Agar Anak Bangun Lebih Pagi

9 Replies

Keluarga Parenting

Ih gak kerasa banget yah anak udah gede aja, huhuhu. Naia udah mulai sekolah, huhuhu. Dia mulai sekolah sejak tanggal 20 Juli lalu.

Sebetulnya sebelum mulai sekolah saya agak was-was gimanaa gitu. Soalnya Naia ini kalau pagi bangunnya hampir gak pernah barengan saya atau suami yang pagi-pagi gitu, mesti deh paling cepet jam 8 pagi. Lha kan sekolahnya masuk jam 7.30, gak mungkin donk kalau harus gitu terus.

bangunpagi

Kalau kebiasaan bangun siangnya itu karena saya yang gak ngebiasain bangun pagi, mungkin bener juga sih. Soalnya saya mah mikirin hal ini banget: otak balita itu paling berkembang pesat justru saat dia tidur. Jadilah saya suka gak tega untuk ngebangunin, yah biar dia bangun sendiri aja lah gitu. Ujung-ujungnya ya selalu jam segitu deh bangunnya, hehehe.

Terus, begitu masuk sekolah, kebiasaan tidurnya ini harus diubah donk. Harus bisa bangun pagi donk yaa. Kalaupun belum bisa, ya diusahakan oleh orangtuanya doonk, hehehe. Alhamdulillahnya sampai saat ini Naia bisa diandalkan banget untuk bangun pagi. Iya sih masih sering dibangunin sama kita, tapi gak jarang juga dia bangun sendiri.

Nah, pas saya ketemu sama temen-temen yang lagi hunting sekolahan juga untuk anak-anaknya, mereka penasaran. Kan sekolah itu mulainya bisa jam 7 atau jam 7.30 ya, anaknya dia kan bangunnya siang, mana bisa gitu jam segitu udah siap. Terus, berhubung mereka tau Naia udah mulai sekolah, ya nanya deh kok Naia bisa sihย bangun pagi dan siap jam segitu (sekarang malah harus siap jam 6.45 karena jam segitu mobil jemputan Naia datang)? Itu dibangunin atau bangun sendiri?

Saya jawab ya dibangunin, tapi banguninnya gak yang langsung maksa harus bangun dan mandi gitu. Ada trik-trik tersendiri gitu deh. Yang udah jadi orangtua dan anaknya baru mulai sekolah pasti juga ngerti deh dan pasti juga ngalamin deh gimana susah dan tricky-nya ngebangunin anak buat sekolah ๐Ÿ˜€

Bangunkan Lebih Pagi

Ya iya lah ya, harus udah siap jam 6.45, gak mungkin dibangunin jam 6.30 lah yaa. Seenggaknya,ย kalau lebih pagi, kita jadi udah siap kalau2 anaknya agak susah dibangunkan. Misalnya target jam 6.30 udah siap tinggal berangkat, ya berarti jam 6 sudah mandi dan sudah siap sarapan. Jadi, banguninnya harus lebih awal dooonk.

Hal ini juga mengantisipasi supaya persiapannya gak buru-buru juga sih. Kalau misalnya baru dibangunkan jam 6.30 ya terpaksa buru-buru dan jadi gak nyantai kan anaknya? Masih kaget banget, baru melek mata udah diajak ini itu secara cepet. Anaknya belum siap lah istilahnya.

Terus juga, yang paling penting lagi, kalo ngebangunin itu:

Jangan Dipaksa

Ya semua orang juga gak mau kali ah kalo dipaksa ya kan. Jangankan anak-anak, kita juga gak mau kalo dibangunin dengan paksa, harus langsung mandi, harus makan, harus ini harus itu. Belum ngumpul cuuy nyawanye, sabar yak ngumpulin dulu xp

Jadi yah, saya Alhamdulillah gak memaksa Naia sih. Makin dipaksa makin gak mau bangun kan soalnya. Kalau terus dipaksa, ujung-ujungnya malah gak mau sekolah karena udah terlanjurย cranky.ย Dan kalau jadi gak mau sekolah seterusnya karena gak mau dibangunin paksa kan gawat ๐Ÿ™

Tapi sempet kecolongan sih 2 apa 3x gitu lah, saya lagi gak oke (PMS mungkin, lupa sih kenapanya), Naia akhirnya bangun dengan terpaksa dan mandi dengan terpaksa juga, huhuhuhu. Gak mau mengulangi hal itu, makanya sekarang-sekarang udah ngeset alarm lebih pagi supaya ngebanguninnya gak buru-buru dan gak memaksa.

Curi Perhatiannya dengan Mainan Menarik

Kalau ternyata saya lebih siang ngebangunin Naianya, biasanya saya ajak atau tunjukkan mainan menarik di depannya. Boneka misalnya. Kalau Naia masih agak susah dibangunkan, saya pegang boneka terus sok2 mencet hidung saya atau adiknya dan membunyikan suara sendiri pakai mulut. Begitu ditempelin ke hidung Naia, gak bunyi karena dia masih tidur (ceritanyaa).

Setelah beberapa kali saya main begitu, lama kelamaan Naia akhirnya ikutan membunyikan suara juga. Tandanya dia udah bangun dan siap deh untuk ngapa-ngapain, hihihi.

Ajak Beraktivitas

Selain mencuri perhatian dengan mainan menarik, kadang saya juga langsung mengajak beraktivitas yang Naia suka. Kayak waktu itu dia lagi seneng banget nyiramin taneman, jadi banguninnya ya ngajak nyiramin taneman. Langsung melek dan berangkat deh dia. Tapi begitu semangatnya udah turun buat nyiram taneman, ya gak mau lagi. Mikir lagi deh aktivitas apa lagi yang bisa dilakukan.

Kadang ajak buat ngeliat burung2 yang suka hinggap di halaman belakang, kadang saya ajak untuk liat asap yang mengepul dari panci karena masak air hangat, kadang langsung saya ajak untuk gambar2 atau apapun lah. Aktivitas yang memang lagi disukai banget banget sama Naia itu selalu berhasil buat bikin dia bangun tidur dan jadi semangat tanpa drama ๐Ÿ˜€

Ajak Adik Membangunkan

Wihihi, hampir setiap hari sih ini xp

Malah sekarang jadinya si Nawa kalo liat kakaknya tidur jadi gatel mau bangunin, huee. Disamperin terus diuwek-uwek (apa dah bahasa bagusnya?) mukanya supaya Naia bangun. Maaf ya kakak.

Tapi Naia malah seneng-seneng aja dibangunin adiknya gini. Kadang jadi malah sengaja nempelin mukanya di kaki Nawa untuk diuwek-uwek digemesin (Yes, akhirnya nemu kata yang sesuai, haha). Udah deh, gak lama dia bangun, mau ikutan mandi bareng adeknya. Sampai saat ini masih ini yang paling ampuh sih. Eh, paling terkadang ya digabung, Nawa yang bangunin sambil diajak main atau beraktivitas ๐Ÿ˜€

Gitu deh cara saya mengubah kebiasaan bangunnya Naia. Maklum yaa, anak baru 1 yang sekolah, jadi ginian aja diceritain, hihihi. Soalnya ini sih yang dulu paling saya khawatirkan. Bisa atau tidaknya Naia berangkat sekolah tepat waktu ๐Ÿ™‚

Ada yang punya ide lain gimana cara ngubah kebiasaan tidur dan nyiapin anak sekolah di pagi hari? Share yuk! ๐Ÿ˜€

9 comments

  1. Aira Kimberly

    Emaknya sabar banget yaa..pakai diuwek-uwek dan tips2 lainnya. Biasanya siy yang paling nggak enak itu emang dibangunin paksa dan langsung action *nightmare
    Andaai semua emak di dunia seperti dirimu..hehe ๐Ÿ˜€
    Eh, kelupaan. Kalau aku sih tipsnya sama. Bangunin lebih pagi. Jadi anaknya bisa ‘napas’ dulu. Bahkan sempat salat Subuh berjamaah sebelum berangkat sekolah ^_^

  2. Deweezz

    Kebetulan banget nih, anak saya paling susah banget kalo suruh bangun pagi. Mamahnya aja udah enggak kuat suruh bangunin. Bermanfaat nih, terima kasih min.

  3. syanu

    Kalo aku sih terbiasa bangun pagi dari kecil, kebetulan rumah kecil sebelah masjid, malamnya sebelum tidur mama papa bilang kalo dengar adzan itu waktunya bangun, jadi sampe sekarang udah kebiasaan, lewat cara sederhana, tapi mereka ngomongnya emang dengan penuh kasih, gitu mbak. Sharing aja sih. Hehehehe.

    Salam,
    Syanu.

Leave a Reply

%d bloggers like this: