Kelebihan Hamil Kedua

17 Replies

Kehamilan Pribadi
Kondisi Kehamilan

Kalau ditanya apa saja kelebihan hamil kedua, buat saya jawabannya banyaaaakkk.. hahaha. Saya udah sering baca dan denger cerita kalau kondisi kita itu bisa beda-beda tiap kehamilan. Mertua saya contohnya. Dari keempat anaknya, anak ketiga itu katanya paling bikin lemes dan paling manja katanya. Padahal mah di kehamilan yang lainnya biasa aja. Waktu itu beliau sampai harus disetiri oleh supir pribadi untuk ke kantor, wuih gaya banget deh kata beliau. Tapi setelah kehamilan itu lewat enggak disupiri lagi tuh, malah kembali lagi naik angkot dan berkereta kalau sekarang.

Kondisi Kehamilan

Pokoknya tiap denger orang hamil pertama dan kedua atau ketiga itu berbeda kondisinya saya ngangguk-ngangguk ngerti ajah. Sampai akhirnya merasakan sendiriii, huahua. Sekarang itu kondisi saya memang bedaa banget sama waktu saya hamil Naia. Berasa banget lah pokoknya bedanya, semoga dalam proses melahirkan juga beda ya. Naia di caesar, yang ini bisa lahiran normal ajah. Semoga yah, semoga. Aamiin. Aamiin-in yang kenceng juga donk! πŸ˜€

Ngidam

Yak, saya beneran ngerasain ternyata ngidam itu kayak gimana. Walaupun kalau gak langsung dituruti juga sama-sama gak masalah sih, tapi ya objek yang diidamkan itu yang berbeda. Kalau waktu hamil Naia mah saya nafsu banget liat daun slada, pengen banget dan jadi banyak makannya kalau ada makanan yang satu itu. Kalau yang ini beda donk, gaya banget, pengennya apa sodara sodara? Steak! Hih, gaya yah. Alhamdulillah sih bisa terpenuhi, walau gak sering-sering. Sering-sering menguras keuangan bulanan juga ya bok -_-

Selera Makan

Eh, ini beda kan yaa sama ngidam, huahua. Kalau ngidam ituh makanan yang paliiing banget saya inginkan saat hami. Nah, kalau selera makan ini mengenai seberapa seringnya dan seberapa nafsunya saya sama makanan. Saat hamil Naia dulu, saya mah kalau gak disuruh makan lupa tuh mau makan. Laah, makan aja bisa lupa, wkwkwk. Enggak juga deng, saya makan kalau mau aja, dan maunya itu yang jaraang banget. Sehari malah bisa cuma 2x makan.

Yang sekarang? Wuiih, tiap kali berasa eneg, makanlah senjata saya menghilangkan rasa itu. Serius deh, entah kenapa ya waktu hamil Naia dulu ituh jarang deh ngerasa eneg, paling paling tiap sore aja. Yang sekarang bisa sepanjang hari saya makan. Habis, baru makan eh udah eneg, yaudah makan lagi. Eh, gak selalu makan sih, yang penting ada yang dikunyah lah, cemilan juga jadi πŸ˜€

Pokoknya saya baru ngerasain dan mempraktekkan tuh yang namanya ibu hamil lebih baik makan sedikit tapi sering! Seringnya sehari bisa 5x, wakwakwak xp

Berat Badan

Iyaah, salah satu kelebihan di hamil kedua adalah berat badan. Pertambahan berat badan di kehamilan ini jauh lebih cepat dibanding kehamilan Naia dulu. Dulu sih 1 bulan naik 1 kg. Sekarang 1 kg bisa dicapai hanya dalam waktu 2 minggu sajah. Lha gimana gak banyak ya nambahnya, selera makannya aja kan lebih banyak, wajar aja sih menurut saya, hehehe.

Tapi di trimester akhir ini berat badan saya malah sedikit bertambahnya. Sekarang aja udah hampir 2 Β bulan cuma nambah 1 kg, huehue. Tapiii lagi yaa, ternyata bayinya yang malah bertambah banyak banget beratnya, seminggu bisa bertambah 300-500gr, huaa. Makanya dokter juga agak was-was ya karena bayi saya gede di umur yang baru 35 minggu kemarin. Hari ini passs banget deh 36 minggu. So, kata dokter kalau saya berasa kontraksi, udah lah langsung aja dilahirkan anaknya supaya gak kegedean, hihi. Umurnya juga sudah mencukupi untuk lahir. Bismillah ya sodara-sodara, sudah menjelang kelahiran niih πŸ˜€

Gampang Capek

Nah ini nih, waktu Naia dulu entah saya emang lebih rileks ya karena belum mengurus anak atau memang kondisinya yang beda. Soalnya, sekarang itu bergerak sedikit aja ya udah ngos-ngosan, udah sesak napasnya, terlebih lagi, perut kontraksi. Padahal sih, saya sendiri itu gak ngerasa capek-capek banget, tapi badannya yang pasang alarm sendiri kalau saya udah kecapekan. Makanya deh hamil kali ini saya sering banget bikin Ilman kerja dari rumah atau gak kerja sekalian karena khawatir dengan kondisi saya di rumah dan khawatir Naia gak bisa saya urus seharian, huhuhu.

Sering Kontraksi

Karena gampang capek itulah, saya akhirnya jadi sering kontraksi gini. Padahal ya gitu, saya gak ngerasa ngapa-ngapain yang berat banget sampai kecapean, tapi badannya yang punya alarm sendiri. Jadilah saya sering bolak-balik dokter karena sering kontraksi gini. Kan bahaya kala kontraksi di umur kehamilan yang belum cukup yaa. Takutnya bayi lahir prematur. Dan dari penuturan Nisa yang bayinya lahir prematur, ngurus mereka lebih susyeh dan sangat melelahkan, huhu.

Alhamdulillah sampai sekarang masih bisa dipertahankan karena diberi obat peringan kontraksi dan saya harus bedrest. Betul-betul bedrest, gak boleh ngerjain kerjaan rumah sekalipun, huaaa. Untungnya lagi Naia sudah cukup mandiri. Mandiri banget malah saya bilang. Dan dewasa. Terharu sama anak sendiri. Soalnya dia bisa banget dikasih tau kalau saya gak bisa capek-capek dan kalau mau main biasanya saya sambil tiduran sambil nontonin dia aja ngapa-ngapain. Walau sering juga kok main bareng. Tapi ya gitu, tiap kali udah mulai capek, langsung deh ke tempat tidur, hehehe.

Udah gitu, selain sudah bisa main sendiri gitu, Naia juga udah mulai lancar mandi dan pakai baju sendiri, makan sendiri juga. Walau kalau mandi biasanya sambil mainan ya, dan jadinya lamaaaa banget mandinya, wahahaha. Tapi yasudahlah, sayanya juga gak punya energi untuk melarang ya. Eh, emang gak dilarang sih, paling lagi-lagi senjata saya alarm, hihihi.

Baca juga: Di-alarm-in ya Mah!

Jadi, bener banget deh yang bilang kondisi kehamilan itu bisa jauh berbeda, bahkan di anak sendiri pun. Hihihi. Siapa yang udah pernah ngerasain jugaa?

17 comments

  1. innnayah

    ibuk dulu pas hamil aku ngidam nya rokok. iya rokookk mba..hahaha. ya ngga diturutin lah. pas hamil adek ngidamnya apel washington. asoal mual-mual katanya sama aja.

  2. Fanny f nila

    wuaaahhh kita bakal deketan lahirannya ini mba… aku jg udh msk 35 minggu.. tp krn emg dr awal udh fix bakal cesar jd udh nentuin tgl sih bkl lahiran kpn… rencana 19 feb nanti πŸ™‚

    ngerasa beda juga sih ama hamil pertama.. cepet capek, trs makan ga bisa bnyk tp hrs sering… sayuran ga gitu doyan, pdhl yg pertama dulu sayur melulu ;p trs susu hamil boro2 mau minum, nyiumnya aja eneg.. -__-.. bisa jd krn yg pertama dulu cewe, yg skr co… jd tendangan si debay juga lbh sadis ;p ..trs berat badan bayinya jg udh lebih dr anak pertama dulu.. yg pertama pas lahir 2.7, lah yg skr udh hampir 3 kg :D.. kalo co cepet naiknya kali yaaa

  3. irmasenja

    kehamilan mba ir juga beda2 is,…kaka itu waktu hamil dia parah banget. Muntah trus sampe 8 bulan…pingsan trus, kurus dan gak goyan makan. Kalau sean….lebih mudah dan sabar banget. Smoga kelahiran nanti bisa normal ya is… amiin

  4. Pingback: #HungryFriday #2: Restoran Burger Favorit – Momopururu

Leave a Reply

%d bloggers like this: