Tarif Melahirkan

41 Replies

Keluarga

Baca yang terbaru: Tarif Melahirkan 2016

Total Biaya Melahirkan

Total Biaya Melahirkan

Sebelum melahirkan, mungkin 3 atau 4 bulan sebelum melahirkan, saya sempat galau akan pilihan rumah sakit tempat saya nantinya melahirkan. Sempat periksa ke rumah sakit Harapan Bunda ~di pasar rebo~, ke rumah sakit Bunda Margonda, dan pilihan akhirnya jatuh pada rumah sakit JMC.

Sewaktu saya mendengar saudara sepupu melahirkan di rumah sakit JMC ~awal masa kehamilan~, saya pikir “wah, mahal tuh pasti biayanya” soalnya saya lihat dari penampakan luar rumah sakitnya terkesan mewah. Maka dari itu dari awal periksa kehamilan, saya ~dan suami sih~ gak berani periksa di situ πŸ˜›

Tapi, begitu dikasih tau sama sepupu kalo ternyata murah, kita berniat juga di situ dan setelah survey ternyata bener murah, akhirnya milih di JMC deh πŸ˜€

~tentang galaunya saya memilih rumah sakit pernah saya ceritakan di sini dan sini, hehe

Nah, pas ke sana, kita dikasih daftar tarif melahirkan di sana. Lumayan lengkap informasinya, soalnya ada daftar dari lahiran normal sampai lahiran caesar dari kelas III sampai kelas suite room.

Saya tadinya mau normal, jadi saya benar2 mengacu pada daftar tarif yang ini:

Daftar Tarif Melahirkan Normal

Daftar Tarif Melahirkan Normal

Ini daftar tarif normal dengan tindakan ~maksudnya induksi~:

Daftar Tarif Melahirkan dengan Induksi

Daftar Tarif Melahirkan dengan Induksi

Nah, terus ada lagi untuk meminimalisir kesakitan, pake ILA (dibius), tarifnya segini:

Daftar Tarif Melahirkan dengan ILA

Daftar Tarif Melahirkan dengan ILA

Yang gak saya liat itu tarif caesar, padahal akhirnya saya harus caesar. Daftar tarifnya itu:

Daftar Tarif Melahirkan Caesar

Daftar Tarif Melahirkan Caesar

Dengan tarif yang lumayan itu, saya memutuskan pengen di kelas utama ~karena saya gak punya indikasi gimana2, jadi saya PD banget bisa normal~. Tapi, dengan kelahiran yang lebih awal, pas suami mau pesen kelas utama, udah gak ada, penuh semua, akhirnya ada yang kosong di kelas II. Dan, ternyata saya juga harus caesar, jadi sedikit lega juga adanya yang kelas II bukan yang kelas utama πŸ˜›

Daftar tarif itu belum termasuk Alkes n obat-obatan, jadi begitu pulang, pasti nanti ada Β biaya tambahan lagi, mungkin sekitar 1-2 juta biaya tambahan untuk obat2an dsb.

Dibandingkan tarif Bunda Margonda, tarif JMC ini jauuh lebih murah. Waktu itu pernah minta ke rs. Bunda Margonda dan dikasih lembaran daftar tarifnya.

Daftar Tarif Melahirkan Bunda Margonda

Daftar Tarif Melahirkan Bunda Margonda

Dan, dengan tarif yang murah itu, kualitas dan fasilitas rumah sakit JMC hampir sama dengan rs. Bunda Margonda. Bahkan, dengan fasilitas yang lebih bagus, JMC masih lebih murah dari rs. Harapan Bunda.

Bukti JMC lebih murah dari Harapan Bunda adalah, saya melahirkan dengan caesar dan di kelas II dengan biaya akhir 10jutaan. Nah, teman saya cerita dia lahiran secara caesar dan di kelas II juga di rs. Harapan Bunda dengan biaya akhir 15 jutaan, lumayan kan bedanya? hehe

Jadi, saya bener2 gak nyesel akhirnya melahirkan di rs JMC πŸ˜€

~jadi kaya iklan rumah sakit JMC dah πŸ˜›

41 comments

  1. Papa Adi

    Terima kasih atas informasinya yang sangat berharga bu.
    Saya rasa banyak calon mama dan papa yang sangat ingin mengetahui informasi yang telah ibu sampaikan.

    Sekali lagi, terima kasih dan semoga si kecil sehat selalu.

  2. putri

    Mbaa,

    Aku lg hamil muda nih, bermanfaat bgt postingnyaa..
    mau nanya, dokter yang bagus di JMC siapa?
    Jd tergoda pindah ksitu, soalnya RS ku yang sekarang kok lebih mahal yaa..

    mba..mba.. kalo udh melahirkan boleh dong di share total biayanya (udh termasuk obat2an) hehehe..

    semoga lancaaar persalinannya, amiiinnn

    1. istianasutanti

      Hai Putri, Alhamdulillah kalau bermanfaat πŸ˜€
      Dokter yang bagus siapa ya, saya sama Dokter Shinta sih soalnya, orangnya lumayan asik, gak bikin stress. Nah, sepupu saya sama dokter yang lain lagi, lupa namanya, nanti saya tanyain ya.

      Total tarifnya ya. Itu di gambar yang pertama yang 10juta++ itu total biaya lahiran saya kemarin di sana, hehe. Jadi, kira2 segitu lah untuk lahiran caesar di kelas II. Waktu itu kebetulan saya dapetnya yang kelas II, soalnya kelas utama penuh. Temen saya lahiran di Rs. Harapan Bunda caesar dan di kelas II juga biayanya sampe 15juta, huhu.

      Bersyukur deh lahiran di JMC jadinya. Rumah sakitnya enak, pelayanannya (sejauh saya dirawat dan kontrol ke sana) enak, dokternya juga bagus, dan harganya gak mahal πŸ˜€

      Semoga membantu ya πŸ˜‰

      1. putri

        Subhanallah, congratz ya mbaaa..
        Smoga anaknya informatif dan bermanfaat kayak bunda nyaa..

        Ehh tnya temenku juga lahiran di JMC, normal, sama dokter shinta jg.. Dia jg rekomen bgt.. Wiken ini ksana ahhh kalo smpt..

        Makasih ya mbaaa.. Nanti kalo aku galau tanya2 lagi yaa πŸ˜€

  3. mysa ricardo

    hallo mba, salam kenal πŸ™‚ saya calon mama..lagi bingung cari rs bwt persalinan, penasaran sm JMC trs baca blog’nya mba jd makin pengen nyoba JMC..sy blh tanya ya mba..waktu lahiran disana sm dokter siapa? bagus hasil caesarnya? jaitan dsbnya… trs dia pro-IMD ga mba? soalnya sy bnyk dgr soal kasus RS yg kasih waktu bwt IMD kurang dr 1jam..maap ya pertanyaannya rentetan..hehehe, makasih πŸ™‚

    1. istianasutanti

      Saya waktu itu lahiran sama dokter Shinta, dia dokter di Rs. Bunda margonda juga. Hasil caesarnya bagus nih, dari saya sih gak ada keluhan, jaitannya rapi.
      Nah, yang pro IMD, saya sih kemarin akhirnya gak IMD, soalnya bayinya udah gak kuat, kan saya caesarnya dadakan karena warna ketubannya udah hijau keruh, jadi bayinya udah lemes di dalem dan gak memungkinkan untuk IMD yang membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam. Jadi, saya juga gak ngerti dia pro IMD banget atau enggak.

      Waktu sebelum dioperasi sih saya minta IMD, dia bilang liat kondisi bayinya dulu. Jadi, mungkin kalau waktu itu bayinya masih memungkinkan buat IMD, bakal di IMD sih πŸ˜€

      Semoga membantu ya πŸ˜‰

  4. Eny Indra

    Hi Mb… Melegakan banget baca tulisan ini πŸ™‚ Karena saya baru bulan lalu memutuskan untuk periksa dan Insya Allah partus di RS JMC, saya check up dengan dr Shinta Utami juga …

    Sekarang jadi makin bertambah keyakinan untuk melahirkan di sana juga.

  5. Lita SB

    Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarokatuh.
    Waaaahh… Makasih ya Mbak infonya…
    Saya lagi cari2 info buat compare biaya persalinan πŸ˜€
    Kalo di JMC baby nya rooming -in sama bundanya ga Mbak?

  6. putri

    Hai mba,

    aku lagi nihh.. hihi skrg udh hamil 27 week nih.. sama dokter Shinta juga.. cuman di RS Hermina, kebetulan beliau jg praktek disitu.. lbh deket rumahku juga

    rencananya tp untuk lahiran pengen ttp di JMC.. dari faktor biaya lebih reasonable yaa..

    berhubung dokter n RS kita insyaAllah sama, aku pgn tau lbh detil gpp kan? πŸ˜€

    mba senam hamil ga? dimana? (ada anjuran ato rekomen dari bu dokter ga?)
    setelah usia 7 bulan.. control dgn bu dktrnya sbulan skali atau 2 mggu skali?

    makasi mba

    1. istianasutanti

      Hehehe.. Selamat datang kembalii πŸ˜€

      Kalo senam hamil, gk disuruh secara langsung ama dokternya sih, tapi ada baiknya ikutan senam hamil buat melatih pernapasan.

      Aku dulu sempet 1x doank senam hamil di JMC. Tapi agak aneh, haha. Soalnya yg aku tau senam hamil ituuu kan rame2, di JMC cuma sendirian, kaya privat gitu ama bidannya, hehe

      Di rs. Bunda senam hamilnya rame2. Tiap hari sabtu ada kelas senam hamil plus konsultasi gitu. Ada klinik laktasinya juga. Jadi mending coba di situ deh, buat umum kok πŸ˜‰

      Pas aku pengen senam hamil di rs. Bunda eh aku n suami datengnya kesiangan jadi telat, hahaha. Pengen ikutan minggu depannya taunya udah lahiran :p

    1. istianasutanti

      Huaaa.. Maaf baru bales, sibuk mudik, hihihi.
      Setahu saya sih JMC pro ASI mba πŸ™‚

      Selama ini periksa dimana? Kalo dokternya enak dan udah pewe, gk masalah. Yg penting nyaman kitanya πŸ˜‰

  7. nuinui

    Mau nambahin info aja dikit, aku rencana lahiran di JMC.. bener bgt biaya melahirkan nya relatif lbh murah dibanding rs yg lain. Tp biaya nya udh naik dibanding info yg mb kasih diatas. Naik nya sih ga byk, tp tetep lebih murah kok. He..

  8. nova

    pingin ke JMC juga nih, tapi masih trauma dg dokter anak disana (nama dr.sensor), waktu anak pertama saya berobat disana, awalnya step, tapi setelah dirawat disana beberapa hari, tambah parah. nanti takut pencemaran nama baik ah, jd cukup disini saja, semoga rumah sakit lain mencotoh jmc untuk harga murahnya.

  9. darwin p

    selamat pagi ibu2….sya mw coba share jg dsini mgkn bisa jadi pertimbangan lain memilih RS utk melahirkan di jakarta.

    klo utk rmh sakit bersalin sya pny rs bersalin yg recommended bgt d jakarta selatan karna istri sya melahirkan 2 anak d RS itu,selain murah,pelayanan bagus bgt.
    pada saat itu thn 2006 istri sya melahirkan anak pertama sya dgn cara caesar,saya pikir biayanya sdh pasti mahal skali karna lahirnya caesar waktu itu,kemudian,3hr berlalu istri sya di diperbolehkan pulang oleh dokter.pd saat sya akan bayar betapa kagetnya sya dgn total biaya yg. berikan oleh kasir RS tersebut biayanya tidak sampai 5jt pd saat itu hanya sktr 4.9jt lebih….2thn kemudian jg begitu biayanya hanya 5jt pas ga kurang ga lebih jd klo 2 anak total 10jt aja.RS yg sya mksd adalah RSIA.MUHAMMADIYAH TMN.PURING. untuk skrg ibu2 blg llangsung tlp/tanya k pihak RS tersebut. mgkn skrg sktr 6-7jt an.itu harga utk caesar klo utk normal sdh pasti d bawah harga caesar dan yg pasti murah.

    ibu2 silahkan dipertimbangkan yaa…pilih RS yg terbaik utk anak2 kita.

    terima kasih.

  10. bunda hanna

    mau ikutan cerita ah.”waktu lahiran anak pertama tahun 2010 dulu juga di jmc.kesannya sama sih : murah dan ramah.setidaknya lebih murah dibandingin sama rs2 lain waktu itu. saya sama dokter anita, baik orangnya dan sama sekali gak maksa untuk sesar kalo emang ibu n bebi baik2 aja.pengalaman saya sampe induksi 2×24 jam juga ditungguin dan akhirnya lahir normal.
    inget banget deh rasanya diinduksi mulai dari pake infus, obat masuk ke dubur sampe terakhir disuntik di paha rasa sakitnya bukan main. tapi dibanding rasa takut akan sakit, masih lebih besar rasa takut saya kalo dioperasi dan saya terus terang aja bilang ke dokter anita kalo takut.karena kondisi ibu&bayi baik2 aja ya ditungguin deh. total biaya persalinan saya induksi 2 hari pake 3 obat induksi + rawat inap 2 hari sebelum lahir + 2 hari setelah lahir jadi 4 juta pas.
    nah, serunya lagi pas saya rawat inap dapet kelas 3 tapi hanya sendirian jadi serasa sekamar luas milik sendiri (jmc masih gedung yang lama).
    nah, insyaallah 3 bulan lagi kan saya mau lahiran anak ke-2. ada info gak ya update biaya lahiran jmc atau rs2 lain yang murah tahun 2014?.secara bulan2 awal saya kontrol gak di jmc krn nyari rs yang lebih deket : )

    1. istianasutanti

      wah, maaf baru bales. bentar lagi lahiran donk ya sekarang?

      asik ya sama dokter Anita, kebetulan kakak sepupu juga sama dia. hihi, emang murah ya mbak. Tapi untuk yang tahun 2014 saya kurang tau, mungkin kalaupun naik gak jauh2 kali yaa naiknya πŸ™‚

      sehat-sehat ya mbaak kehamilannya πŸ˜‰

  11. Aziza

    Hi Bunda… Makasih banyak info soal jmc nya. Mau tanya dong, waktu di Jmc di handle sama dokter siapa? Aku baru 6w nih dan kmaren ke dokter sinta utami, tapi kok rasanya krg sreg ya karena buru2 banget periksanya, dan karena usia kandungan masih kecil dia insist untuk transvaginal usg, tapi aku ga mau. Dia sampe tanya berulang2 kali aku tetep ga mau, kayanya dia jadi bete. Hehehe… Mohon infonya dong klo ada dokter lain yang lebih ok di jmc.. Thx yaaa..

    Btw aku temennya ilman di Sma 28, hehehe.. Kaget pas liat fotonya, ternyata suaminya Ilman, hehe.. Salam yaah.. *not sure he remember me though ;p

    1. istianasutanti

      Hehe, panggil Isti aja mbak πŸ™‚
      Dulu sih sama dokter Shinta Utami juga, tapi berhubung ke dia juga udah agak gedean, jadi saya sih fine2 aja, hehe. ditambah, mungkin karena dia emang orangnya cuek juga kali ya jadi dia gak bikin panik dan takut waktu melahirkan, gak yang nakut2in gitu lho mbak.

      kaka sepupu saya sih sama dokter lain, dokter Anita namanya. kalau mau tau siapa aja yang prakter di JMC sih aku pernah masukin jadwalnya di blog juga mbak, di sini: https://istianasutanti.wordpress.com/2013/02/02/jadwal-dokter-jmc/
      semoga membantu yaa πŸ™‚

      btw, ilman masih inget tuh, hehehe.

  12. fryli

    dear mba isti,

    mba apa emang dr di JMC rata” itu dr. nya ga Pro Normal ya ? saya udah 4x ganti dr. dan 3 rs selama hamil jalan 5 bln ini. dan rencana emng mau mantepin di JMC dengan dr. shinta utami. tapi kayanya klo baca n denger saran dr orang JMC jarang ya pro normoal ? boleh tau ga mba knp bs smpe di cesar ? knp dr. shinta ga perjuangin untuk normal ? advise nya yaa mba mom.. ini anak pertama ku dan alhamdulilah kembar. jadi haus bgt info dr. yang memang sgt pro normal.

    thankiest mom ^^

    1. istianasutanti

      Kalo kebanyakan dr. JMC gk pro normal kurang tahu juga ya mba. Waktu lahiran saya satu ruangan ama pasien dr. Shinta juga tapi dia lahiran normal.

      Saya caesar krn ketubannya sudah hijau keruh mba, bahkan udah hitam, makanya bayinya harus segera dikeluarkan. karena kalau enggak, bisa bahaya kalau ketubannya malah tertelan bayi. Pernah saya ceritain juga kok di blog ini, hehe πŸ˜‰

      Coba tanya2 lebih banyak aja mba sama dr. Shinta n pastiin terus ke dia kalau mba maunya lahiran normal.

      Have a healthy pregnancy ya mbak πŸ˜‰

      1. fryli

        iyaa mbaa…..makasih yaa infonya jadi mantepin di dr. shinta insyaallah cocok. minggu depan mau bikin janji. supaya ga pindah” Rs. n dr. terus… tergantung case si pasien seperti apa juga yaa.. kalau emang sudah ga memungkinkan normal berarti caesar..insyaallah mantep pilihannya..

        makasih ya mom πŸ™‚

  13. Pingback: Merawat Tubuh Setelah Melahirkan Caesar | Tips Perawatan Badan

  14. Arrazi Ibrahim

    Walaupun gue cowo dan belum kawin,
    Ini bisa jadi referensi nih, perkiraaan biaya lahir
    Muahal juga ya,
    Kalau di bidan gitu doang murah kali ya
    :v

    Makasi mba Istiana udah sharing,
    Salam kenal saya Razi
    πŸ™‚

    1. istianasutanti Post author

      tergantung rsnya mbak kayaknya. temenku di cinere (lupa nama rumah sakitnya, huhu, maaf) suaminya boleh masuk waktu sc. kebetulan waktu itu saya di JMC suami juga gak boleh masuk nih πŸ™

      good luck ya mbaak lahirannya, semoga dilancarkan dan disehatkan semuanyaaa πŸ™‚

  15. Pingback: Yang Disyukuri di Tahun 2015 – Momopururu

Leave a Reply

%d bloggers like this: