Everyone Is Special

12 Replies

Parenting Pribadi
Everyone Is Special

Sabtu kemarin, 5 Desember 2015 saya punya kesempatan ikutan workshop parenting. Pengisinya siapa coba? Bu Elly Rismaaaan, huehuee. Yang di seminar beberapa tahun lalunya nempel banget di saya sampe saya bikin infografisnya. Dan karena itu juga jadi engeh kalau pengasuhan anak itu penting pake banget!

Baca juga: Kesalahan dalam Berkomunikasi dengan Anak

Di acara kemarin ada yang paling nempel banget di saya, yaitu lagunya Barney yang “Everyone is sepcial”. Lagu ini cuma ditampilkan liriknya sih sama bu Elly Risman, tapi liriknya itu berasa banget memotivasi anak untuk selalu percaya diri dan menganggap dirinya spesial. Menumbuhkan self esteem pada diri anak. Bahasa gampangnya, self esteem itu persepsi anak terhadap hidupnya, lingkungannya, dan juga bagaimana orang sekitarnya melihat dirinya. Bagaimana anak menghargai dirinya sendiri gitu lah, percaya pada dirinya sendiri, dan percaya mereka unik, karena memang setiap orang berbeda, gak ada yang sama 🙂

Everyone Is Special

Baca juga: #FamilyTalk #9: Kenapa Semua Ibu Harus Sama?

Dan hal ini penting lho buat anak. Mereka harus ditumbuhkan harga dirinya sejak kecil, harus merasa berharga sejak kecil. Supaya apa? Supaya saat mereka besar nanti, mereka akan menemukan dirinya sendiri dan bisa menghargai dirinya juga. Mereka jadi tau apa yang mereka inginkan dan apa yang mereka perjuangkan. Malah, mereka bisa memberi manfaat ke lingkungan dan sekitarnya saat besar nanti.

Soalnya, orang-orang dewasa yang bermasalah itu ya sebagian besar disebabkan karena mereka gak menghargai dirinya sendiri, iya gak sih? Gak percaya kalau dirinya bisa, gak percaya kalau dirinya sanggup, dan gak percaya kalau dirinya berharga.

Sebetulnya mah langkah untuk membangun self esteem pada anak ini gak semudah menyanyikan lagu Barney ya. Butuh waktu bertahun-tahun dan butuh lingkungan yang kondusif, terutama dari orangtuanya. Gimana cara orangtuanya berkomunikasi, gimana cara orangtuanya membentuk mindset anak, dan gimana kedekatan orangtuanya terhadap anak.

Baca juga: Pilih-pilih Pujian ke Anak

Pengen banget ngebahas lebih dalam, tapi di postingan terpisah aja ah, saya cuma mau ngeshare lagu ini aja, sebagai salah satu langkah yang paling gampang dalam membangun self esteem pada anak, hehe.

12 comments

  1. diah

    Everyone is special, yaakks bener banget yaah Mbak karena Allah pun menciptakan manusia dengan keistimewaan masing2, belum tentu kelebihan si A ada pada si B, begitupula si C dan D.

    Saya juga suka looh lagu ini, easy listening dan touching banget deh 😉

  2. ari aeco

    Setiap anak itu punya sisi unik masing,,,dan saya tidak mau terulang untuk perlakuan yang sering disama2in ma anak lain ituhh nggak enak 😀 jadi berusaha semaksimal mungkin untuk mengatakan u’r the sepcial one kakak-adik

  3. Ria M Fasha

    Setuju mak.. kita nggak bisa nyamain satu anak dengan yang lain karena tiap anak punya keunikan masing-masing
    hal sederhana aja waktu anak sekarang memasuki 14 bulan dan baru bisa berjalan
    banyak yang nanyain kok lama, sedang anak lain 10 -12 bulan dah bisa jalan
    hehe.. saya jawab aja, gx sama tiap anak toh…

Leave a Reply

%d bloggers like this: