Kid's Activity

Gelas Angka & Bola Warna-warni

Hai haaii.. Kali ini bikin postingannya malem-malem, wihihi. Daripada libur lagi, saya gak relaaa Playful-Wednesday libur melulu gegara gak sanggup berlama-lama duduk, huehehe. So, kali ini saya bikin lagi donk yaa.

Berhubung sekarang Naia lagi antusias banget dengan angka dan jumlah, jadi saya bikin aja permainan yang gampang dan makin merangsang Naia untuk berhitung 😀 Dan sebetulnya ini terinspirasi dari Morinaga MI PlayPlan tentang melempar kertas.

Gelas Angka

MI PlayPlan Melempar Kertas
Sumber

Tapi, kalau di Mi PlayPlan sih ini mengasah kecerdasan kinestetik dan visual spasial. Karena kan membuat dia bergerak dan mengira-ngira jarak dari dia berdiri sampai ember agar korannya bisa masuk ke embernya yaa. Kalau sekarang, saya modifikasi aja jadi melempar kertas kecil-kecil ke dalam gelas yang bertuliskan angka, hehe. Melatih kecerdasan matematiknya.Bahannya gampaang, caranya apalagi, hehehe.

Bahan:

  1. Beberapa buah gelas. Berhubung punya gelas kecil yang bisa dimainkan cuma 4, jadi saya pakai 4 gelas sajah, hee.
  2. Kertas putih untuk melapisi gelas
  3. Kertas warna-warni (saya pakai kertas origami)
  4. Gunting
  5. Lem

Alat dan Bahan

Cara:

  1. Lapisi gelas dengan kertas putih, lalu tulis angka yang diinginkan. Saya tulis angka 2 sampai 5. Kenapa gak ada angka 1? Karena gelasnya cuma 4, wkwkwk
  2. Bentuk kertas warna-warni menjadi bola dan gambar titik-titik sesuai dengan angka yang ada di gelas (2-5)
  3. Ajak anak untuk meletakkan bola kertas tadi dan ajak untuk menghitung jumlah titiknya untuk dimasukkan ke gelas yang sesuai

Tapi lagi permainan ini gak perlu melempar, huee. Karena tinggal taro aja ke gelas yang sesuai begitu dia selesai menghitung titik yang ada di bola warna-warni tadi. Ya paling kalo dia iseng aja sih baru dilempar bola kecil-kecilnya, hahaha.

Lumayan yah, simpel banget tapi bisa dimainkan berulang kali sama Naia. Begitu udah masuk semua bolanya ke gelas yang sesuai, dia ulang lagi dan hitung lagi titik-titiknya, masukin lagi ke gelas yang sesuai, begitu aja deh sampe bosen, haha. Begitu udah bosen, maininnya jadi main masak-masakan dan jualan. Gelas dijejerin bareng alat masak yang lain terus bilang ke saya deh “mau beli apa bu?” xp

Anyway, semoga mainan ini bisa jadi inspirasi kalian juga yaaa. Selamat bermain! 😉

istianasutanti

Halo, salam kenal ya.

Aku Istiana Sutanti, seorang ibu dari 3 orang perempuan yang hobi sekali mengajak anak-anak untuk traveling bersama.

Di blog ini aku sharing pengalaman traveling kami sekeluarga plus pelajaran parenting yang aku dapatkan, baik dari pengalaman pun dari seminar parenting.

Semoga kalian suka membaca pengalaman traveling kami dan semoga membantu untuk menentukan tujuan traveling kalian berikutnya! ;)

You may also like...

3 Comments

  1. Wah, seru banget nih, Mak.

  2. Mainan2 montessori begini bagusnya dimainin anak brp tahun sih mak? Pengen juga bikin begini, tapi kayaknya belum sanggup deh, yang ada malah dimakan..

    1. hehehe.. sesuaikan sama umurnya aja mak.. udah ada buku mainan yang lengkap dari 0 sampai 5 tahun deh kayaknya 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.