Playful Wednesday: Stiker Kata

5 Replies

Crafting Today Kid's Activity Pribadi

Hahaha, postingan Playful Wednesday ini beneran jadi 2 minggu sekali. Bukan karena gak ada ide, tapi gak nulis-nulis dan selalu terdistraksi sama hal lain -_-

Yang hari ini sebenernya juga udah dishare di IG saya sih beberapa hari lalu (minggu lalu mungkin), tapi baru ditulis hari ini. Tuh kan, lama kan nulisnya kan? hahaha 

Oiya, ini idenya dapet dari temen saya euy, Hanifah. Walau saya modifikasi sedikit yaa. Dia malah lebih sering bikin bikin mainan gitu. Banyak banget lah mainan yang saya contek idenya dari dia, hehehe. Makasih yak conk! 😀

Judulnya menjelaskan mainnya kan ya? hahaha. Jadiii niiih, Naia kan sekarang lagi seneeeeng banget sama stiker. Setiap pulang sekolah selalu cerita “tadi dikasih stiker sama bunda guru/ nama temennya lho mah!” gitu gitu. Malah dia akhirnya juga nuntut buat dibeliin stiker, cereweeet banget buat minta beliin stiker ituh. Mungkin buat tuker-tukeran kali ya sama temennya, biar ikutan trend juga gitu, hahaha.

Baca juga: Life With Kid(s)

Akhirnya pernah saya ajak aja untuk beli stiker kosong dan saya ajak gambar sendiri di stiker itu. Denger dia bisa gambar sendiri, dia jadi seneng dan semangat untuk beli stiker kosong itu. *Padahal saya emang udah niat beli stiker kosong buat bikinin mainan ini, hahaha.

stikerkata

Oiya, mainan ini untuk anak yang udah mulai bisa membaca dan mengeja. Berhubung Naia emang lagi semangat banget banget belajar baca nih, makanya saya bikin ini aja. Biar makin lancaarr yaa 😀

Jadi, langsung aja yaa

Alat & Bahan

  1. Stiker kosong untuk digambar
  2. Cetakan lingkaran. Cari tutup botol apa aja yang besarnya sesuai dengan stiker 🙂
  3. Kertas untuk membuat cetakan tempat stiker
  4. Pulpen
  5. Spidol

Cara Main

  1. Gambar hal-hal di sekitar anak yang paling dia kenal (jangan diwarnai dulu supaya anak sendiri yang mewarnai ya! :D)
  2. Buat cetakan untuk tempat stiker di kertas A4
  3. Tulis nama barang/ hewan yang telah digambar di stiker
  4. Ajak anak untuk mewarnai gambar yang ada di stiker
  5. Setelah itu ajak mencari dan mencocokkan kata yang ada di cetakan dengan barang/ hewan yang telah digambar

Jadi, dengan main ini, Naia dapet 3 kegiatan, mewarnai, menempel, dan membaca. Dan dia suka banget! Makanya begitu dikasih langsung bisa diselesaikan. Oiya, saya gak menggambar sejumlah cetakan yang saya buat. Saya menggambar lebih sedikit dari lingkaran yang saya buat dan jumlahnya juga saya samakan dengan lingkaran yang nantinya membentuk suatu huruf lagi. Jadi, begitu Naia selesai, saya ajak melihat lebih jauh untuk mengenali gambar yang ditempel itu membentuk huruf apa saja, hehehe. Dia makin seneng karena jadi “NA”. Suku kata yang paling dia suka karena pembentuk namanya dia “Naia” 😀

stikerkata_na

Ribet yak? Bikin gambar sejumlah lingkarannya juga gapapa sih, yang penting kan mencocokkannya itu yaa. Saya gak bikin sebanyak lingkaran yang ada karena mepet waktunya, hahaha xp

Sebenernya Naia semangat banget dengan main main stiker gini. Dia malah jadi sering gambar sendiri juga di stiker kosong ini terus ditempel di pintu yang penuh stiker. Malah ditempel di pipi papanya juga, hahaha. Pernah juga dia tempel-tempel stikernya di cermin. Saya yang tadinya udah sebel aja karena gak ditempel di tempat yang biasa, ya reda lagi, karena dia bilang stikernya jadi huruf “tsa”, huaaa.

cermin

Anw, yuk ikutan main ini juga, seruu, anak mah emang seneng sih tempel tempel ya, jadi ya mereka bakal antusias banget deh belajarnya. Selamat bermaiiinnn!! 😀

5 comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: