5 Tips Mendapat Job Review

Comment

Hobi

Walau tema #ArisanIlmu kedua yang lalu itu adalah “Etika Job Review”, mbak Isnuansa tetep ngasih beberapa tips agar blognya dilirik sama brand supaya dapet job review-nya loh. Iya lah, kalau job review aja gak ada, gimana mau ngelaksanain etikanya yak, heu. Ini nih beberapa tipsnya:

1. Rajin Nulis

Ini nih hal yang paling penting. Gimana coba brand mau nemuin dan mau kerja sama sama kita kalau kitanya aja gak rajin nulis? Pertama-tama sih nulis apa aja deh yang kita suka, campur-campur ya campur-campur deh. Tapi lama-kelamaan keliatan kok kita paling suka yang mana. Yang penting eksis dulu yah kakaaa, hihi.

2. Kontak Mudah Ditemukan

Nah, satu lagi yang penting. Kalau sudah rajin nulis tapi tidak memudahkan orang untuk mengontak, gimana coba menjalin hubungannya? Kontak harus ditempatkan di bagian yang mudah terlihat, bisa di halaman tersendiri mengenai diri kita atau di bagian sidebar *brb nyantumin kontak di sidebar & about xp*. Atau, bisa juga lhoo kita bikin kartu nama untuk dibagi-bagi kalau-kalau kita diundang atau menghadiri event-event blogger. Dan, jangan malu-malu juga untuk berkenalan dengan orang baru saat menghadiri event yah, siapa tau dari orang-orang tersebut kita mendapat job review ini 😀

Oiya, jangan lupa juga untuk ikut komunitas-komunitas blogger. Banyak lho justru yang mendapat job review karena tergabung komunitas. Jangan malu-malu deh buat sharing tulisannya di komunitas-komunitas itu. Sebelum mendatangkan job review, komunitas tersebut banyak mendatangkan traffic ke blog kita. Lumayan kan, posisi blog kita bisa meningkat kalau begini 😉

3. Tampilan Blog yang Menarik

Berikutnya, buat tampilan blog yang menarik dan enak untuk dibaca. Gak perlu yang ribet-ribet ada musik dan bintang berkelip di sana sini kok. Justru yang simple lebih enak untuk berlama-lama dihampiri 😀 Di web Emak2Blogger pernah juga membahas bagaimana tampilan blog yang enak dibaca alias reader-friendlyDan mungkin beberapa tampilan seperti yang telah saya sampaikan di sini bisa jadi bahan pertimbangan dalam memilih themes yang bagus yaa 🙂

4. Interaktif

Selain tampilan blognya menarik, engagement terhadap pembaca juga biasanya diperhatikan lho. Engagement  ini seperti seberapa banyaknya komentar yang masuk dan seberapa tanggapnya kita terhadap komentar tersebut.

Eh, tapi ini termasuk faktor ke sekian kok. Jarang untuk dipertimbangkan. Biasanya yang lebih dipertimbangkan itu yang memiliki:

5. Statistik yang Bagus

Iya, gak selalu blog sepi komentar itu berarti statistiknya jelek lho. Statistik yang bagus biasanya ditentukan oleh berapa total visits per month, total unique visitors per month, total page views per month dan average time on site. Nah, beberapa tools yang bisa membantu kita menentukan posisi blog kita ada page rank, alexa rank, dan data dari Google Analytics. Nah, ternyata hampir 90% viewer  yang terlihat di statistik tadi itu datangnya dari mesin pencari lho, makanya ilmu SEO itu penting! Gak sedikit juga blogger-blogger yang akhirnya memakai jasa SEO profesional untuk menaikkan peringkatnya di google atau meningkatkan posisi pagerank. Ya biar itu tadi, biar statistik blognya semakin meningkat.

Hal ini berhubungan erat banget dengan tema #ArisanIlmu yang pertama nih, hihi. Untuk bisa meningkatkan posisi kita (baik di mesin pencari maupun posisi pagerank), penting banget untuk melaksanakan personal branding yang telah diajarkan sebelumnya. Semoga dengan beberapa langkah itu, kita bisa kebanjiran job review yah (ayo Aamiin yang kenceng xp).

Leave a Reply

%d bloggers like this: