Ada Apa Dengan Samsung Galaxy Tab A 2016 #BeTabAFamily?

5 Replies

Lomba Blog Pribadi Review sponsored

 

Logo-Samsung-Galaxy-TAB-A-6TerAADC ceritanya, wkwkwk. *PadahalBelomNontonAADC2, hiks*

Jadi, ada apa dengan Samsung Galaxy Tab A? Ada fitur-fitur yang kids friendly dan parents friendly, hyehehe. Yang jelas, saya sih seneng ya ada gadget yang mengerti gitu kegundahan para orangtua yang khawatir tiap kali ngasih gadget ke anak. Mau gimana yak, kadang ngasih gadget juga biar kitanya punya sedikit waktu bebas sih xp. Tapi ya gitu, khawatirnya kalau kita kasih gitu aja tanpa peraturan dan batasan yang jelas ya malah jadi kebablasan kan. Takutnya anak-anak mengonsumsi konten-konten yang gak pas sama seusianya gituu. Jadi ujung-ujungnya ya kita tetep harus ikutan deh tiap kali anak nonton atau main di gadget kita. Ya biar kitanya juga tau dan jadi yakin ya kan kalau kontennya itu tetap aman buat mereka. 

AADS

Eh lah terus Samsung Galaxy Tab A6 ini hadir di 2016, yang memberi rasa aman ke para orangtua untuk ngasih gadget ke anak. Yes saya setuju kalau gak boleh lama-lama membiarkan anak megang gadget, tapi ya gak bisa dipungkiri lagi lah kan kalau mereka (anak-anak maksudnya) itu emang udah terpapar gadget sejak kecil. Makanya kita kasih batasan aja buat mereka yah. Boleh yang bersyarat lebih diterima dibanding melarang mereka sama sekali ya kan? 😀

Anyway, saya sebenernya mau ngebahas detail apa aja yang ada di Samsung Galaxy Tab A ini. Mulai dari sok-sokan unboxingnya yuk 😀

Unboxing Samsung Galaxy Tab A

Tadinya sih berniat buat bikin video ala-ala unboxing gituh, tapiiiii bok gak sempet terus ih 🙁

Yaudahlah, unboxingnya pakai foto aja yah sodara-sodaraa, hehehe. Jadi, kita bakal dapet Samsung Galaxy Tab A plus charger plus earphone dalam kemasannya. Tentunya ada buku panduan singkatnya juga ya.

InTheBox

Okeh, lanjut yuk ke bagian desain dan spesifikasinya 😉

Desain

Kayak yang udah saya bilang di awal, desainnya menunjang untuk dipegang anak-anak karena bagian belakangnya dilengkapi dengan non-slip pattern yang elegan. Jadi, bagian belakangnya ituh keset gitu loh, makanya gak gampang tergelincir dari tangan anak. Siapaa yang gadgetnya suka jatuh saat dipegang sama anak hayoooo? Saya sih gitu. HP saya pernah jadi korban jatuh dari tangan Naia karena licin. Untungnya sih di kasur ya, jadi masih aman, hehehe.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab A 2016

Eh, tapi selain non-slip patternnya, Samsung Galaxy Tab A juga tipis dan enteng banget sih. Dari segi tampilan juga kece. Setiap sisinya curved gitu, jadi bikin tampilannya elegan plus nyaman dipegang deh. Kalau megang sambil tiduran juga gak berat-berat banget gitu kalo tiba-tiba kejatohan, wkwkwk.

Untuk menunjang penampilannya, tombol-tombol dan akses kelengkapannya diletakkan di keempat sisinya. Sisi atas untuk colokan charger dan earphone, sisi kiri terdapat akses untuk memasukkan micro SIM dan micro SD Card, sisi kanan terdapat tombol power dan volume, nah, di bagian bawah ada mikrofone yang hampir tidak terlihat 😀

Di bagian depannya, sisi atas terdapat speaker dan kamera 2MP dan sisi bawahnya terdapat 3 tombol, tombol home di bagian tengah yang diapit 2 tombol kapasitif. Bagian belakangnya terdapat kamera 5MP dan speaker.

Spesifikasi

Di desain kan udah kesebut-sebut tuh ada kamera sebesar 5 MP dan 2 MP yang tertanam. Nah, dengan kamera yang udah punya resolusi besar kayak gitu, sayang aja ya kan kalau tempat penyimpanannya gak banyak.

Kapasitas Memori Hingga 200 GB

Jadi, Samsung Galaxy Tab A menyediakan ruang penyimpanan sebesar 8GB. Malah memori eksternalnya donk, bisa memuat hingga 200 GB. Busyeet, saya bisa puasss banget kali yak moto-motoin anak terus, hahaha . Repot juga ya kan kalau kapasitas memorinya sedikit. Bisa sebentar-sebentar mindahin foto-fotonya supaya ada cukup ruang lagi. Soalnya saya emang paling seneng buat mendokumentasikan anak-anak. Malah saya emang punya proyek tahunan, which is bikin album foto yang nandain umur pernikahan, hyehehe.

Baca juga: My Annual Project

Kamera Belakang Auto Fokus 5 MegaPixel

Anw, untuk mendukung resolusinya yang 5 MP, kameranya dilengkapi auto fokus. Jadi ya gk susah-susah lah buat motoin anak-anak yang lagi main, gak terlalu lama menghabiskan waktu untuk mencari fokusnya jadinya gitu 😀

Ini hasil kamera auto fokus 5 MP & kamera depan 2 MP:

HasilFoto

Nah, spesifikasi kerennya bukan cuma itu, tapi ada lebih banyak lagi. Kayak RAM yang udah 1,5 GB, jadi bikin tabnya gak lemot. Karena ruang untuk memproses appsnya kan jadi lebih gede ya kan, jadi ya untuk membuka beberapa aplikasi bisa tetep cepet. Saya bisa foto-fotoin anak, terus langsung update di media sosial. Media sosial yang dibuka juga bisa langsung 2 sampingan pulak. Iyaa, karena tabnya bisa untuk membuka 2 aplikasi di saat yang bersamaan. Tinggal pencet tombol Samsung Galaxy Tab A - tombol depan agak lama, muncul deh perintah untuk memilih 2 aplikasi yang mau kita kerjakan. Jadi, saya bisa liat facebook sambil gosipan di whatsapp, huehehehehe.

Etapi ada beberapa aplikasi juga yang gak bisa jalan barengan gitu sih, kayak Kids Mode-nya dan beberapa Office apps 🙂

4G LTE

Nah, jalannya program yang cepet gitu bisa gak enak kan kalau jaringan internetnya lemot. Niatnya biar cepet akses macem-macem, tapi malah jadi gak bisa ngapa-ngapain kalau jaringannya lambat. Terus jaman sekarang juga emang udah jamannya 4G kan, makanya Samsung Galaxy Tab A juga ikut kekinian donk dengan jaringan yang udah 4G LTE juga. Biar lebih wussh wussh wussh saat lagi online, apalagi pas download-download video buat anak biar bisa dimasukin ke Kids Mode 😀

Baterai Tahan Lama

Terus untuk menunjang pemakaian yang lumayan banyak tadi, Samsung Galaxy Tab A juga punya baterai berkapasitas 4000 mAh, supaya gak cepet mati dan bolak-balik ngecas donk saat lagi asik-asik download. So far sih saya seneng ya, karena ngecasnya sehari 1x juga cukup, tinggal pagi dicas sampai penuh untuk dipake seharian sampai tidur deh 😀

Fitur Kids Mode

Duh, daritadi nyebut-nyebut Kids Mode mulu yak, tapi belom ada penjelasan Kids Mode itu sebenernya apa ya 😀

Jadi, sebetulnya sih Kids Mode itu apps khusus untuk Samsung Galaxy Tab, apapun sih. Soalnya di Tab suami juga bisa ada kalau mau (punya dia Samsung Galaxy Tab A 8″). Jadi pas saya cek Galaxy Apps di Tabnya dia, eh ada donk Kids Mode ini juga, siap buat diinstall, hehe. Nah tapi kalau di Samsung Galaxy Tab A6 yang terbaru ini Kids Modenya udah embedded di dalamnya gak perlu repot install install lagi.

Tampilan Homescreen Kids Mode

Menariknya Kids Mode adalah pada pembatasan akses keluarnya. Jadi, saat kita sudah berada di Kids Mode, anak gak akan mudah untuk mencet-mencet tombol lain untuk keluar dari Kids Mode tersebut. Gak bisa kembali ke tampilan depan yang default lah istilahnya. Pembatasannya itu berupa harus memasukkan PIN yang hanya diketahui sama kita, orangtuanya. Jadi, kita akan merasa aman karena gak khawatir anak secara gak sengaja mencet aplikasi lain atau konten lain yang gak sesuai umurnya.

Selain itu, Kids Mode juga gak bisa seharian dipakai. Ada Daily Time Limit namanya, untuk membatasi lamanya penggunaan gadget ke anak. Daily Time Limit ini maksimal 3 jam per penggunaan. Nah, begitu waktunya habis, anak juga gak akan keberatan gadgetnya diambil karena tampilannya menarik, berupa buaya tidur. Udah saya sebut-sebut juga sih yaa di sini, hehehe.

Lebih lengkapnya mengenai Kids Mode ini bisa kok diliat di twitter @samsung_ID, instagram @samsung_ID, dan Facebooknya Samsung Mobile Indonesia. Terus saya sendiri sih udah ngoprek lebih jauh lagi tentang Kids Mode ini ya, tapi mau diceritain di postingan selanjutnya aja yak biar di sini gak kepanjangan. OK? OK? OK lah yaaa *maksa* 😉

See you on the next post about Samsung Galaxy Tab A ya kalo gitu 😉

Sponsored by Samsung

5 comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: