Mulai Hidup Sehat dengan Cut-The-Carb SOYJOY

18 Replies

Keluarga Parenting Review sponsored

Siapa dari kalian yang setelah nikah berat badannya naik hayo? Pasti banyak yaa? Apa hampir pasti semua pasangan yang habis nikah itu berat badannya naik ya? Soalnya bener sih, kalau dibandingin sama jaman-jaman sekolah atau kuliah atau kerja, saat masih single lah gitu, setelah nikah tuh emang terlihat lebih berisi ya (kalo gak mau dibilang gemuk xp). Istilahnya mah susunya cocok #eh. Banyak faktor lah ya yang bikin pasangan jadi lebih berisi sejak menikah.

cropped-FotoKeluarga.jpg

Salah dua faktornya tuh karena istrinya jadi lebih sering masak dan karena emang demen jajan atau ngemil. Gapapa sih kalo ngemilnya ngemil buah atau cemilan sehat lainnya, lha kalo ngemilnya gorengan atau kue yang manis-manis gitu gimana? Udah mah makan banyak karbonya, ngemilnya pun lebih parah, ya gimana mau gak naik itu berat badannya.

Kadang kita sih gak nyadar ya kalo berat badan terus naik, yang bikin nyadar adalah kalau ketemu temen-temen lama dan mereka bilang “eh, lo gemukan ya” T_T

Kalau naik tapi tetap sehat sih gak masalah yaa. Yang gawat dari kenaikan berat badan yang terus menerus itu adalah bahaya kena penyakit, kayak diabetes salah satunya. Dan penyakit ini tanpa kita sadari loh datangnya. Dari makanan sehari-hari yang kita konsumsi. Ya dari karbo yang terlalu banyak atau dari cemilan-cemilan yang banyak banget mengandung gula.

Punya Anak Memacu Hidup Sehat

Begitu punya anak, mulai deh mikir lebih jauh. Pada dasarnya sih kita mau kita selalu ada buat mereka, selalu sehat dan selalu bisa bersama mereka. Dari niat begitu itu, muncul tekad untuk bisa selalu sehat dan akhirnya berkomitmen untuk menjalankan hidup sehat. Tapi ya kalo gak dipaksa, hidup sehat itu berasa susaaah banget. Mulainya entar-entaran melulu. Padahal begitu anak mulai makan, secara gak sadar dan mau gak mau kita jadi ikutan dipaksa hidup sehat.

Kenapa? Soalnya waktu anak udah mulai MPASI, kayak Nawa sekarang ini, di rumah jadi selalu sedia buah, makanan jadi lebih sehat karena lebih banyak sayur. Dan masak juga gak melulu yang goreng-gorengan. Sebenernya waktunya pas banget untuk memulai hidup sehat.

Demi Bjorka di Jalan Sore

Ngomong-ngomong mulai MPASI Nawa, saya lagi suka banget nontonin bayi seumur Nawa yang juga mulai MPASI, yaitu Bjorka, bayinya Ringgo Agus dan Sabai Dieter. Setiap minggu, Ringgo mengupload video “Pesan untuk Bjorka” di Channel Youtube Jalan Sore. Dari awal ada teasernya, saya udah mantengin, soalnya suka sama konsepnya, jadi kayak Sabtu bersama Bapak gitu, hahaha. Impian saya dan Ilman nih sebetulnya buat bikin video atau pesan-pesan gitu buat anak kelak, tapi yah di kita mah tinggal niat aja gak dilaksanakan, makanya seneng deh nontonin pesan untuk Bjorka itu.

Nah, yang sekarang nih, Ringgo lagi bertekad untuk memulai hidup sehatnya juga. Dia itu punya impian masih tetap sehat dan gagah sampai Bjorka dewasa nanti. Sampai Bjorka nikah nanti. Sampai Bjorka punya anak juga. Makanya begitu Borka mulai MPASI, Ringgo juga mulai hidup sehatnya, Demi Bjorka katanya. Hal ini dituangkan juga deh di videonya, berjudul “Demi Bjorka”.

Gak cuma lewat YouTube aja deng, di IGnya Soyjoy sendiri juga ada cerita lengkap kenapa sampai akhirnya Ringgo memutuskan mau memulai hidup sehat dengan cut carbo tadi. Yuk follow aja deh IG Soyjoy biar tau lebih banyak dan bisa terinspirasi untuk menerapkan hidup sehat juga 😉

Cut Carbo a.k.a. Kurangi Asupan Karbo

Selain tau dari video tersebut, saya juga denger langsung saat hadir di acara #SoyjoyCutCarbLunch 2 minggu yang lalu di the Hook. Di sana deh Ringgo cerita kalau dia mau tetap sehat demi Bjorka.

whatsapp-image-2016-09-22-at-05-14-58

#SoyjoyCutCarbLunch

#SoyjoyCutCarbLunch

Caranya juga gak yang susah-susah gimana kok, cukup dengan diet karbo atau mengurangi asupan karbo aja. Plus ngemilnya juga diganti jadi cemilan yang lebih sehat, buah atau Soyjoy, bukan dengan yang manis-manis atau yang berminyak-berminyak gitu.

Kenapa cuma mengurangi asupan karbo? Ya karena tubuh kita tetap membutuhkan karbohidrat untuk sumber energi. Tapi gak kebanyakan. Yang memicu diabetes itu kan yang terlalu banyak karbo sehingga gula yang terdapat dalam karbo tadi gak sepenuhnya diubah jadi energi dan malah mengendap di tubuh. Makanya dinamakannya juga “Cut Carbo” karena hanya memotong karbo yang dikonsumsi, bukan menghilangkannya 🙂

Kenapa Soyjoy?

Terus kenapa soyjoy? Karena soyjoy itu cemilan yang lebih sehat, soalnya dia dibuat dari kedelai yang dipanggang. Kalaupun ada campurannya, coklat dan semacamnya, itu sebagian kecil aja, jadi tetap punya nilai GI yang rendah. Nah, kedelai ini kaya akan serat dan protein sehingga dicerna perlahan oleh tubuh, makanya Soyjoy bisa mengontrol nafsu makan kita.

Udah terbukti juga melalui riset kalau yang ngemil Soyjoy, akan makan lebih terkontrol dibanding yang ngemil cemilan manis lainnya. Yang ngemil cemilan manis, cenderung makan karbohidrat lebih banyak karena menambah porsi makannya setengah sampai 1 porsi lebih banyak. Yang ngemil Soyjoy cenderung cukup dengan 1 porsi makan dengan karbo yang cukup. Jadi, makan Soyjoy 2 jam sebelum makan besar itu bisa membantu mengurangi porsi karbohidrat harian. 🙂

Keluarga Saya?

Saya dan Ilman sih gak yang kegemukan atau gimana-gimana ya. Tapi, saya udah ngerasa harus aja untuk ngejalanin hidup sehat ini. Karena bener juga sih yang dibilang Ringgo, mau tetap sehat, gagah dan segar sampai anak-anak gede nanti biar kita bisa selalu hadir dan mendampingi momen-momen penting anak-anak. Supaya kita juga tetap bisa dan kuat berlama-lama gendong cucu dan main sama mereka kelak.

Lagipula, kesehatan itu kan rejeki juga toh, jangan sampai disia-siakan dan harus dijaga! Ngomong sih emang gampang bener, ngejalanin dan komitmennya ini yang syulitnya minta ampun, huee. Makanya saya juga mulai dari yang gampang aja lah, mulai dari diet karbo, menyediakan lebih banyak sayur dan buah, juga nyediain cemilan bergizi buat Ilman dan Naia.

soyjoy2

 

Iyah, termasuk nyediain Soyjoy juga buat mereka. Ilman udah bawa Soyjoy kalau ke kantor, untuk cemilan 2 jam sebelum makan besar. Lumayan lah ya, ngemilnya cukup sehat plus irit gak jajan lagi yang lain-lain dan gak nambah-nambah kalo makan 😀

Ssst, saya kasih tau ya, cara menikmati Soyjoy yang enak itu dengan dimasukkan ke microwave selama 5-10 detik. Itu seriusan jadi enak dan coklatnya kerasa (varian Soyjoy yang coklat yaa). Sebenernya ada kok petunjuknya di kemasan Soyjoy yang besar. Tapi, berhubung saya gak punya microwave di rumah, saya nekat panggang sedikit di teflon, tanpa minyak, dan cukup sebentar juga. Hasilnya? Enaaakkk deh. Terus beneran menunda lapar? Beneeerr. Saya bisa makan dengan porsi karbo yang telah dipotong tadi tanpa menambah porsi karbo tambahan.

Yang terpenting dari niat dan itu semua adalah konsistensi. Semoga aja sih saya bisa menerapkan hidup sehat ini secara konsisten, biar badan selalu sehat. Karena dalam badan yang sehat ada jiwa yang kuat yes? 😀

Yuk, kalo mau ikutan juga. Seperti yang saya bilang, gak perlu menghilangkan sepenuhnya karbohidrat yang dikonsumsi atau melakukan diet ketat kok. Cukup kurangi karbo serta pilih cemilan yang lebih sehat kayak Soyjoy. Gak susah kaan *kedipkedip*

Semangat semuaa Cut Carbo nyaaah!

18 comments

  1. Mukhofas Al-Fikri

    Hi Istiana Sutanti

    saya bertemu di blog ini lagi setelah lama tidak pernah mampir kesini..

    setelah saya pelototi samping kiri dan kanan blog via lepi ok juga..

    rasanya saya harus meniru sebagian dari ini, tapi belum paham..

    terus menindaklanjuti postingan diatas..

    andaikan ibu punya banyak anak biar bahagia. kalo dua mah biasa aja menurutku loh..

    mbok seperti orang jaman dulu kalo punya anak banyak banyak dan mereka sehat sehat loh..

    maaf ya bu.. jangan ambil hati..

  2. ade anita

    aku suka dengan ringgo sejak dia menikah dan punya anak. keliatan banget bahwa dibalik selengekannya dia ternyata dia bapak yang sayang anak dan istri dan nggak aneh-aneh.

  3. agus

    wah itu makannya dikit amat ya, kalo saya mah makan segitu sejam kemudian udah laper lagi.:).
    semangat dietnya mbak, biar sehat plus punya badan ideal.

Leave a Reply

%d bloggers like this: