Beras Pelangi

22 Replies

Kid's Activity Playful Wednesday Pribadi

Hyaaa.. Skip 2 minggu gegara sibuk Lebaran dan euforia hamil euy, huhuhu. Okeh, kali ini semoga gak ada skip lagi yaa, hehe.

Playful Wednesday - BerasPelangi

Kali ini saya mau memperkenalkan beras pelangiย nih. Beras yang diberi pewarna dan diletakkan di botol sesuai warna pelangi. Kebetulan warna yang saya punya cuma 5 ini, jadi gak persis kayak warna pelangi yang ada 7 ituh. Gapapa lah yaaa, intinya sih ini untuk melatih motorik halus anak lagi dengan belajar memasukkan beras ke dalam botol menggunakan sendok ๐Ÿ™‚

Cara bikinnya mudah juga kok. Berasnya bisa diwarnai oleh kita atau kalau anak sudah bisa diajak mewarnai beras, ya ikutan mewarnai berasnya deh. Kebetulan saya punya wadah kecil dengan tutup, jadi gampang untuk mewarnai berasnya, tinggal dikocok saja, hehe.

Okeh, begini langkah-langkahnya:

Bahan:

  1. Beras (pastinya ya, judulnya aja beras pelangi xp)
  2. Wadah untuk mewarnai beras dan botol untuk meletakkan beras pelangi
  3. Cuka
  4. Pewarna makanan. Karena saya punya 5 warna itu, ya saya pakai kelima-limanya deh. Tadinya sih cuma pakai 4 karena wadahnya gak ada lagi. Tapi setelah salah satu warna berasnya ditaruh di botol, saya kocok lagi warna orange di wadah bekas warna lain ๐Ÿ™‚

Bahan-bahan Beras Pelangi

Cara Bermain:

  1. Beri warna pada beras dengan memasukkan beras, cuka, dan pewarna ke dalam wadah kecil untuk dikocok. Naia suka memasukkan beras ke wadahnya serta mengocoknya. It’s soย fun for her! ๐Ÿ˜€
  2. Setelah beras sudah diwarnai oleh semua warnanya (saya menyediakan 5 warna), masukkan beras ke dalam botol kecil mulai dari warna paling bawah. Urutan warna pelangi itu kan merah-jingga-kuning-hijau-biru yaa, nah memasukkannya dari warna biru terlebih dahulu ๐Ÿ™‚ Kali ini Naia memasukkan berasya menggunakan sendok.
  3. Setelah semuanya masuk, jadi deh beras pelanginya ๐Ÿ™‚

Oiya, sebelum semua berasnya dituang ke botol untuk membuat pelangi, kita juga sempat bermainย sorting colorย juga, eheheh.

IMG_20150624_085854_HDR

Naia suka dengan perpaduan warnanya. Tapi walau begitu, beras pelangi ini gak tahan lama, haha. Karena Naia lagi asik dengan kegiatan menuang, ya dia tuang-tuang lagi beras pelanginya itu ke wadah yang lebih besar dan dicampur semua, jadilah warnanya ya bercampur xp. Malah terakhir dia kasih pewarna lagi lebih banyak. Satu warna sih, tapi karena menuang pewarnanya terlalu banyak, warnanya jadi terlalu tua, gak terlihat lagi beras warna-warninya, hehe.

Berhubung saat itu sudah asik main, ya jadi fotonya sampai si beras pelangi berhasil aja deh ๐Ÿ˜€

22 comments

    1. istianasutanti Post author

      wihihi.. sebetulnya itu kurang tau. kayanya biar warna merata dan tahan lama deh. ternyata ini berasnya juga saya simpan, sampai sekarang warnanya gak pudar. ๐Ÿ˜€

  1. Pingback: [Little Science Project] Botol Pelangi – Momopururu

  2. Pingback: Beras Pelangi

Leave a Reply

%d bloggers like this: