Mengatur Keberadaan Widget WordPress

6 Replies

Blog Web

Ada yang punya blog wordpress? Pasti banyak lah ya, hehe.

Kalo blognya masih dalam platform wordpress, sekarang enak banget deh, kita bisa mengatur dimana saja widget yang kita pasang itu akan muncul, atau menghilangkannya. Misalnya, di halaman home, kita mau ada widget kalender tapi di halaman lainnya atau halaman-halaman tertentu gak mau ada widget itu. Nah, buat yang belum tau caranya, saya mau ngeshare nih, mudah-mudahan bermanfaat yaa 😉

Namanya juga kita mau mengatur yang namanya widget ya, jadi ya akseslah menu widgets dari dashboard wordpress kita. Menu widgets itu adanya di bagian dalam Appearance karena merupakan submenu. Jadi, ke bagian Appearance -> widgets ya.

Menu Widgets

Menu Widgets

Setelah itu, pastilah kita berada di halaman pengaturan widget dan tampil semua widget yang kita gunakan/ pasang. Piih widget  yang mau diatur keberadaannya, saya mencontohkan widget search box.

Pengaturan Widget

Pengaturan Widget

Di bawah setiap widget ada tombol yang namanya visibility. Nah, inilah yang paling penting. Klik tombol itu, nanti akan terbuka beberapa pilihan pengaturan.

Widget Search

Widget Search

Di contoh, saya mengatur agar widget search box ini disembunyikan pada halaman search results, artinya kotak pencarian akan ada di halaman home namun tidak akan ada di halaman hasil pencarian. Kalau untuk membatalkan pengaturannya, cukup tekan “Delete” saja. Kalau mau menambahkan, misalnya di halaman mana lagi akan disembunyikan, tekan “Add”. Ini contoh hasilnya:

Yak, segitu aja, singkat ya? hehe. Semoga postingan saya ini bermanfaat yaa.

Oiya, pengaturan ini benar-benar untuk semua widgets loh, jadi gak terbatas kotak pencarian. Text widgets juga bisa, apalagi recent posts atau semacamnya. Selamat mencoba 😉

6 comments

    1. momopururu

      iya mak, harus nginstall plugin khusus, tapi gak susah juga kok, kapan2 bikin juga aah buat wordpress yang berbayar 😀

Leave a Reply

%d bloggers like this: