinan -> pup di dalam -> ketuban hijau keruh.

Yak, begitulah. Akhirnya rasa penasaran saya terpenuhi juga 😀

34 Comments on Penyebab Ketuban Hijau Keruh

  1. Stebins Gulleson
    June 23, 2012 at 2:31 pm (3 years ago)

    tq infonya, kebetulan hal seperti itu yg istri saya alami yaitu air ketubanyg keluar berwarna hijau agak kental dalam persaalinan, terjawab sudah mengapa air ketuban bisa berubah warna

    Reply
  2. Dwi Ningsih
    September 10, 2012 at 4:59 pm (3 years ago)

    terima kasih atas informasinya ya Mba, semua terjawab sudah. Akhirnya saya ngga penasaran lagi, tetapi sangat disayangkan anak saya meninggal ketika lahir akibat hal ini.. :(
    untuk yang lain mohon sangat diperhatikan ya, ini sangat membahayakan bagi bayi kita.

    thanks..

    Reply
    • istianasutanti
      September 11, 2012 at 10:32 am (3 years ago)

      hoa gituu..Innalillahi, turut bersedih ya mba.

      Reply
  3. dewi latifah
    November 15, 2012 at 4:02 pm (3 years ago)

    makasih mba atas infonya ternyata jwabannya terjawab juga, semoga tugas saya lncarr stelah dptkn jwbn ini..:)

    Reply
    • istianasutanti
      November 16, 2012 at 5:01 am (3 years ago)

      Amiiin..emang tugas apa ya? 😀

      Reply
  4. hera
    November 23, 2012 at 12:46 pm (3 years ago)

    saya juga ngalamin hal yg sama pada persalinan pertama, air ketuban hijau keruh trus terminum dan air ketubannya udah sampe ke jantung. akhirnya jantung gak bisa mempompa dengan biak. Umur anak saya cuma sampe 4 hari aja..
    kata dokter selain si baby pup didalam bisa juga dari faktor makanan.

    Reply
    • istianasutanti
      November 23, 2012 at 12:51 pm (3 years ago)

      waah, innalillahii..gitu ya, emang ibu hamil harus jaga makanan ya.

      turut berduka ya mba

      Reply
      • ATIK Chafidloh
        October 2, 2013 at 2:39 pm (2 years ago)

        Salam kenal mba hera.apa yang mba hera alamin sama kayak aku.anak ku juga bertahan cuma 4 hari aja.ada 115% air ketuban yang masuk ke paru-paru Ken Muhammad Hafidz (nama anak pertama ku).Pada kehamilan kedua nanti aku akan memperhatikan dengan lebih baik agar tidak terjadi seperti ini.

        Reply
        • istianasutanti
          October 2, 2013 at 5:44 pm (2 years ago)

          Semoga kehamilan kedua bisa lebih sehat ya mba. Aamiin.

          Reply
    • mala
      December 12, 2013 at 3:11 pm (2 years ago)

      nasib qt sama ya mba,,baru umur 4hr bayiku mninggal,gara air ketuban hijau dan terminum

      Reply
  5. Dani
    December 23, 2012 at 10:13 pm (3 years ago)

    Terima kasih infoy,ini jd pelajaran berharga bagi saya,coba saya tau lbih awal mngkin anak saya bisa selamat.

    Reply
  6. ame
    January 17, 2013 at 8:56 am (3 years ago)

    peristiwa yg q alami.n skrng q tahu penyebabx..anakku sudh smbuh krn sepsis derjt 1 n drawat slama 2 mnggu. makacih infox

    Reply
    • istianasutanti
      January 18, 2013 at 11:03 am (3 years ago)

      baru nyari tau apa itu sepsis. itu karena bayinya udah minum cairan ketubannya ya?
      terus sekarang anaknya udah di rumah? Alhamdulillah kalau sudah sembuh ya :)

      Reply
  7. rahma
    February 8, 2013 at 6:35 pm (2 years ago)

    saya juga mengalami yang sama,jadi bayi saya ngk nangis waktu lahir..skrang umurny dah 4 bulan tapi belum juga menangis,daya reflek ny jg lemah

    Reply
  8. syifa
    February 25, 2013 at 5:58 pm (2 years ago)

    temen saya juga pernah seperti itu…
    Tapi ternyata sebabnya sebelum melahirkan di kasi minyak kelapa sama rumput fatimah… Kata dokternya berbahaya….

    Reply
  9. Astri bintari Anggryani
    March 17, 2013 at 7:29 pm (2 years ago)

    saat ini tetangga saya barusan melahirkan anak ke 3, mungkin kasusnya sama krn bayi stress krn terlalu lama proses persalinan, dan jg pup di dalam jd air ketuban keruh,, tp selang 1 hr si bayi tubuhnya membiru dan diberikan oksigen oleh perawat,, trus sekarang badannya jd anget,, apa kah itu memang efek dari semua itu ya..??? dulu waktu hbs lahiran kondisi anak mbak gimana??

    Reply
    • istianasutanti
      March 18, 2013 at 12:35 pm (2 years ago)

      kata dokternya kalo ketubannya udah terlanjur tertelan sama bayi ya harus diambil tindakan, saya gak nanya sih efek ketubannya tertelan bayi itu apa, mungkin banget sih yang dialami tetangga mba itu efek ini.

      waktu itu Alhamdulillah kondisi anak saya sehat wal afiat, soalnya suami langsung memutuskan biar saya dioperasi saja karena ngeliat ketubannya begitu, jadi belum sempat tertelan sama bayi. sempat kuning sih, tapi itu masalah karena kurang dijemur aja, gak berhubungan sama ketuban hijau.

      walaupun pas lahir anak saya juga masih lemah jadi gak sempat IMD, tapi Alhamdulillahnya lagi ASI saya lancar jadi begitu digabung dia nenen banyak banget, mungkin itu membantu memulihkan keadaannya.

      Reply
  10. puspita rini hasannah
    April 16, 2013 at 7:49 am (2 years ago)

    Saat saya melahirkan anak pertama , air ketubannya berwarna hijau, kata dokter kemungkinan disebabkan saat saya hamil sya mengkonsumsi jamu, alhamdulillah anak saya saat ini sehat walafiat dan sekarang sudah kelas enam sd.

    Reply
    • istianasutanti
      April 16, 2013 at 9:21 am (2 years ago)

      Hoo, mengkonsumsi jamu salah satu penyebab juga ya. Alhamdulillaah, selama ini gak ada masalah kesehatan ya mba anaknya? ~yang diakibatkan ketuban hijau itu~
      Terus dulu lahiran caesar atau normal? hehe, jadi saya yang nanya2, terima kasih yaa :)

      Reply
  11. ullya chaerunnisa
    March 17, 2014 at 7:59 am (1 year ago)

    thx infonya, sya jg mengalami hal sperti itu, anak sya jg hanya berthan 2hri, kata dkter bisa krna bayi pup ddlm, atau karna ad infeksi sileng dri ibunya,, tp slma pemeriksaan tdk ada msalah apapun dgn sya,,

    Reply
    • istianasutanti
      March 19, 2014 at 7:15 am (1 year ago)

      Makasih ya mba udah berbagi pengalaman.
      Semoga anak berikutnya tidak mengalami hal yang sama :)

      Reply
  12. camperniquesenja
    May 24, 2014 at 11:45 am (1 year ago)

    tapi akhirnya si kecil lahir dengan selamat ya mak, allhamdulillah :)

    Reply
  13. alin
    June 28, 2014 at 2:23 am (1 year ago)

    lam kenal,kalo saya sudah streess n feeling juga, tapi suami gk mau dengerin saya yg meminta untuk operasi,,,,anakku bertahan 4 hari pas hari ulang tahunku…

    Reply
    • istianasutanti
      June 28, 2014 at 5:08 am (1 year ago)

      semoga anak berikutnya sehat wal afiat ya mbak. salam kenal :)

      Reply
  14. rizka
    February 9, 2015 at 11:21 am (6 months ago)

    Saya juga kemarin gitu Mak. Kata dokternya ada 2 kemungkinan, mungkin ibunya minum jamu2aan, untuk kasus saya gak lah. Mungkin bayinya stress kelamaan pembukaan. Sepertinya itu.

    Reply
    • istianasutanti
      February 9, 2015 at 12:11 pm (6 months ago)

      iya, banyak yang kasusnya karena bayinya stress kelamaan kontraksi. mungkin sama kayak saya ya mak kasusnya :)

      Reply
  15. Inda Chakim
    February 10, 2015 at 11:22 am (6 months ago)

    Tfs ya mak. Bermanfaat nih. Alhamdulillahnsi kecil sehat wal’afiat ya mak :)

    Reply
    • istianasutanti
      February 11, 2015 at 3:04 am (6 months ago)

      iya, Alhamdulillah banget 😀

      Reply
  16. Putri
    April 1, 2015 at 9:21 pm (4 months ago)

    Thanks mbak. Sbg perempuan blm menikah ini menambah wawasan untuk saya :)

    Reply
  17. eko hardi
    May 17, 2015 at 7:26 am (2 months ago)

    Siang mba.Saya juga mengalami hal yang sama,air ketuban hijau.ketika dioperasi ibunya.anak Saya tidak menagis,tapiii alhamdullilah sekarang sudah menangis.tetapi masih dirawat terpisah.kira-kira berapa lama ya untuk dirawatnya kejadian seperti itu.semoga tidak terjadi kejadian yg tidak diinginkan.

    Reply
    • umirachmayuni
      July 22, 2015 at 2:44 am (7 days ago)

      Aslm, slam kenal semuany…sya tgl
      1 juli kmrin bru operasi secar , dn mngalami kasus yg sma air ktuban ny keruh berwarna hijau, tp syukur alhmdulillah ny begitu diangkat bayiku nangis. Mungkin klw gk nngis jg bsa jd sma critany, spt pngalman mbk” d atas. Trut brduka y yg byi ny gk bsa berthan hdup. Skrang aku pham dn gk pnasaran lg , mngkin d sbbkn krn byi ny stress smpai pup d dlm, d krena kn aku kontraksi sdh 10 hr sblumny, dn bru hr k 10 itu aku kluar tnda plek drah smpai kontraksi hebat dr subuh smpai operasi jm 10 mlm, alhmdulillah byiku d nytakn sehat walafiat, dn asi tk henti2 ny ku brikan 2jm skali krn mmang asiku bnyak. Skrang usia byiku sdah 22hr dn brat bdan ny naik 4ons, dr lhir 2,5kg skrg 2,9kg.

      Reply
      • istianasutanti
        July 24, 2015 at 4:47 am (5 days ago)

        Alhamdulillah ya bu, senang kalau anaknya sehat. Semoga sehat selalu yaa :)

        Reply

1Pingbacks & Trackbacks on Penyebab Ketuban Hijau Keruh

  1. […] Naia dengan melahirkannya sesegera mungkin dengan operasi. Alhamdulillah Naia belum sempat menelan air ketuban yang sudah kotor itu dan bisa lahir dengan sehat wal afiat […]

Leave a Reply

%d bloggers like this: