#PlayfulWednesday: Counting Flowers

1 Reply

Kid's Activity Playful Wednesday Pribadi

Sok bahasa Inggris soalnya bingung kalau pake bahasa Indonesia, hehehe. Soalnya ini saat Naia lagi seneng banget belajar berhitung. Berhitungnya udah mulai operasi matematika soalnya, penjumlahan dan pengurangan, jadi bingung aja apa judulnya kalo diartikan. Bunga berhitung? Berhitung dengan bunga? Yaudahlah yaa, kok jadi ngomongin judulnya, hahaha.

Anw, awalnya sih Naia belajar operasi penjumlahan dan pengurangan ini dari laptop-laptopan yang dibeliin utinya ya, yang ada suaranya, dan suara yang keluar suka tebak-tebakan “lima ditambah empat, berapakah hasilnya?” gitu-gitu. Tadinya Naia bingung. Tapi, karena dia tertarik, ya saya ajarkan aja menghitung pakai jari. Terus sekarang udah lancar deh. Asal di bawah 10 sih totalnya. Soalnya baru bisa pakai jari kan, jadi baru bisa sampai 10. Lebih dari 10 bisa dengan meminjam jari saya atau papanya, hehehe.

Anw, biar dia tambah semangat belajarnya, saya iseng cari-cari ide kok nemu ide kayak gini, tapi mainnya di tembok. Berhubung saya gak mau nempel-nempel di tembok, jadi ya ditempel di kertas gambar aja deh jadinya. Gimana caranyaa?

Alat & Bahan:

  1. Kertas origami warna-warni
  2. Kertas gambar
  3. Lem
  4. Pulpen
  5. Gunting

IMG_20160126_163516_HDR

Cara:

  1. Buat bunga dari kertas origami warna-warni sesuai jumlah angka yang kita inginkan. Kebetulan saya sih pakai angka 1 sampai 9. 2D aja kook, gak pakai lipet-lipet origami segalaa, hehe. Bikin daunnya juga ya yang banyak. Karena daun inilah bagian terpenting dari mainan ini
  2. Tempel bunga-bunga yang sudah jadi tadi di kertas gambar. Daunnya jangan ditempel dulu ya, biar anaknya nanti yang menempelkannya 🙂
  3. Tulis operasi penjumlahan di daun-daun yang telah disediakan. Ajak anak untuk menempelkan daun di bunga yang sesuai. Misal operasi penjumlahan di daun adalah 4+5, maka, tempel daun tersebut di angka 9.

Tadinya Ilman gak setuju saya bikin ini karena takut terlalu susah buat Naia. Tapi gak taunya Naia malah bisa nyelesein semuanya, hee. Berhubung dia seneng kan emang nempel-nempel kertas pake lem gitu, jadi yaah buat dia mah sekalian mainan lem deh, hehehe.

Klik untuk memperbesar gambar:

Di sini dah jelas yaa kemampuan yang dikembangkan ya kemampuan anak berhitung alias kecerdasan matematisnya. Nah, selain itu, motorik halusnya juga donk, karena pake acara tempel-menempel segala. Bikin visual yang menarik gini bikin anak makin seneng belajar ya gak? hehehe.

Udah deh segini aja, selamat bermain ya!

1 comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: