#Familife: Kebiasaan Pasangan yang Menyebalkan

8 Replies

Family Life Pribadi

Hayo, siapa yang masih aja sebel dengan kebiasaan pasangan yang gak cocok sama kita? Bukan berarti kebiasaan buruk sih ya, tapi ya gak cocok aja sama kita makanya kata kita mah kebiasaan menyebalkan. Soalnya, ya kita juga mesti deh punya kebiasaan yang gak disukai pasangan. Iya gak? hehe

Nah, kalau saya, awal-awal nikah sih masih suka sebel dan sukses jadi bahan berantem kecil sama suami. Tapi lama kelamaan ya udah biasa aja lah. Udah berkurang juga sih Alhamdulillah. Tapi, sayanya juga gak yang sesebel dulu, udah bisa berdamai aja lah gitu kalau pasangan lagi melakukan kebiasaan yang menyebalkan itu hehe.

Baca juga: Menyiasati Kebiasaan yang Bertolak Belakang

Oiya, ini topik #Familife bareng Noni btw, baca punya Noni di sini ya:
Berdamai dengan Kebiasaan Menyebalkan Pasangan

family life 2

Sebenernya butuh proses juga sampai akhirnya saya bisa berdamai sama kebiasaan menyebalkan pasangan itu sih ya. Jadi, setiap kali Ilman ngelakuin sesuatu yang saya sebel itu, saya coba coba terus cara supaya saya gak bete dengan itu. Beberapa cara yang udah bisa berhasil bikin saya gak bete dengan kebiasaan menyebalkannya Ilman itu antara lainnya ini:

Main di Luar sama Anak

Yang ini sih dari dulu sebenernya ya. Tapi makin kerasa semenjak tinggal di Depok ini, yang halaman belakangnya Alhamdulillah lega. Jadi, saya bisa kapanpun main di luar tanpa harus pakai jilbab. Jadi kalau saya udah mulai sebel saat Ilman tidur kelamaan misalnya (salah satu kebiasaan yang saya anggap menyebalkan ya tidur itu, hahaha), saya coba aja main di luar bareng anak-anak. Ngeliat Naia Nawa seneng gitu di tempat yang luas, juga ngeliat mereka berinteraksi udah bikin ilang rasa sebelnya. Tinggal sayanya deh yang mulai ngebayangin hal-hal yang bisa bikin saya seneng. Udah deh, jadi gak bete lagi Alhamdulillah 😀

Waktu anak masih 1 dulu sebenernya lebih lama menghilangkan rasa betenya, soalnya ya saya tetep harus berinteraksi sama anak saat lagi bete. Dan itu gak gampang, gimana caranya supaya saya tetap asik sama anak saat lagi bete itu beneran tricky sih. Makanya punya anak 2 ini salah satu keuntungannya ya itu, hehehe. Gak mesti berhadapan langsung dan menangani anak langsung saat lagi bete. Ya biarin aja mereka main berdua sambil saya liatin, sayanya jadi punya waktu untuk menghirup udara, berpikir sejenak, dan berdiam diri atau membaca. 🙂

Ngeblog

Iya donk! Blogger gituh, hahaha. Beneran deh, ngeblog atau nulis di notes bersama itu cukup bisa mendamaikan diri saya sih. Di notes bersama biasanya kalo lagi sebeeell banget, biar suami baca juga saya lagi bete dan sebel sama kebiasaannya itu, hehe. Lumayan juga sih, menulis bisa menuangkan pikiran yang lagi sebel, jadi gak ketahan.

Tapii, ngeblog ini bisa dilakukan kalau anak-anak lagi tidur atau lagi anteng banget sama mainannya. Kalo lagi gak anteng sih jangan harap bisa ngeblog, haha. Makanya pilihan pertama saya ya di main di luar sama anak itu tadi, karena agak jarang sih yang waktunya barengan gitu. Maksudnya jarang gitu kalo Ilman lagi ngelakuin kebiasaan nyebelin, anak-anak juga lagi anteng. Biasanya ya anak-anak juga maunya diperhatiin jadi gak bisa meluangkan waktu untuk ngeblog. Kalaupun mereka main di luar dan saya bisa anteng bentar gitu, tetep aja saya gak bisa laptopan di luar, karena nantinya bakal disamperin sama mereka, hehe.

Nonton

Ini hobi dari dulu. Biasanya sih nonton drama korea atau Running Maaaann, hehehe. Tapi sekarang Running Man udah mau udahan aku sedih, huhuhu. Nah, sambil nonton gini masih bisa sih sambil mainan sama anak, tapi suka-suka anak gangguin dengan nyamperin laptopnya dan mencet-mencet tombol sampe saya keganggu nontonnya, hahaha. Maklum ya gak punya tv, jadi nontonnya ya di laptop aja, hehe. Kalau saya lagi yang sebeeelll dan streeesss banget, biasanya Naia saya kasih jatah nonton juga, nonton YouTube. Saya pakai laptop, dia pakai hp. Nawa? Saya pegang atau saya kasih makanan atau mainan. Makanan atau mainan biasanya bisa bikin dia anteng cukup lama. Alhamdulillah.

Baca juga: Episode Favorit Running Man

Tapi, begitu suasana hati saya udah agak baikan, gak masalah sih digangguin nontonnya sama anak, biasanya malah jadi bahan bercanda dan udah deh main lagi sama anak. 😀

Bikin Mainan sama Naia

Yap yap, bikin mainan DIY gitu cukup bikin saya berdamai juga sih, hehe. Tapi pastinya waktu anaknya 1 emang lebih gampang, karena dia bisa nungguin tanpa ganggu atau malah bisa bantuin. Begitu anak 2, ya yang 1nya alias Nawa mesti dikasih mainan yang lain atau.. makanan, hehehe. Atau saya taro di baby walker biar dia berkeliling rumah sendiri, saya dan Naia bikin mainan. Begitu papanya selesai/bangun (biasanya sih emang tidur kelamaan yang masih bikin saya suka bete ya), suasana hati saya udah enak lagi, mainan buat anak pun jadi. Giliran Nawa deh yang mau nenen, hahahaha

Ah iya, ini salah satu contoh mainan yang saya bikin sama Naia waktu sebel sama Ilman yang tidur kelamaan, wekekek:

Tapi bukan berarti tiap kali saya bikin mainan artinya saya lagi sebel loh ya, hahaha. Emang seneng aja bikin-bikin mainan yang ternyata bisa dimanfaatkan untuk mendamaikan hati saat lagi sebel 🙂

Sabar

Ah iya, tapi 1 hal yang paling penting. Kita harus sabar! hehe. Ini pelajaran kesabaran juga, karena gak bisa lah kebiasaan menyebalkan pasangan itu bisa langsung hilang atau berkurang. Cari cara aja supaya kita gak sebel sama kebiasaan yang kita anggap menyebalkan itu sambil doakan supaya kebiasaannya berkurang, atau malah hilang sekalian. 😀

1 lagi, jangan lupa untuk diomongin juga sih ke pasangan kalau kita gak suka beberapa kebiasaannya itu. Biasanya sih keluar juga tuh dari pasangan kebiasaan apa di kita yang mereka sebelin. Terus cari cara deh gimana caranya supaya masing-masing kita bisa mengurangi kebiasaan itu. Sambil cari cara juga supaya masing-masing kita bisa berdamai dengan kebiasaan yang dianggap menyebalkan itu.

Kalau kalian, biasanya gimana caranya berdamai dengan kebiasaan menyebalkan pasangan?

8 comments

  1. mawaddah1985

    kalau aku yang paling susah itu sebenarnya menormalkan mood, kalau lagi kesel sama suami atau bahkan sama anak, terus anak minta main.. itu jadinya aku sangat berharap punya tombol On-Off di otak. biar kalau lagi mood jelek, nyalain mood bagus #halah 😀

    1. mawaddah1985

      kok aku ngakak ya dipanggil mbak mawa hahaha
      baru kali ini ada yang manggil mawa soale hehe
      ~ternyata name yang muncul username di wordpress hehe
      salam kenal mbak @jilbabmunira2017

Leave a Reply

%d bloggers like this: