Tarif Melahirkan 2016

27 Replies

Kehamilan Pribadi

Duh, lahiran udah 2 bulan yang lalu baru bisa update tentang tarif melahirkan ini sekarang, huee. Dan, setelah 4 tahun, tarif melahirkan lumayan yah naiknya. Maklum kan ada inflasi yak πŸ˜€

Baca juga: Tarif Melahirkan

Alhamdulillahnya lahiran kali ini biayanya lebih siap dari waktu 4 tahun yang lalu, jadi santai dan dapet kelas yang lebih tinggi. Dan yes donk, lahirannya di RS JMC lagi, hihihi. Tapi kali ini dengan dokter yang beda. Kalau waktu lahiran Naia dokternya itu dr. Shinta Utami, kali ini dari awal periksa udah pergi ke dokter Arju Anita. Walau sempet beberapa kali kontrol ke bukan dokter Anita karena udah urgent ngerasain kontraksi terus huhuhu.

Aniway, lumayan loh naiknya di RS JMC ini, dalam 4 tahun naik sekitar 15%. Bukan di RS JMC aja sih ya kayaknya yang mengalami penyesuaian tarif, semua RS kayaknya emang naik sekitar segituan lah. Jadi, bisa buat patokan juga sih buat yang mau melahirkan tahun-tahun berikutnya. Tinggal hitung saja tarif sekarang dengan ditambah kenaikan tarif per tahunnya. Ribet buat yang males ngitung sih, hahaha. Apalagi sekarang tinggal tanya aja ke Google ya kan, dapet deh update tarif terbaru xp

Oiya, karena saya juga lumayan sering ke RS Hermina Depok (beberapa kali kontrol sama dr. Arju di RS Hermina ini), jadi saya juga nanya2 tarif di sana berapa. Kalo ada yang lebih deket mending yang lebih deket donk ya. Tapi taunya lumayan jauh bedanya euy, jadilah tetep aja memutuskan untuk lahiran di JMC, hahaha.

Kalau dulu waktu lahiran Naia saya dapetnya kelas II, karena kelas Utama yang kita incer itu penuh, huhu. Nah pas Nawa saya dapet kelas utama donk, yeay. Sebenernya sih untuk memudahkan orang besuk aja sih ya karena kan kelas Utama itu kita sendirian di kamar gak sama pasien lain. Kalau kelas 2 itu sekamar bertiga. Dan ya lebih privasi aja ya kan kalau sendirian gitu. Sayanya bebas buka jilbab juga, hehe.

Nah, langsung aja deh, ini tarif lahiran di JMC buat normal, caesar 3 hari dan 5 hari.

Tarif di atas itu biasanya diminta saat pendaftaran akan melahirkan. Udah gak boleh pulang gitu ibunya, atau saat hari penjadwalan caesar tiba. Sebagai deposit istilahnya gitu. Nah, tarif akhirnya sendiri biasanya akan bertambah sebanyak 3 juta. Kebetulan kemarin saya pilihnya yang kelas utama (dan kebetulan ruangannya juga masih ada) untuk caesar 3 hari. Jadi deposit dulu deh sebanyak 15,2 juta. Saat keluar, tinggal bayar kekurangan dari tarif akhirnya deh, sekitar 18 jutaan.

Padahal kalau lahiran normal lumayan yah, depositnya 4,9 juta. Kalaupun ditambah 3 juta lagi gak sampe 10 juta deh.Β Lumayan banyak yah bedanya caesar dan normal, hehehe. Tapi ya keadaan syich yang mengharuskan akhirnya caesar, mau gimana donk ya. Alhamdulillaaaah rejekinya ada πŸ˜€

Kalau waktu lahiran Naia sih saya kebetulan dapetnya kelas II, caesar 3 hari juga sih. Padahal waktu itu ngincer kelas utama dan lahiran normal. Ya Alhamdulillah juga sih waktu pendaftaran lahiran kelas utama lagi kosong jadi dapetnya kelas II, jadi gak tambah bengkak biayanya karena ternyata harus caesar. Padahal pengen normal waktu Naia dulu, tapi ya apa daya yah, hee.

Oiya, temennya adik ipar saya ternyata lahiran di Hermina, dan lumayan lah bedanya. Dia dirawat di kelas III dengan waktu perawatan 3 hari juga. Dan itu habis sekitar 15 jutaan. Lumayan kan, kalo di JMC udah dapet kelas utama, hee.

tarifHermina

Tapi di Hermina enaknya ada Depomil, atau Deposit Ibu Hamil. Jelas kan ya buat apa. Buat tabungan gitu ceritanya kalau insyaAllah pasti mau melahirkan di sana. Eh itu ada tulisan tangan saya yak. Ya gitu deh, daftar depomil harus sebelum minggu 36, di awal trimester ketiga jadinya udah bisa lah deposit biaya lahiran di sana. Lumayan kan bisa nabung dulu istilahnya di sana, terus tapi harus udah 75% lunas sebelum masuk perawatan. Jadi, pas mau lahiran gitu tapi belum 75% ya ditambah sampai 75% dulu gitu, baru sisanya nanti dibayar saat keluar rumah sakit.

Huah, panjang juga ngomongin tarif melahirkan gini. Tapi semoga bermanfaat yaa buat yang mau lahiran tahun ini atau tahun-tahun berikutnya. Semoga jadi bisa kebayang berapa biaya yang akan dikeluarkan nantinya jadi bisa mempersiapkan dari jauh-jauh hari πŸ˜‰

27 comments

  1. Novia

    Kemaren adik ipar pas Nov juga lahiran di JMC, Mak. Abisnya 9jutaan di VIP. Masih lebih murah ketimbang di RSIA Asih Panglima Polim, hehe.

    TFS, Mak.

  2. Julia

    Mihilnyaaaa.. ??
    Kalo di desa sini mah, 250 ribu semalam udah dapet VVIP, tapi tiap anak punya rezeki masing-masing ya, jadi tenang aja.. ?

  3. naniknara

    Empat tahun yang lalu lahiran normal di kamar kelas 1, 4 hari 3 malam habis 1 juta sekian ribu. Tahun ini klo naik, paling juga jadi 2 jutaan.

    Poliklinik di kampung, bidannya ramah-ramah

  4. fanny fristhika nila

    RSIA Tambak tempat aku lahiran juga naik bnyk tuh mbak.. thn 2012, cesar di sana msh 27 juta, itu yg kls super vip.. Feb kemarin lahiran anak kedua totalnya 36 juta, yg kls VIP .. krn baru tau juga kalo cesar kedua dan seterusnya itu ada tambahan biaya kurleb 5 juta utk dokter2 nya.. Beruntungnya dari lahiran pertama ampe kemarin, dicover ama asuransi kantor semua sih.. palingan kita bayar biaya2 yg gak dicover asuransi kayak pampers si adek, pembalut ibu melahirkan, tisu, yg gitu2 doang.. Tapi teteplah,walo dibayar kantor, ga pengen lagi melahirkan :D.. cukup 2 ini sajah ;p

    1. istianasutanti Post author

      Kenapa yaa.. hmm, karena sepupu kakak beradik dokternya dr. Anita semua sih, jadi kepengen nyobain. Terus begitu periksa di awal kehamilan anak kedua, beneran enak dan sabar banget ngejelasin. Belom selesai deh kalo kita belum puas nanya2 di ruangan, jadi ya gitu. Semoga menjawab yaak πŸ˜€

  5. nurul

    waaahh aku butuh iinii, cuma sayangnya udah gak kontrol di jmc lagi smenjak pindah ke sawangan hiiikss.. hamil pertama sama dr. triyani.
    makasi mba isti infonyaaa πŸ™‚

    1. istianasutanti Post author

      pertama sih karena keadaan ya. saya caesar 2x karena emang keadaan. yang pertama sih yang paling menentukan. kalau yang pertama caesar ada kemungkinan yang kedua caesar juga, walau banyak juga yang berhasil normal. intinya belum tentu yang caesar itu karena keinginan sendiri, banyak yang karena kondisi yang mengharuskan πŸ™‚

      kedua, kondisi sekarang gak bisa disamain sama dulu sih mas πŸ™‚

    1. istianasutanti Post author

      kalau saya sih sama dokter Arju Anita mbak. tapi anak pertama sama dokter Shinta Utami. 2-2nya enak, cuma beda gaya aja. dokter Arju lebih detail penjelasannya walau gak ditanya, hehe. dokter Shinta lebih cuek dan santai, jadi gak bikin kita deg2an menghadapi persalinan.

      semoga membantu yaa πŸ˜‰

  6. lisanaiborhu

    hai mba… aku dlu tahun 2000 di JMC juga sama dokter ovi. berikisaran harga 5jt di kelas 2 dengan SC. pas buka yang 2016, rasanyaaa naik berkali2 lipat. aku ini lagi hamil 4 bln. rencana mau balik ke JMC. cuma boleh recomend dokter ga sih?? kebetulan aku selalu kehabisan air ketuban. 4 tahun lalu aku kehilangan baby karna abis air ketuban, jd ini aku SC yg ke 4. mudah2an lancar deh saya…

    1. istianasutanti Post author

      hai mba, maaf banget baru dibales yaa.. saya baru sama 2 dokter sih mba, jadi paling ngerekomendasiin salah satunya, dr. Arju Anita. waktu itu sama dokter siapa ya kalau boleh tau? Semoga kehamilannya lancar, ibu & bayinya sehat selalu yaa πŸ™‚

  7. Infoana

    sedih rasanya baca tulisan diatas, judul “tarif melahirkan” sudah saya baca sampai habis, baru ingat kalau saya belum nikah πŸ˜€ πŸ˜€

Leave a Reply

%d bloggers like this: