Bunga Kertas di Air

4 Replies

Crafting Today Hobi Kid's Activity Parenting
Bunga Kertas

Fuah, hampir aja hari ini gak nulis karena saya masih bedrest. Bedrestnya beneran yang tiduran doank di tempat tidur soalnya, cuma bisa buka hape, haha. Duduk atau berdiri sebentar aja udah kerasa kenceng lagi perutnya. Yah, seninya hamil yah, hihihi.

Tapi Alhamdulillah pagi ini mendingan jadi bisa deh nulis bentar buat update di hari Rabu ini 😀

Soo, hari ini mainan apa yaaa. Hari ini saya mau mengenalkan permainan yang simple lagi tapi bikin anak seneng, yaitu bunga kertas yang dimasukkan ke air dan bisa mekar dengan sendirinya. Langsung aja yuk bahan dan caranya 😀

Bunga Kertas

Alat & Bahan:

  1. Kertas warna-warni. Saya sih pakai kertas origami aja yang gampang, hehehe
  2. Gunting
  3. Air yang diletakkan di wadah. Wadahnya jangan kecil-kecil yaa

Cara:

  1. Gunting dan bentuk kertas warna-warni tadi menjadi bunga dengan 4 kelopak. Caranya, lipat kertas menjadi empat, gunting berbentuk elips dengan menyisakan ruang pada lipatannya. Saat lipatannya dibuka, jadi bunga dengan 4 kelopak berbentuk elips 🙂
  2. Gulung keempat sisi kelopak bunga tersebut
  3. Masukkan bunga yang sudah digulung di air yang telah disediakan tadi
  4. Voila! Bunganya mekar sendiri, hihihi

Kenapa bisa begitu? Ini berhubungan sama sifat kertas lho. Sifat kertas itu kan menyerap air, jadi, begitu bunga kertasnya dimasukkan ke dalam air, langsung deh airnya diserap dan menjalar ke seluruh bagian kertas. Karena kertas tadi tergulung, maka air akan mencari jalannya lagi supaya mengisi kertas yang belum tersentuh air. Nah, karena airnya terserap sampai ke semua penjuru kertas itulah bunganya jadi bisa mekar dengan sendirinya.

Gampang kan? Gampang bangeeet.. Dan sebentar banget juga sih mainnya, hahaha. Dan nyampah sih tapinya, wkwkwk. Karena kan paling enak bikin bunganya agak banyakan biar anak seneng, haha. Plus, ini bisa dimainkan untuk ngebujuk anak supaya mau mandi, karena main-main air kan anak seneng yaa 😀

Selamat bermain!

4 comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: