[Little Science Project] Milky Dancing Color

10 Replies

Hobi Kid's Activity Playful Wednesday
Color Dancing on Milk

Halo semua! Sudah hari Rabu lagiii.. Sebetulnya belakangan ini cukup kurang ide sih, huhu. Udah agak mentok harus mainan apalagi. Tapi ide di internet itu bertebaraan banget, hehe. Akhirnya dapet inspirasi ini dan langsung dipraktekkan deh.

Awalnya saya jugaย amazedย sama kegiatan ini. Kayaknya Naia bakal suka. Dan bener aja dia suka, hehe. Secara ini mainan nuang pewarna makanan (meneteskan sih lebih tepatnya) dan dia emang suka yang namanya menuang atau menetes. Terlebih hasil yang terlihat keren banget. Ini aja udah percobaan kedua. Yang pertama gak sempet direkam karena asik mainan ๐Ÿ˜€

Oke, langsung aja ya ๐Ÿ˜‰

Color Dancing on Milk

Bahan:

  1. Susu cair
  2. Pewarna Makanan
  3. Cotton bud atau pipet kecil
  4. Deterjen

Cara:

  1. Tuang susu cair ke dalam wadah
  2. Tetes berbagai warna pewarna makanan
  3. Masukkan cotton bud ke deterjen lalu tetes sedikit deterjen ke atas susu yang sudah banyak pewarna tadi

Color Dancing- Bahan yang Diperlukan

Karena pewarna makanannya belum bercampur, maka saat diteteskan deterjen, dia akan seperti menari. Cantik yaaa, hehe. Ini yang bikin Naia seneng banget, karena warnanya kayak bergerak sendiri gitu. Oiya, sebetulnya di contohnya cotton bud nya dicelupkan, tapi waktu saya coba, diteteskan aja juga udah cukup bikin warnanya berubah dan menari gitu. Jadinya yaa gitu deh, hehe.

Saat ini sih, Naia cukup senang dengan konsep warna yang menari tadi. Begitu Naia agak gedean lagi dan kita mainan ini lagi, mau saya jelasin sih kenapa bisa kayak begini warna di susunya.

Kalau secara teori, ini berhubungan dengan tekanan permukaan. Setiap cairan kan punya tekanan permukaan kaan, nah tekanan permukaan susu cukup besar karena adanya lemak serta warnanya yang solid. Begitu diteteskan pewarna makanan, gak akan langsung bercampur kecuali diaduk karena tekanan permukaannya beda dengan susu.ย Deterjen yang dituang membuat lemaknya berpisah sehingga tekanan permukaan susu jadi berkurang deh. Itu yang menimbulkan efek warna-warna yang bercampur sendiri ini kayak sedang menari ๐Ÿ˜€

Awalnya agak sayang karena harus pake susu, hahaha. Makanya saya nuang susu juga gak banyak-banyak. Ya sedikit aja cukup kan yaa ๐Ÿ˜€

10 comments

  1. Bibi Titi Teliti

    Duh kok mama Naia kreatip sekali siiih bikin mainan nyaaaaa :))

    Pasti Naia asyik banget deh main nya!
    Tapi emang sayang juga kalo pake susu yaaah hehe…cari susu yang murah aja *medit emaknya*

Leave a Reply

%d bloggers like this: