Naia Lulus Toilet Training

7 Replies

Keluarga Parenting

Setelah 1 tahun toilet training, akhirnya Naia lulus juga, hehe.

Alhamdulillah sekarang Naia sudah paham dan ngerti kalau mau BAB atau BAK bilang mama atau papanya dan ke kamar mandi. Malah sekarang BABnya maunya di WC yang sama kayak mama-papanya. Padahal dia udah dibeliin WC sendiri -_-

Toilet Naia

Toilet Naia

Untuk pipis sih sebenernya sudah terbiasa dari kapan tau, yaah, kira-kira 2-3 minggu dari mulai toilet training dia sudah bisa bilang kalau mau pipis dan pipis di kamar mandi. Nah, pup ini yang sampai 2 minggu atau 3 minggu yang lalu masih saja di celana.

Tapi pipis yang sudah bisa bilang itupun masih sering “kecolongan” sih. Terkadang, di saat saya yang sedang PMS atau emosinya sedang tidak stabil, Naia ngompol.

Emang ngaruh gitu emosi kita ke anak? Ngaruh banget! Seriously! Soalnya anak itu bisa menangkap energi positif atau negatif yang ada di sekelilingnya. Nah, kalau emosi kita sedang tidak stabil begitu, yang ditangkap ya pastinya energi negatif. Makanya, mereka jadi lebih sering “berulah” saat itu. Coba deh kalau kita lagi seneng, pasti anak juga ikut seneng dan jadi anak yang menyenangkan banget. πŸ˜€

Btw,Β back to topic, Alhamdulillah sudah hampir sebulan ini Naia kalau bepergian itu tidak menggunakan pospak alias langsung pakai celana. Yap, tadinya saat bepergian, dia masih pakai pospak. Yaah, untuk berjaga-jaga saja kalau-kalau di jalan minta pipis dan dia tidak bisa menahan. Tapi, seperti yang telah saya ceritakan, kalau bepergian hampir selalu pospaknya bersih dari pipis atau pup, jadilah sekarang insyaAllah sudah tidak menggunakan pospak lagi ^^

Nah, tapi tidak menggunakan pospak itu diawali dari Naia yang mengeluh sakit saat dipakaikan pospak sebelum dipakaikan celana. Yasudah, akhirnya kita bikin kesepakatan. Naia tidak menggunakan pospak saat bepergian asal dia selalu bilang saat mau pipis atau pup, jadi kita bisa mencari WC terdekat untuk dia pipis atau pup tadi. Dan, yap, sekarang Naia sudah bisa menahan pipis juga saat sedang mencari WC terdekat saat dia bilang mau pipis tapi masih di jalan πŸ™‚

Alhamdulillah yah. “Maka nikmat Tuhanmu yang mana yang kau dustakan?”, hihi.

7 comments

  1. inda chakim

    seneeenggg bgd rasanya kalau si kecil udh lulus toilet training ya mbak..
    aq jg alhmdulillah bgd, 2 thn si ken udh lepas pas pas dg yg namanya pospak, saat bepergian jauh pun begitu, lumayan duit rada lama ngineo di dompwt, hehe

Leave a Reply

%d bloggers like this: