Kid's Activity

#PlayfulWednesday: Rumah Bercahaya

Yeaaaay, akhirnya saya selesai hiatus buat posting mainaaan.. Jadi insyaAllah mulai hari ini dan setiap hari Rabu ke depan (2 minggu sekali mungkin), saya tetap melanjutkan menulis tentang mainan anak. Karena sekarang juga makin banyak yaa ide-ide mainan, jadi saya juga makin terpacu deh buat ngasih stimulasi buat Naia dan Nawa, apalagi kalau bisa bikin sendiri dari bahan-bahan sederhana ya kan, hehehe.

Okeh, kali ini saya mau nulis mainan yang udah lama dimainin sama Naia sebetulnya, judulnya ngarang sendiri aja sih, soalnya bingung mau dikasih judul apaan, hahaha.

Jadi, ide ini sebetulnya justru dateng dari kakak saya. Waktu nginep di rumah Priuk kan Naia minjem matras gitu ke sepupunya. Matrasnya matras angka yang banyak bagian bolong-bolongnya begitu bagian kecil-kecilnya diambil. Terus Naia maunya dibikin “rumah” dari matras itu. Terus karena ide dari kakak saya, akhirnya rumah-rumahan matrasnya gak jadi sekedar rumah-rumahan biasa deh.

Kalau ada yang punya matras gini boleh juga dicoba looh 😀

Table of Contents

Bahan:

Matras angka (10 aja juga udah cukup, nih liat kan sekecil apa “rumah” yang dibikin buat Naia dari 10 matras, hihihi.

IMG_20150708_201204

Cara:

  1. Susun matras jadi rumah-rumahan. Terserah ya rumah-rumahannya gede atau enggak, yang jelas bentuknya mirip lah kayak rumah. Ada atap miringnya jangan lupa xp
  2. Buka semua bentuk-bentuk di matras sampai matrasnya kayak bolong-bolong
  3. Matikan lampu ruangan. Atau kalau mainnya siang, tutup semua sumber cahaya yang masuk.
  4. Siapkan senter dan nyalakan sambil dipegang anak
  5. Jadi deh “rumah bercahaya”nya

IMG_20150708_230827

Ini jadi kayak semacam proyektor gitu yak karena memantulkan bentuk-bentuk yang ada di matrasnya jadi lebih besar. Liat kan bentuk-bentuk di matrasnya mah kecil, begitu dikasih cahaya dan dipantulkan ke tembok yang jaraknya gak deket-deket amat, ya bentuknya jadi lebih besar deh. Kebetulan bentuk yang deket tembok ini bentuk bebek. Bisa sambil mengajarkan kembali bentuk-bentuk yang ada di sekitar kita. Itu yang bentuk bulan sabit dan pohon juga dipantulkan di tembok bagian seberangnya kok. Jadi ada 4 bagian deh untuk memantulkan bentuk-bentuk yang ada di matras tersebut. Ya soalnya kan satu ruangan ya ada 4 sisi kaan? 😀

Terus gak mesti bentuknya rumah-rumahan juga sih, hahaha. Terserah mau dibentuk kayak gimana, intinya mah ya melewatkan cahaya ke bentuk-bentuk di matras itu.

Anw, Naia seneng bener mainan ini sampe ketagihan. Terus begitu pulang minta beliin deh. Terus dibeliin dari uang angpaunya tahun lalu deh, hehehe. Belinya juga sekalian beliin hadiah untuk papanya.

Baca juga: Naia & Kejutan yang gagal

Begitu beli sendiri, belinya kebetulan matras alfabet jadi gak ada bentuk-bentuk kecilnya kayak matras angka gitu. Tapi, Naia malah jadi belajar alfabet deh. Dan dia akhirnya hapal huruf A-Z karena matras alfabet yang kita beli itu, huehehe.

Oiya, sempet juga di rumah bikin rumah-rumahan yang lebih besar lagi. Berhubung matras baru, masih kaku, jadinya masih kuat jadi bisa dibentuk lebih tinggi lagi. Jadi deh “rumah” Naia lebih gede.

Rumahnya lebih besaaar :D
Rumahnya lebih besaaar 😀
Ujung-ujungnya jadi tempat main masak-masakan XD
Ujung-ujungnya jadi tempat main masak-masakan XD

Tapi, begitu udah lumayan lama, matrasnya udah mulai gak kaku terus gak bisa lagi dibentuk jadi rumah yang lebih gedean, huhuhu. Jadinya kalau bikin rumah ya cuma bisa tinggi ke atas yang ada atapnya. Tetap bisa lebar tapi tanpa atap 😀

Gimana? Ada yang punya matras begini juga di rumah? Yuk bikin juga, hehehe.

Selamat bermain ya!

istianasutanti

Halo, salam kenal ya.

Aku Istiana Sutanti, seorang ibu dari 3 orang perempuan yang hobi sekali mengajak anak-anak untuk traveling bersama.

Di blog ini aku sharing pengalaman traveling kami sekeluarga plus pelajaran parenting yang aku dapatkan, baik dari pengalaman pun dari seminar parenting.

Semoga kalian suka membaca pengalaman traveling kami dan semoga membantu untuk menentukan tujuan traveling kalian berikutnya! ;)

You may also like...

4 Comments

  1. kereeen banget ini idenya 🙂

  2. Di rumahku ada matras kayak punya Naia juga tapi huruf, angka atau peraga lainnya yang ada di tiap kotaknya itu suka dipocelin ponakanku, trus dianya suka slebor naruh di mana aja. Walhasil Mamaku (neneknya ponakan) yang ngomelin kalau udah gini. Aku nyengir aja merhatiinnya hehe Padahal ponakanku ini paras mukanya paling mirip sama mamaku dibanding emaknya atau uwa/bibinya. Hehehe *komen kurang nyambung*

  3. Wah di rumah mbah adanya matras kaya gini. Bisa keren yaa bener lampunya kaya proyektor hihiii..pasti girang banget naia yaa, si adik mesti juga seneng deh 😀

  4. Itu si dedeknya berapa tahun umurnya Bu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.