#FamilyTalk #25: Tontonan Anak

5 Replies

Family Talk Pribadi

Baca #FamilyTalk lainnya juga ya 🙂

Masalah tontonan anak alias screen time gini berhubungan banget sama gadget sih, soalnya kan saya mah gak punya TV, jadi ya nontonnya kalau gak di laptop ya di hp. Dan itu hampir pasti selalu pakai alarm dan waktunya hanya di pagi sebelum jam 12. Masalah quota cyiin ini mah, kuota melimpahnya cuma sampe jam 12, hahaha. Ada hikmahnya juga dah kuota melimpah di pagi aja, jadi bisa ngasih batasan tontonan gini, hihihi.

Anw, ini ke Naia lho ya, ke Nawa sih belum saya kasih nonton, ya keles bayi baru 1 bulan udah dikasih nonton di gadget :'( Tapi kadang Naia yang mau ngasih nonton Nawa juga, biar nonton bareng katanya. Terus saya kasih pengertian deh ke Naia kalo dedeknya belum bisa dikasih layar gadget gitu karena kasian matanya, udah deh, dia kalo nonton ya menghindari ngasih ke Nawa juga.

Eiya, anw, ini topik kita minggu iniii, tentang tontonan anak. Saya pilih-pilih atau enggak ngasih tontonan ke Naia, gitu. Soalnya Icha pilih-pilih banget katanya.

Baca pilih-pilihnya Icha di sini ya:
Family Talk: Tontonan Untuk Anak

TontonanAnak

Sebenernya nonton buat Naia kadang saya yang butuh sih. Soalnya saat Naia nonton gitu bikin saya “istirahat” sejenak dan bikin tetap waras *hayah*. Gimana yak, sehari-hari di rumah dengan balita itu cukup menguras emosi sih, apalagi sekarang balitaku ada duaaa, ahahahahah. Dengan membiarkan Naia nonton gitu dan diwaktuin, saya jadi bisa ngerjain hal lain atau sekedar nonton juga (nonton yang lain). Jadi inget, kemarin pas bener dah Naia saya biarkan nonton Pororo selama 1 jam, sedangkan saya? Nonton Song Jong Ki donk, wahahahaha.

Iyah, saya kena demam Jong Ki jugaaa. Dan dengan hati saya happy, saya bisa meladeni Naia dan Nawa lagi walau tetep sih ya energinya kalah sama Naia, huhuhu. Dia kok gak abis-abis sih energinya, abis main yang ini mau yang itu gak capek-capek gitu ah. Malah tontonan kadang bikin dia tidur, huhu.

Pilih-pilih?

Jelas pilih-pilih lah ya, gak semua tontonan saya kasih ke Naia. Ya jelas pilih-pilihnya juga tergantung rate film atau tontonannya lah yaa. Selama tontonan itu tontonan anak dan saya sudah memastikan gak ada adegan kekerasan atau “aneh-aneh”nya ya saya kasih aja. Termasuk film Disney juga, tapi kalau ada bagian ciumannya suka saya tutupin sih, huee. Tapi kalau Naia terlanjut ngeliat, saya atau Ilman suka ngasih tau kalau itu harusnya hal yang dilakukan sama suami istri, begituu.

Jadi, kalau kartun anak-anak sih ya saya gak masalah ya. Upin-Ipin, Pororo, kartunnya Disney, atau yang lainnya mah sok atuh. Malah Naia sering banget nonton video YouTube tentang Playdoh dan review mainan surprise egg atau apalah itu, hahaha. Tapi sekarang dia lagi seneng banget nonton Pororo sih emang.

Tontonan lainnya itu paling Nursery Rhymes dari YouTube juga. Udah saya bilang kan yaa kalau saya gak punya TV? Jadi ya sumber tontonannya di YouTube, makanya bisa lebih terkontrol.

Baca juga: #FamilyTalk #1: Kenapa Gak Punya TV?

Subscribe aja channel-channel yang child-friendly. Etapi saya juga subscribe channelnya KBS sih, buat ngasih Naia nonton “Superman is Back”, hehehe. Umur 2 tahunan soalnya Naia (dan sayanya sih) lagi demen-demennya nonton Supeman is back itu, reality show tentang bapak-bapak artis yang ngurusin anaknya 2 harian ibunya liburan gitu deh. Dan karena Naia suka banget sama Sarang, salah satu nama anak bapak artis itu, saya hampir ngasih nama anak kedua ini “Sarang” hahaha.

Terus, kalau main di rumah mertua yang TVnya TV kabel gitu, tontonannya ya Discovery Channel, memperkenalkan binatang-binatang ke Naia. Tapi hampir selalu juga dia mintanya malah nonton YouTube, soalnya gak harus pagi kalau di rumah Yangtinya. Pernah dari ngumpul di rumah uwaknya Ilman, Naia milih mau ke rumah Yangti dan gak mau pulang tapi mama papa pulang. Artinya dia sendirian gitu lah ngikut ke rumah Yangtinya karena Akinya janji mau nganterin pulang malemnya. Aki dan Yangtinya seneng donk. Taunya pas sampe sana dia langsung minta nonton YouTube -___- *pinterrrr*

Jadi, kalian pilih-pilih tontonan juga buat anak? Biasanya ngasih tontonan apa sih?

5 comments

  1. HM Zwan

    jadi punya gambaran kalo anakku umur setahunan,sekarang masih bayi jadi masih aku degerin lagu2 aja, nontonnya menyusul hehehe. aku juga suk asupermen is back,seru,lucu

  2. febrianynursyaban

    anak aku udah umur 5 tahun, dari kecil udah mulai pilih pilih tontonan. ga pernah stel tipi kecuali kalo nginep ke rumah neneknya, cuma nonton film yang kita sortir di laptop. pernah syok dia bisa tau si boy yang geng motor itu, saya ga pernah kasih nonton, nene kake nya juga engga. ternyata temen temen nya di sekola suka cerita TnT.

    1. istianasutanti Post author

      iyaaa, bener temen juga bisa jadi sumber, haha. anak kakakku juga gitu mbak, padahal di rumah gak pernah nyetel sinetron tapi dia tau geng motor itu juga. mesti deket banget ya kita sama anak biar apapun yang dia dapet dari temen kita juga bisa tau

  3. Adriana Dian

    Aku pikir anak aku doang yang suka nonton unboxing gitu.. Hihihii. Ternyata banyak juga ya anak-anak yang suka nontong unboxing toys plus egg surprise. Evantube hd kenal dong ya mak? Hihihii

Leave a Reply

%d bloggers like this: