Sudah 9 Bulan

4 Replies

Keluarga

9 bulan sudah Naia resmi copot pampers kalau di rumah alias melakukan toilet training. Alhamdulillah sekarang udah lancar dan dia selalu bilang kalau mau pipis. Walaupun ada yang kebablasan sih, dia bilang pipis sambil pipisnya ngocor, hihihi. Tapi, Ahamdulillah banget Naia bener2 pinter dan ngerti kalau diberi pengertian apapun.

Awalnya, saya selalu pakai popok kain juga ke Naia sejak lahir. Tadinya mau selalu pakai popok kain atau celana kain aja, bukan pampers kalau di rumah. Tapi sejak dia bisa gangsrot *apa dah bahasa halusnya??* sekitar umurnya 6 bulanan, saya jadi takut kalau dia pipis di mana-mana, jadilah saya pakaikan pampers juga walupun di rumah. Nah, sejak 9 bulan yang lalu, tepatnya waktu Naia berumur 15 bulan *iyap, berarti dia sekarang tepat 24 bulan alias 2 tahun, huaah, cepatnyaaa* tekad saya sangat kuat untuk mengajarkan dia toilet training. Saya jadi benar-benar siap banget kalau dia bakal pipis di mana-mana dan sudah siap mengamati tanda-tanda dia mau pipis juga sambil terus memberi arahan dan pengertian kalau seharusnya pipis atau BAB itu di kamar mandi.

Alhamdulillah perjuangan dan kesiapan itu menunjukkan hasilnya. Naia sekarang sudah selalu bilang pipis kalau mau pipis dan bilang “e e” kalau BAB, serta jaraaaang sekali mengompol di malam hari. Iyap, saya bilang jarang, karena pernah 1 atau 2 kali dia mengompol kalau malam 😀 Kalau pergi sih kami memakaikan pampers, tapi itu hanya untuk berjaga-jaga. Naia soalnya juga udah bisa bilang pipis saat bepergian, jadi kita bisa mencari toilet terdekat untuk dia bisa pipis. Alhamdulillah pampersnya jaraaaang banget kena pipisnya, hampir selalu bersih tiap kali kita copot lagi. Subhanallah banget deh ^^

Ah, keberhasilan ini juga didukung oleh suami tercinta. Tanpa dia yang sangat mendukung dan sangat percaya, saya mungkin bakal stress terus menghadapi Naia yang pipis di mana-mana dan ngompol di malam hari. Pokoknya, ini hasil kerja sama kami bertiga deh *saya, suami, dan Naia*, hehehe.

Yaah, walaupun tetep sih kalau BAB masih belum lancar mau di kamar mandi. Terkadang banget dia bilang sebelum BAB dan mau diajak ke kamar mandi untuk BAB di toilet. Tapi seringnya masih BAB sambil duduk tanpa menyentuh lantai *jongkok ya berarti, haha* atau berdiri sambil diam dan mengedan sedikit. Biasanya kalau dia diam, kami sudah bersiap kalau2 dia BAB. Dan gak lama kami berpikiran begitu, biasanya dia bilang “e e”. Tuh kan benar saja, dia BAB, hehe. Semoga ke depannya, untuk BAB, Naia semakin lancar bilang sebelum melakukan BAB, jadi bisa di kamar mandi dan di toiletnya sendiri deh.

Toilet Naia

Toilet Naia

Oiya, kita sebenernya emang beli toilet duduk kecil untuk Naia. Tapi, jaraaaang banget dipakai. Naia lebih suka pipis masih sambil berdiri dan BAB bukan di kamar mandi. Walaupun setiap kali dia mau pipis atau BAB di toilet itu selalu kita apresiasi, tetap masih belum stabil untuk membuat dia bisa terbiasa pipis atau BAB di situ. But, after all, Naia has done a great job. Dia benar-benar membuat kita bangga.

4 comments

  1. najmafirdausi

    Subhaanallaah kak Naia pintar sekali dah pipis pada tempatnya… Alhamdulillah dek Lathifah juga sedang belajar lepas diaper… Waktunya seminggu semenjak lepas diaper, dek Lathifah mulai terbiasa pipis di toilet… Awalnya kalo dia mau pipis, dia selalu pegang punyanya kayak nahan gitu biar gak bocor pipis… Kalo dah gitu, saya langsung buruburu bawa dia ke toilet… Alhamdulillah semakin kesini semakin pinter kalo mau pipis pasti bilang, kecuali kalo abis bangun tidur gak langsung diajak ke toilet, akhirnya bocor di pinggir kasur 😀
    Gak nyangka akhirnya dia udah bisa terbebas dari diaper (walau kalo pergi2 tetep dipake buat jaga2)… Ini juga karena adiknya lahir, jadi biar cuciannya sekalian banyak gapapa… Mumpung Bundanya masih nifas, jadi gak khawatir kalau2 masih ada percikan najis dari air pipisnya dia yang berceceran di lantai… Sekarang dik Lathifah sudah 17 bulan, adik bayinya sudah 1 bulan… Salam kenal 🙂

  2. Pingback: Naia Lulus Toilet Training | momopururu

Leave a Reply

%d bloggers like this: