Kid's Activity

Playdate di D’kandang Amazing Farm Depok

Berhubung liburan sekolah udah mau selesai, saya dan beberapa temen kuliah pengen seenggaknya “berasa” gitu liburannya buat anak-anak. Pas minggu lalu main seharian di rumah salah satu temen kuliah, dia bilang pengen gitu anak-anak kita playdate-an mumpung sekolah masih pada liburan. Awalnya saya ajakin untuk ke Kuntum Farmfield yang ada di Bogor sana, tapi kok ngerasa kejauhan dan belum tentu terlaksana di waktu yang udah mepet masuk sekolah ini ya. Soalnya seminggu lagi doank liburnya, hari Senin depan udah pada masuk lagi kan. Eh, Naia hari Selasanya sih.

Jadi, kepikiran lah untuk ke tempat yang lebih deket aja dengan konsep yang mirip-mirip sama Kuntum. Padahal saya belum pernah ke Kuntum, penasaran juga, tapi ada yang lebih deket dan biar terrealisasi, yasudah cuss deh hari Sabtu kemarin ke D’kandang Amazing Farm yang ada di Sawangan Depok, hehe.

dkandang

Awalnya sih gak ngira bakal bisa seharian sampai mereka tutup, taunya karena emang aktivitas di sana banyak, kita sampe sore juga deh. Oiya, informasinya tentang D’kandang ini:

D’kandang Amazing Farm

Alamat: Jl. Penarikan RT. 7, RW. 2, Kel. Pasir Putih, Kel. Sawangan, Pasir Putih, Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16519
Waktu operasional: Buka Sabtu- Kamis jam 09.00-16.00 (Yap, hari Jumat libur)
HTM: Rp. 18.000 dapet yogurt dan Rp. 35.000 dapet yogurt plus bonus topi. Hari Minggu, kalau ke sana lebih pagi, jam 06.00-09.00 cuma bayar Rp. 5.000

Udah saya bilang ya, kita di sana sampai tempatnya tutup, which is sampai jam 4 sore, eh jam 5 malah karena untuk sholat, beberes dan macem-macemnya. Puass pokoknya playdate di sana.

Tempatnya Cukup Luas

Gak seluas dan gak selapang D’Ranch sih emang, tapi cukup luas untuk anak-anak puas main. Dia banyak partisinya gitu, jadi bisa fokus dan gak bingung untuk nyari tempat aktivitas-aktivitasnya. Kayak kalau mau outbond-outbondan ya terkumpul di satu tempat. Terus memberi makan binatang terkumpul di satu tempat. Walau kandangnya disatuin, tapi karena binatangnya gak terlalu banyak jadi gak sumpek ngeliatnya. Di kandang yang disatuin ini kambing cuma ada beberapa, sapi juga cuma ada “kebo bule” alias sapi albino, kelinci ada lumayan banyak, ayam dan bebek juga disatukan di kandang ini. Enggak ngumpul banget kok, ya ada tempatnya masing-masing lah.

Begitu masuk, kita langsung disuguhi sama pemandangan hijau tempat panahan. Hijaunya ini karena rumput sintetis sih, hahaha. Tapi enak aja gitu ya liatnya, masuk-masuk segerrr walau panas, hahaha. Nah, setelah panahan ini deh ada bundaran yang bercabang, ke kanan untuk aktivitas anak-anak dengan binatang dan kreasi lainnya, ke kiri untuk outbond. Ke sebelah kanan lagii, di jalan akses menuju keluar ada tempat main anak-anak dengan perosotan, ayunan, dan rumah-rumahan pohon gitu. Ini bisa dijadiin meeting point sih, tepatnya saya yang menjadikan ini meeting point, hehehe. Soalnya perosotannya warna merah, jadi gampang terlihat dari pintu masuk dan gak bikin bingung untuk janjian 😀

Nah, di atas bundaran tadi, ada beberapa air mancur yang bisa dijadiin untuk permainan juga, dan gratiisss, hihihi. Begitu Nawa matanya ketemu air mancur ini dia langsung mau merangkak ke sana aja, gatell mau main air xp. Saya emang mau ngasih dia main air di situ sih, tapi nanti aja kalau udah mau pulang, sekalian mandi sore, hahahah.

Yang menarik lagi, ada jembatan gitu yang mengelilingi kandang tempat makan binatang. Di situ spot foto-foto yang bagus sih sebenernya, tapi karena kemarin fokusnya di ngajak anak main ya kita gak mengeksplor jembatannya ya, hehehe.

Ah iya, di dekat kandang binatang-binatang ini juga ada tempat main anak-anak sepuasnya, perosotan tinggi gitu deh. Kalau di mall mah bayarnya mahal yak, kalau ini sih kayanya gratis. Tempat ini sekaligus tempat ngumpul sih, tempat untuk istirahat gitu lah. Oiya, karena tempat semacam ini banyak, jadi kalau hujan juga gak kesusahan nyari tempat berteduh. Kemarin juga sempet hujan deras pas kita makan siang, tapi pengunjung bisa langsung berteduh tanpa kebasahan terlalu banyak.

Oiya, kandang tempat ngasih makan binatang ini juga dibedain sama kandang kambing dengan kambing yang banyak untuk aktivitas memberi susu cembek dan kandang sapi dengan sapi yang banyak untuk memerah sapi.

Aktivitasnya Banyak

Iyaah, aktivitasnya banyaakk. Jadi kayaknya kalau mau ikut semua aktivitasnya gak cukup sehari ya. Ya dipilih-pilih aja lah biar pas dengan kondisi dan bisa puas. Kemarin sih saya pilih yang paket gitu untuk Naia. Harga yang paketan cuma diskon 5ribu tapinya, huhuhu. Gapapalah ya, yang penting dapet diskon *hayah*

Saya pilih yang paket menyusui cembek, memberi pakan kelinci, dan berkuda. Plus saya tambahin untuk menangkap ikan dan untuk saya sendiri mau flying fox.

Oiya, di lahan berkuda ada delman juga dan ada di jalan menuju kandang binatang-binatang. Jadi gak ada tempat khusus gitu kayak di D’Ranch. Anak bisa pilih sih sebenernya mau ngerasain sensasi naik langsung di punggung kuda atau naik delman. Karena saya udah beli yang paket, jadi ya Naia berkuda aja deh sendirian. Berhubung dia udah pernah (berapa kali ya lupa) naik kuda sendirian, saya jadi gak khawatir. Tapi, karena lahannya yang menyatu tadi, Naia malah mintanya naik Delman. Walau dia seneng juga sih berkuda sendirian gitu, semangat banget juga, tapi tetep minta naik delman juga, huhu. Tapi gak saya kabulkan sih, wekekek. Bukan apa-apa ya, gak cukupp nanti waktunyaah, hehehe. Soalnya mau menangkap ikan juga kan 😀

Habis menangkap ikan, mau langsung ke tempat outbond sekalian pulang. Oiya, awalnya saya beli tiket flying fox untuk saya sendiri, karena pengen ngerasain juga gitu lah, mamanya main juga gitu lah. Tapi ujung-ujungnya malah Naia yang akhirnya flying fox lagi, hahaha. Soalnya begitu denger kata “flying fox” dia langsung semangat dan jadi gak masalah untuk gak naik delman, yeay.

whatsapp-image-2017-01-08-at-05-08-31

Ini karena dia udah pernah ngerasain flying fox sebelumnya sih di Taman Ade Irma Bandung. Itu flying fox termurah kayaknya ya, cuma bayar Rp. 5.000 aja. Malah karena Naia naik flying fox di D’Kandang ini, anak-anak yang lain jadi berani juga nyobain flying fox ini, yeay! 🙂

Oiya, total yang saya keluarkan untuk tiket aktivitas ini jadi pass banget Rp. 100.000 (paket liburan 60.000, menangkap ikan 20.000, flying fox 20.000) 😀

Mushola Banyak

Iniiiih yang paling favorit. Hampir di setiap tempat ada mushollanya, jadi enak banget dan nyaman banget untuk ibadah. Agak besar dan mukenanya wangi-wangi pulak, jadi beneran nyaman sholat di sini. Apa karena masih baru ya jadi mukenanya masih wangi? Semoga enggak ya, semoga emang beneran dirawat mukena-mukenanya. Oiya, mukena di tiap musholla juga ada banyak.

Bahkan di pintu keluar juga ada, jadi pas mau pulang tapi belum sholat, kita gak mesti masuk lagi nyari-nyari musholla. Tinggal sholat terus langsung deh keluar. Enakk deh, thumbs up buat yang punya tempatnya! 😀

Tempat Makan Gampang Dicari

Yap, dengan lahan yang cukup luas tadi, tempat makan juga gampang dicari. Dia gak berkumpul di satu tempat kayak foodcourt gitu, tapi memfasilitasi pengunjung yang pengen cepet nyari tempat makan. Kita kemarin makan persis di depan kandang binatang, di “Rumah Sate”. Yang ini tempatnya enak karena lesehan gitu. Walau jenis makanannya cuma 1 ya, cuma sate doank padahal udah berharap ada sotonya juga -_- Bener sih, judulnya aja “Rumah Sate”, jadi ya gak salah donk kalau menunya sate doank, hahaha.

Awalnya saya mau sok2 nyari alternatif lain gitu, tapi tempat yang ini paling enak karena lesehan jadi kita bisa santai karena bawa anak-anak. Tempat makan yang lain kursinya tinggi-tinggi gitu, walau menunya juga lebih beragam ya. Oh, foodstall-foodstall gitu juga banyak kok, jadi untuk jajan-jajan juga bisa laah. Malah ada cafe juga, jadi Ilman sempet nongkrong di sana sebentar nemenin Nawa yang tidur di stroller waktu saya nemenin Naia nangkep ikan. Karena nangkep ikannya lama, akhirnya ya Ilman dan Nawa ikut lah ke tempat penangkapan ikan itu.

Di sana juga enak, pengunjung yang nungguin anaknya nangkep ikan gak kepanasan karena tempatnya rindang banget, plus ada saungnya juga sih. Oiya, Ilman sempet tidur di sini, lumayan laah bisa istirahat nungguin Naia sama yang lainnya nangkep dan bikin ikan pada mabok, wekekek. Anu, itu, sebenernya kasian sih sama ikan-ikan yang ada di kolam penangkapan ini, soalnya ya tau sendiri kan anak-anak kalau nyari ikan itu gimana? Ya dikobok dan dikejar ke sana kemari. Ikannya mungkin stress ya yang ada di sana. Makanya gak heran kalau ada beberapa ikan yang gampang ditangkep, bahkan sama anak umur 2 tahun *lirik Zinno*. Mungkin ikannya terlalu lelah untuk terus berlari, huahaha.

Cukup Stroller Friendly

Gak friendly-friendly banget sih, tapi lumayan. Dari pintu masuk, memang disediakan jalanan untuk stroller (sekaligus untuk difabel donk ya berarti 🙂 ). Di dalam juga jalanannya cukup rata. Tapi begitu masuk ke aktivitas-aktivitasnya, jalanannya udah mulai berbatu dan gak cukup halus untuk bisa mendorong stroller dengan enak. Ya namanya juga berbatu, gruduk-gruduk gitu plus bikin roda stroller bekerja cukup berat dan bikin mereka kotor, huhuhu. Hari ini pokoknya harus dicuci strollernya! haha.

Oiya, stroller juga gak bisa mengakses jalanan menuju tempat penangkapan ikan dan tempat outbond. Gak bisa ke tempat penangkapan ikan karena jalannya merupakan tangga yang cukup banyak, jadi stroller Nawa dilipet deh dan Ilman jadi olahraga buat bawa strollernya ke tempat penangkapan ikan, hahaha.

Kalau ke tempat outbond, jalanannya berbatu lebih parah lagi dan cukup curam, jadilah pas Naia flying fox dan yang lain main ATV, saya sama Nawa tinggal di deket pintu masuk sambil main air itu tadi. Lumayan lah, bikin Nawa puass, karena emang dia udah ngincer sejak awal dateng, hahaha.

Overall, enaak bangettt playdate di D’kandang, walau harga per aktivitasnya gak murah-murah banget yaa. Asal pilih aktivitas yang sesuai aja gak gitu bikin kantong bolong laah yaa, hehe.

20170107_162132

whatsapp-image-2017-01-08-at-04-32-43

Jadi, kapan kita playdate lagi? 😀

istianasutanti

Halo, salam kenal ya.

Aku Istiana Sutanti, seorang ibu dari 3 orang perempuan yang hobi sekali mengajak anak-anak untuk traveling bersama.

Di blog ini aku sharing pengalaman traveling kami sekeluarga plus pelajaran parenting yang aku dapatkan, baik dari pengalaman pun dari seminar parenting.

Semoga kalian suka membaca pengalaman traveling kami dan semoga membantu untuk menentukan tujuan traveling kalian berikutnya! ;)

You may also like...

30 Comments

1. wah… kayaknya seru mas, wisata alam bareng keluarga deket dari kota lagi.. wah nanti saya akan rencanakan lah sip mas terimakasih

2. Jadi bikin penasaran nih wisata alam di Istana Nelayan Resto Tangerang…

3. wah bisa jadi wisata menarik buat anak anak nih mbak

1. Asik juga ya tempatnya
      Kalau aku naik kereta mau main ke D’Kandang, yang terdekat di stasiun mana ya, Kak?
      Trus dari stasiun bisa nyambung angkot no.berapa?

4. Waaahhh di sawangan yaaa.. Ankku biasanya seneng ama tempat2 begini.. Dulu pas diajak ke d’ranch aja dia betah lama2. Sampe skr aku tuh pgn ajakin dia nyusuin kambing ato hewan2 sbnrnya..

Belum kesampaian..coba ntr ke DKandang ini ah.. Lumayan deket dan murah jg y.. Lbh murah dr dranch kalo kubilang.

1. Iyaaa, ini di Sawangan. worth it banget ngabisin waktu di sini sama anak2 menurutku 🙂

5. ignade says:

Kasian ikannya kan? tapi kok tetep dinamakan “edukasi” ya? edukasi dari sisi mana dan diharapkan mau jadi apa anak-anak ini kalao edukasinya macam kayak gini? Kalo menurut saya tempat ini lebih tepat disebut “wisata eksploitasi satwa” 🙂

6. Wah makasih mbak buat infonya. Baru tahu kalau di Sawangan Depok ada tempat wisata buat keluarga kayak gini. Masih deket lah kalau dari Jakarta. Pengen bawa keluarga juga deh kapan-kapan kesini. Anak-anak juga pasti seneng ya main disini.

7. Oh ini yang di Depok itu yaa kak? Aku sering ke Depok tapi belum kesampean kesini . cocok nih untuk wisata edukasi yaa kak 🙂

8. Wah, kalo sampe betah sampe tutup berarti seru dong ya tempatnya. Aku 10 tahun di Bandung malah belum pernah sama sekali ke d’Ranch, mungkin nanti kalo udah punya anak dan istri #malahcurhat

Di Taman Ade Irma ada flying fox Rp5.000 aja ku tak tau 🙁
    itu aman kan? wkwkwk

1. Nah, Naia pertama kali berani flying fox justru di Taman Ade Irma itu mas, ahaha. Karena murah, tadinya aku juga agak2 khawatir, tapi itu juga gak tinggi, jadi kita insyaAllah bisa terus jagain anak juga. Waktu itu yang penting anaknya mau dan antusias banget. Akhirnya anaknya beneran jadi seneng, tiap kali liat flying fox jadi ijo deh nmatanya, hahaha

9. Wah….ini surganya bocah aktif dan suka binatang nih. Seru juga bisa puas main seharian.

10. Cocok banget ya ini tempat bermainnya untuk anak-anak. Kalau ada keponakan di rumah kayaknya bakal seneng diajak ke sini

11. Gita says:

Seneng deh kalo berkunjung ke tempat wisata yg musholanya nyaman. Brati d kandang is one of recommended place buat jalan2 brg anak n kel ya mba?..tfs mba istiana?

12. Seru bareng keluarga dan anak-anak. Sya ngajak tmen doln aja gdak yg mau

13. Wah asyik ya..anak2 puas bermain, ortu juga bisa berekreasi sambil menemani anak2.. catat ah, lokasinya..

14. waaa seneng banget anak2 main kesini ya.. bisa mengenal dunia binatang/ternak juga. . fasilitas pendukung juga banyak ya

15. Nurul Sufitri says:

Halo, Mbak Istiana apa kabar? Wah, senangnya ya ajak si kecil dan suami main2 di tempat ini. Aku ga tau loh kalau di Depok ada wisata alam keren begini. HTM nya terjangkau ya. Wisata edukasi kayak gini nih bagus buat anak2, muda, tua sekaligus lansia juga bisa. Tangkap ikan tuh menyenagkan hehehe. Ada sawah2 dan kerbaunya ga? Seru kalau main lumpur 😀

16. Wah beneran ya mirip Kuntum di Bogor, dan seru karena aktivitasnya banyak jadi puas main di sana seharian

17. Travel Galau says:

Wahhh di Depok ada tempat main anak juga. Asik. Tapi aku bingung mau ajak siapa. Anak blom punya, ponakan? Ke Jakartanya aja susah. Malah minta aku ke Bandung temenin main di sana.

18. Kalau datang sekarang ke sana masih rame juga nih kayaknya karena liburan juga

19. Baru ngeh bahwa ternyata play date sekeluarga toh. Seru juga yah…anak-anaknya seumuran. Main seru-seruan. Jalan-jalan aja udah capek.
    Di Lembang kayaknya ada D’Ranch. Sama ga sih?

20. menarik ya wisatanya untuk anak-anak. Dan yang jelas bisa mengenalkan anak untuk interaksi dengan hewan

21. Walaaaah aku juga baru aja dari sana. Hehe. Rumah mertua pas banget di Pasir Putih. Sekitar 5 menit dari De’Kandang. Jadi sebelum terbang kembali ke Batam tgl 10 Juni lalu jam 4 sore, paginya minta sama suami ngantar ke De’Kandang. Kata suami nggak nyangka banget ada orang yang ngebangun kawasan ini bisa seperti itu, padahal tempat ini dekat kuburan. Tempat jin buang anak dia bilang haha. Dulu serem kebun bambu gitu. Lah sekarang jadi tempat wisata. Jadi seperti apapun lokasinya kalau ditangani oleh orang² kreatif dan berfikiran maju bakalan berubah jadi keren.

22. Wah liburan sekolah cocok banget ini ya bawa anak ke d kandang ini. Banyak fasilitas dan rekomended banget buat menyenangkan anak. Tidak hanya bermain tetapi juga belajar

23. Wah, happy banget ya mbak anaknya dibawa ke sini 🙂
    Tempat-tempat model begini memang yang diperlukan anak-anak, jadi selain bisa bermain, anak-anak juga bisa belajar 🙂

24. Happy banget bih ngajak bocil-bocil kesini, bisa bermain sambil belajar hal baru. Nangkap ikan , ngasih makan kambing, paketannya gak terlalu mahal buat aku msih terjangkau,,, jadi pengen ajak ponakan main-main kesini deh

25. wah bisa jadi wisata menarik ni untuk anak anak ….