10 Barang Bermanfaat dari Kardus Bekas

31 Replies

Hobi Kid's Activity

Berhubung Naia setiap bulan beli susu yang kardusan, setelah susunya habis kita jadi punya limbah lumayan banyak kardus bekas deh. Saya sih membuangnya di plastik khusus barang2 yang bisa didaur ulang biar bisa langsung dikasih ke pemulung. Tapi, banyak kardus gitu kok ya bikin saya pengen bikin sesuatu yah dari kardus2 itu. Entah mainan Naia atau sesuatu yang berguna lah.

Akhirnya niat membuat sesuatu itu gak cuma niat tapi sedikit sedikit dilaksanakan, hihi. Sampai sekarang barang-barang ini lah yang berhasil saya bikin dari memanfaatkan kardus bekas tadi. Oiya, gak cuma kardus besar sih, karton bekas susu atau biskuit juga saya manfaatkan kalau sedang iseng, hehe 😀

Here goes the list:

1. Mainan Warna

6 Warna

6 Warna

Yang ini pernah saya ceritakan di sini sih. Saya pakai karton bekas bungkus pasta instan (baca: spageti La Fonte xp). Naia jadi bisa belajar mengenal lebih jauh tentang warna dari sini. Saat saya bikin inipun sebetulnya dia sudah lumayan mengenal warna sih, dia sudah hafal warna hitam dan merah. Tapi, berkat ini, dia jadi hafal semua warna yang saya bikin itu deh. Sekarang malah berlanjut ke warna-warna yang bukan warna primer seperti pink, ungu, dan coklat. Dia malah sekarang sudah bisa membedakan dan menyebutkan mana hijau tua mana hijau muda, hihi. Alhamdulillah ya nak, mainan kamu gak mahal 😛

2. Mainan Labirin

*gambar menyusul*

Kalau yang ini full dari kardus bekas susunya Naia. Ini bukan sekedar kotak lho. Di dalamnya saya beri jalur supaya ada 3 jalan masuk dan 3 jalan keluar. Yang kiri keluar ke tengah, yang tengah keluar ke kanan, yang kanan keluar ke kiri. Agak ribet sih bikinnya, hehe.

3. Rak Boneka

Rak Boneka

Rak Boneka

Berhubung boneka Naia cukup banyak, saya ceritanya mau iseng bikinin tempat buat mereka. Tapi rak ini baru sehari aja udah gak kuat, ahaha. Kayanya sih ya butuh bahan yang lebih kuat dari kardus, terutama penyangganya.

4. Scrapbook

Scrapbook

Scrapbook

Waktu bikin annual project saya, foto yang dicetak terlalu banyak dan bersisa. Akhirnya sisa foto yang banyak itu saya buat scrapbook aja deh dan dikasih ke yangtinya Naia, hihi. Beberapa waktu kemudian saya jalan2 sama Naia dan iseng fotobox *masih jamaan doonk yaa fotobox* dan punya banyak foto cilik2. Saya lalu bikin scrapbook lagi buat papanya biar semangat kerja xp. Semoga dia gak malu yah majang beginian di meja kerjanya, hihihi.

Buat Papa

Buat Papa

5. Tempat Buku Naia 

Tempat Buku dari Kardus

Tempat Buku dari Kardus

Baik yang kecil maupun yang besar, haha. Awalnya sih saya bikin yang kecil saja. Etapi terinspirasi dari yang kecil itu saya akhirnya bikin yang besar supaya menampung kertas2 coretan Naia yang berantakan di rak buku. Jadi lebih rapi sekaligus mengurangi sampah kardus doonk *benerinkacamata*. Sekarang Naia jadi punya total 3 tempat buku begini, 2 yang kecil, 1 yang besar ^^

6. Pesawat Mainan 

Pesawat dari Kardus

Pesawat dari Kardus

Beberapa waktu lalu, Naia dapet boneka tidur Soothe & Glow Seahorse™ dari Fisher-Price yang sampai sekarang masih jadi boneka favoritnya. Bangun tidur aja langsung nyariin “kuda laut mana”, bukan emaknya duluan yang dicari -_-. Nah, kardusnya belum sempet dibuang, saya udah kepikiran kayaknya bisa dibuat jadi pesawat terbang deh. Berhubung Naia juga suka pesawat gitu. Yasudah, saya bikin lah. Murni memanfaatkan kardus bungkusan boneka itu doank loh ini. Eh, pakai tambahan deng buat ekornya. Tambahannya dari kardus bekas mainan Fisher Price juga yang Laugh & Learn™ Storybook Rhymes. Bisa jadi pesawat buat Tobi deh, ada bagasinya pulak xp

7. Tas Mainan

Box_masak2an

Box_masak2an

Jadi, kan si Naia punya banyak mainan masak-masakan ya. Nah, saya risih banget kalo liat itu tempatnya di plastik kresek yang lumayan gede, gak rapi banget gituh, haha. Akhirnya ya saya coba aja iseng2 bikin dari kardus plus tali dari tas goodie bag yang emang udah rusak. Ditambahin kertas kado, voila, jadinya gini deh. Mainan masak-masakannya jadi tersimpan rapii. Sehabis mainan itu juga dia jadi seneng ngeberesinnya. Dan karena ada talinya, dia juga jadi bisa bawa kemana-mana kalau mau main.

8. Troli Mainan

Troli dari Kardus

Troli dari Kardus

Setiap belanja bulanan Naia memang seneng nih dorong2 troli. Tapi kadang2 sih cuma duduk2 aja juga di troli, capek katanya, haha. Eh, tetangga punya troli mainan dan Naia ngilerr banget liatnya. Berhubung saya gak sempet2 (baca: males) pergi ke pasar buat beliin troli mainan ini, ya saya bikin aja deh lagi dari kardus. Lumayan kaan, anak seneng, saya gak capek, mainan gak beli. Semua bahagia, yeay!

9. Rumah Naia

Rumah Naia

Rumah Naia

Kalau yang ini saya gak capek2 bikin, tinggal Naia aja yang masuk kardus. Dia terus bilang deh itu rumahnya, hahaha. Padahal kardusnya kecil juga xp. Eh, tapi waktu beli mesin cuci, kardus mesin cucinya lumayan kepake buat rumah2annya Naia juga kok. Yang ini besar, jadi Naia bisa tidur2an di dalamnya, bertahan cukup lama sih, sampai semingguan kalau gak salah.

10. Topeng 

Topeng dari Kardus

Topeng dari Kardus

Haha, yang ini sebetulnya pengen bikin aksesoris photobooth gitu. Tapi baru jadi satu Naianya udah keburu main sama temennya. Yasudahlah gak dilanjut dan cuma jadi 1 topeng-topengan ini doank.

Wihihi, banyak juga ya barang dari kardus yang udah saya bikin. Yaa, selanjutnya bakal ada lagi sih kardus-kardus bekas lainnya. Selanjutnya Naia juga pasti butuh mainan-mainan lainnya, jadi marii cari ide barang apa lagi yang bisa dibuat dari kardus bekas 😉

31 comments

  1. Pingback: Softdrink itu Bernama Morinaga Chil-Go! | Momopururu

  2. Pingback: Celengan Kata – Momopururu

Leave a Reply

%d bloggers like this: