Pribadi

Bahagia Itu Bersyukur

Kalau bisa dibilang, apa rahasia buat jadi bahagia, saya akan jawab bersyukurSeriously, you have to be grateful to see what you’ve had now. Then, you realize how many that you have. Then, you’re gonna be happy. Gak habis-habis kalau kita bersyukur saat bahagia saja karena ya gimana mau bahagia kalau gak bisa melihat hidup ini indah, gimana mau bahagia kalau gak bisa bersyukur?

Apa  yang dipunya sekarang terasa kuraaang terus kalau yang dicari itu bahagianya duluan, bukan bersyukurnya duluan. Walau jujur, emang bersyukur itu suliiit sekali, terlebih saat kekurangan. Mengatur keuangan rasanya udah dag dig dug dari awal bulan, cukup atau enggak. Kalau bersyukur dan bisa menerima apa yang ada, insyaAllah akan cukup terus, entah dari mana saja datangnya rejeki tambahan itu.

Kita bekerja tuk bersyukur, menegakkan taat, & berbagi manfaat. Tapi rizqi tak selalu terletak di pekerjaan kita; Allah taruh sekehendakNya.

-Salim A. Fillah-

Baca: Masalah Rizky

Bahkan rejeki itu juga bukan hanya sekedar materi. Rejeki itu bukan hanya sekedar gaji besar, rumah mewah, mobil bejibun. Bukan, bukan itu. Rejeki itu bisa bermacam bentuknya. Rejeki itu bisa hadir dalam bentuk apa saja. Kesehatan, kelapangan hati, keleluasaan beribadah, keluarga yang sakinah mawadah wa rahmah (aamiin). Pasangan yang setia dan anak yang selalu lucu pun termasuk rejeki. Jadi masih selalu heran sama orang yang memaknai rejeki sesempit banyaknya materi yang dia punya. Karena rejeki gak sesempit itu, buat saya.

Pun, saat berlebih, bersyukur juga tetap sulit. Terutama berlebih dalam hal materi. Bersyukur saat berlebih itu buat saya adalah gak jadi terbawa oleh gaya hidup yang meningkat juga, yang masih belum bisa saya lakukan. Bersyukur saat berlebih itu buat saya gimana caranya kita tetap bisa mempertahankan gaya hidup, gimana supaya yang ditingkatkan itu adalah bagian “memberi”nya. Karena Allah memberi kelebihan agar kita bisa berbagi. Allah mungkin memberi bagian orang lain itu lewat kita. Allah memberi kelebihan materi itu mungkin agar kita bisa selalu bermanfaat untuk orang lain, agar kita bisa membahagiakan orang lain.

Raise Standard Of Giving

Jadi, sesungguhnya bersyukur itu sulit, walau mudah diucapkan. Ya sesimpel mengucap hamdalah memang, tapi apa kita sudah paham betul maknanya?

So, for me, the secret to be happy is being grateful. Yep, happy to be grateful, not grateful to be happy. See the difference kan? 

Jadi, gimana kalian memaknai kebahagiaan? 😀

Fa-biayyi alaa’i Rabbi kuma tukadzdzi ban

Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

istianasutanti

Halo, salam kenal ya.

Aku Istiana Sutanti, seorang ibu dari 3 orang perempuan yang hobi sekali mengajak anak-anak untuk traveling bersama.

Di blog ini aku sharing pengalaman traveling kami sekeluarga plus pelajaran parenting yang aku dapatkan, baik dari pengalaman pun dari seminar parenting.

Semoga kalian suka membaca pengalaman traveling kami dan semoga membantu untuk menentukan tujuan traveling kalian berikutnya! ;)

You may also like...

23 Comments

  1. Alhamdulillah, pagi-pagi dapat sesuatu yang menyejukkan hati. Makasih mak, pengingat buat saya.

    1. Makasiiih.. ini juga pengingat banget buat sayaa 😀

  2. Setuju bgdd, gara2 family talk, aku jd ngepens ka isti deh ^_____^

    1. ish, jadi enak ada yang ngepens :*

  3. Happiness is made, not given. Dan bener banget sih, biar bisa hepi, kita harus bersyukur dulu. Thanx sharingnya mak

  4. Aku sering juga ngutip ayat itu, suka banget dengan makna yang terkandung di dalamnya. Menurut saya sih bahagia itu kita yang menciptakan, adanya di hati dan pikiran yang jernih, hehee *sok bijak

  5. seperti mengucapkan kalimat,bahagia itu sederhana..kadang mudah kadang sulit…

  6. Tengkyuuu mak 🙂 Daleeem banget ini maknanya 🙂

  7. Allhamdulilah di kasih rizki waktuluang bisa main ke sini 🙂

    1. Alhamdulillah dibaca mbak Lidya, hehe

  8. aminnnn semoga banyak rezeki untuk kita semua 😉

    1. Aamiiin… *yang kenceng* 😀

  9. Setuju Mak, bahagia itu kuncinya bersyukur.

  10. Makasih mbk sudah mengingatkan tuk bersyukur 🙂

  11. Postingan ini untuk intropeksi diri saya sendiri nih, yuk bersyukur 🙂

    1. iyaah mbaak, buat introspeksi saya jugaa 😀

  12. saya taunya bahagia itu sederhana, dan bersyukur itu wajib

  13. bener banget tuh mbak, ketika bersyukur justru nikmat akan ditambah

    ngomong-ngomong nih mbak, suka baca buku Ust Salim kah? hhe

    1. baru beberapa aja mas, paling suka sih yang “saksikan aku seorang muslim” itu 🙂

  14. Untuk mendapatkan kebahagian yang hakiki sudah sewajarnya kita banyak-banyak bersyukur mbak, hehe. Ya, walaupun terkadang kita sering lupa. 😀

    1. iya mas, tapi kadang bersyukur itu gak semudah diucapkan 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.