Quick Escape Sekaligus Wisata Edutainment Anak di Istana Nelayan Resto Tangerang

10 Replies

Pribadi Review sponsored Traveling

Aaahhh… Senang sekali hari Sabtu lalu saya bisa berkunjung ke Istana Nelayan Resto & Cafe. Soalnya apa? Soalnya tempatnya itu melebihi ekspektasi banget. Banget!

A photo posted by Istiana Sutanti (@momopururu) on

Maennya jauh banget ya tapi sampe Tangerang, hahaha. Penasaran abisnya, soalnya katanya ada mainan anak-anaknya juga, jadi bisa buat Naia main sekalian wisata kuliner emak bapaknya.

Terus sebenernya juga ekspektasi saya itu gak tinggi-tinggi. Paling bisa makan makanan seafood yang enak-enak sambil nungguin Naia mainan di playground yang ada. Gak nyangka kalau ternyata Istana Nelayan juga punya banyak aktivitas seru bareng anak. Passs banget banget deh buat keluarga kayak kami gitu kalau main ke situ. Beneran bisa jadi alternatif rekreasi keluarga yang cukup seru, semacam Quick Escape gitu lah ya.

Yang tadinya mikir paling cuma 1-2 jam deh di situ, malah jadi seharian, huaa. Oke, oke, setengah hari, karena anak-anak butuh mandi sore jadi harus segera pulang, hehe.

Oiya, sebenernya sih Istana Nelayan juga ada hotelnya. Tapi kemarin saya main ke restorannya aja yang ada di Serpong, Tangerang, deket banget sama pintu tol dan deket juga sama IKEA alam sutera. Yaa 1 pintu tol setelahnya lah kira-kira 🙂

Quick Escape Dekat Kota

Namanya juga Quick Escape ya, ya gak jauh-jauh lah emang mestinya dari kota, hehehe. Yang bikin amaze itu, di Istana Nelayan ternyata suasananya enaakk banget, gak nyangka banget kalau itu deket kota. Soalnya adem dan nyaman, kayak di desa gitu. Jadi bisa sok-sok menghirup udara segar gitu deh. Etapi udaranya emang seger, soalnya pinggir sungai (sungai Cisadane) plus banyak pohon cokelatnya juga di seluruh area Istana Nelayan ini.

Udah gitu, di sana juga banyak banget pilihan aktivitasnya untuk berbagai urusan, mulai dari urusan bisnis, pernikahan, arisan, sampai jalan-jalan keluarga saja kayak kami kemarin. Eh btw, bisa juga deh ini untuk pilihan Playdate selanjutnya, hihihi. *colek Fithri & Lintang*

Tempatnya luas banget sih emang, makanya ada beberapa spot berbeda untuk kepentingan berbeda juga.

1. Restoran Kapal Pinisi untuk Berkumpul dan Karaoke

20170211_111208

Yang paling keliatan dari luar, restorannya ini berbentuk kapal Pinisi gitu dengan banyak ruangan. Konsep di kapal ini memang bukan restoran dengan meja banyak, tapi lebih kayak ruang-ruang karaoke dengan toilet di dalam. Jadi, nyaman banget banget kalau mau ke sini, berkumpul sama temen atau arisan keluarga, karaoke sampai puas tanpa jaim. Plus gak perlu bayar ruangannya kok, tinggal beli makan aja dan tinggal  pilih ruangan udah. Enaaakkk kan, gak perlu nyewa tempat tapi bisa dapet fasilitas karaoke dan toilet di dalam. Gak perlu keluar dan bingung nyari toilet saat diperlukan jadinya 🙂

Ruangan yang tersedia mulai dari kapasitas 8 orang sampai 100 orang. Jadi mulai dari ngumpul keluarga yang semua bisa karaoke sampai meeting, sampai yang ngadain acara gathering atau reuni gitu bisa banget di sini. Aaah, ini buat reunian Kuncung (CSUI 2005) lagi aja apa ya kapan-kapan? hahahah.

2. Gubukan Tempat Makan Keluarga

20170211_111228

Selain bentuk kapal Pinisi tadi, Istana Nelayan juga menyediakan tempat makan outdoor berupa gubuk-gubukan gini. Tempatnya besar gitu, bisa banget kayaknya untuk ngumpul keluarga besar. Ada yang pakai bangku, ada yang lesehan.

Yang pakai bangku ini dikelilingi spot untuk anak-anak bermain. Jadi bisa banget orangtua atau keluarganya makan, anak-anak bebas main sambil tetap berada di jangkauan mata orangtuanya. Mainan atau aktivitasnya juga buanyaakk banget, gak cuma nyediain playground gitu aja yang biasa ya, tapi bisa ngasih makan binatang sampai gowes becak sendiri. Saya ceritain lengkapnya di bawah deh yaa 😉

3. Lesehan Pinggir Sungai

20170211_120616

Ini yang tadi saya udah sebut. Gubukan makan gitu ada yang lesehan. Lesehannya ini pas banget ditempatinnya, persis di pinggir sungai gitu, jadi suasananya enak banget. Makan sambil denger suara aliran sungai rasanya tenaaangg banget. Mirip suasana di Bandung tapi gak usah jauh-jauh (dan lama) ke Bandung, hehe.

A photo posted by Istiana Sutanti (@momopururu) on

Wisata Edutainment Anak

Nah, tadi saya bilang kan kalau aktivitasnya itu buanyaakk banget untuk anak-anak. Mereka juga nyediain trip untuk sekolah sih emang. Biasanya sekolah TK yang umur anaknya cocok banget untuk ngelakuin aktivitas di sini. Kalau untuk field trip anak-anak TK gitu, biasanya dari jam 08.00 sampai jam 11.00, memanfaatkan waktu sebelum beroperasi untuk umum di jam 11.00-22.00. Oiya, bener, Istana Nelayan ini buka mulai jam 11 siang sampai jam 10 malam, hehe.

Untuk aktivitas anaknya yang banyak, coba saya list satu-satu boleh yaa 😉

1. Ke Museum Cokelat & Menghias Kue dengan Cokelat

Museum Cokelat Istana Nelayan

Museum Cokelat

Sebenernya ini termasuk paket edutainment untuk anak-anak TK gitu. Jadi, mereka nyediain 3 aktivitas dalam field trip sekolah, menghias cookies pakai cokelat sekaligus diberi penjelasan asal usul cokelat di museum cokelat, memberi makan ternak, sama bercocok tanam.

Lahannya cukup luas sih, 1.2 hektar kalau gak salah. Udah gitu mereka bener-bener memanfaatkan ruang yang ada. Kayak bercocok tanam itu, letaknya di pinggir sungai Cisadane, deket sama tempat makan lesehan yang udah saya jelasin di atas.

Kemarin saya juga diajak ke museum cokelatnya, tapi ya gak diajak untuk menghias kue. Karena aktivitas itu memang dikhususkan untuk grup gitu. Biasanya menghias kue ini diadakan di dalam museum cokelatnya juga, nanti mereka menyediakan meja di tengah-tengah ruangan gitu deh.

Oiya, kenapa cokelat? Kok kaya gak nyambung gitu ya sama resto Istana Nelayannya? hee. Ini yang kemarin saya tanya juga. Ternyata, pemilik Istana Nelayan juga punya pabrik cokelat dan kayaknya juga doyan banget cokelat ya. Makanya di seluruh lahan resto ini juga ditanam banyak banget pohon-pohon cokelat. Nantinya kita juga bisa makan loh buah cokelatnya. Saya aja kemarin dikasih. Gak nyangka ya buah cokelat ternyata kayak kecapi gitu, manis enak lah. Terus, bijinya itu deh yang diolah kayak kopi, jadi bubuk cokelat yang dijual dengan merk “Java”. Udah sering nemu kaaan kalau di supermarket? hehehee.

2. Memberi Makan Ternak

Mini Zoo Istana Nelayan

Mini Zoo Istana Nelayan

Iniii yang sama sekali gak saya dugaaa.. Soalnya dari luar gak gitu keliatan kalau ternyata mereka punya mini zoo gitu. Mereka juga punya kandang-kandang kuda, kambing, juga sapi. Walau kandangnya bukan kandang yang gede gitu ya, terbatas juga binatang ternaknya. Tapi jadi lengkap banget dan anak-anak jadi seneng banget berkenalan sama binatang-binatang gini. Yang ini juga termasuk dalam paket edutainment untuk sekolah sebetulnya, tapi bisa juga lepasan kayak saya kemarin. Umum aja sendiri juga bisa gitu maksudnya, beda sama menghias cokelat tadi 🙂

20170211_115335

Kalau sebelumnya Naia ngasih minum susu ke cempe di D’Kandang Depok beberapa minggu lalu, kemarin Naia berkesempatan untuk ngasih minum susu ke anak sapi. Plus ngasih makan kambing. Ngasih minum susu ke anak sapi ini ternyata gak gampang euy, gak bisa kayaknya kalau anak kita dilepas sendiri. Bukan karena sapinya galak ya, tapi karena sedotannya kuattt banget banget. Mesti orangtuanya yang ikut megangin botol susunya juga. Waktu ngasih minum ke cempe sih Naia masih kuat laah sendiri tanpa dibantu saya, tapi kalau anak sapi ini udah gak bisaaa. Akhir-akhir aja malah dilepas sama Naia karena dia udah gak kuat nahannya, tinggal saya sendirian yang megangin botol susunya, hehehe.

20170211_115627

Kambingnya sendiri dikasih makannya pakai daun cokelat, hahaha. Oiya, untuk bisa melakukan aktivitas ini, masing-masingnya dikenai tarif 10.000 rupiah ya. Nanti dapet susu untuk sapi, 10.000 lagi dapet daun cokelat untuk kambing 🙂

3. Bercocok Tanam

20170211_120902

Aktivitas ini juga termasuk paket edutainment dan gak bisa lepasan kayak ngasih makan ternak, jadi kemarin Naia gak bisa ngerasain ini deh. Ini lahannya di pinggir sungai banget (eh, udah dikasih tau tadi ya), jadi enak segerr gitu dan tanahnya subur.

4. Menunggang Kuda

Sebenernya kemarin Naia juga mau, tapi pawangnya lagi gak ada, jadi Naia naik Delman aja deh, hehe. Kudanya juga kuda poni dan ada 2 sih, jadi bener anak-anak aja  yang bisa menunggang kuda ini. Tarifnya juga cuma 10.000 donk, hehe

5. Naik Delman

Delman

Delman – courtesy of Kiko

Ini sih jangan ditanya, Naia selalu mau naik Delman. Antusias banget banget dia. Kemarin aja gak sabar untuk ngajak naik Delman begitu tau di sini ada, huee. Tarifnya? Juga 10.000 tenang ajaa. Semua aktivitas untuk anak kayaknya emang cuma 10.000 sih 🙂

6. Memancing

20170211_120539

Memancingnya di kolam pemancingan yang disediakan ya, bukan di sungai Cisadane nya, hehehe. Tapi ini bisa siapa aja kok, gak cuma anaknya doank. Begitu dapet ikan, ikannya ditimbang deh, harganya tergantung ikan jenis apa yang didapet, biasanya dihitung per kilo.

7. Foto Bersama Iguana

Kalau ini, sayanya gak berani, weheheh. Padahal bisa aja sih Naia juga ikutan foto. Tapi ya gitu, anaknya udah gak sabar juga buat naik Delman, makanya mau cepet-cepet selesai berkeliling buat main-main deh dianya.

8. Mengendarai Becak

A photo posted by Istiana Sutanti (@momopururu) on

Iniiii jugaaa yang jadi highlight kemariiinn. Soalnya menarik banget, ada 3 jenis ukuran becak yang tersedia. Mulai dari yang biasa, yang besar itu, sedang, sampai yang kecil. Bahkan Naia aja bisa gowes dan mengendarai becak yang paling kecil ini. Penumpangnya? Cuma Nawa doank. Ini ditunggu banget sama anak-anak. Sampai kemarin Naia mau naik lagi, becak kecilnya habis dipakai sama anak-anak lain. Akhirnya nunggu deh lumayan lama, hehehe. Tarifnya juga 10.000 per 15 menit. Kalau agak kosong kayak kemarin malah bisa sepuasnya sih 😀

9. Bermain Bebas di Playground

A photo posted by Istiana Sutanti (@momopururu) on

Nah, selain back to nature di atas yang ngasih makan ternak dan bercocok tanam, Istana Nelayan juga nyediain Playground yang cukup besar di bagian sebelah kiri. Pokoknya begitu kita masuk, dia juga keliatan gitu dari luar. Malah ini yang awalnya saya pikir bakal jadi idola anak-anak, ternyata malah becak ya, hehe.

Tapi lumayan, bisa banyak anak-anak yang main kan di sini. Orangtuanya tinggal nungguin dari gubuk-gubuk tempat makan, anak-anak puas main di sini. Seru lah pokoknya. Eh, di playgroundnya sendiri ada ayunan gitu juga sih. Walau bisa buat anak, saya mah curiganya itu juga buat kita yang nungguin biar bisa ngeliatin lebih deket tapi tetep nyantai, hehehe.

WhatsApp Image 2017-02-14 at 03.40.29

Makanya kan, ngajak keluarga ke sini tuh udah bener banget. Orangtua bisa nyantai leyeh-leyeh sambil makan, anak-anaknya puas main dan beraktivitas.

Makanan Enak & Bervariasi

Jangan salah ya. Namanya juga resto, yang jadi andalan ya emang makanannya lah pasti. Apalagi makanannya tuh variatif banget, gak cuma seafood donk tenang aja. Soalnya kan yang dateng juga beragam, jadi makanannya juga beragam, dari mulai makanan Indonesia, makanan Cina, sampai makanan eropa pasta-pastaan gitu juga ada. Ya soalnya bisa buat acara pernikahan juga sih di sini, makanya makanannya lengkap ya.

Hidangan andalannya itu ada beberapa, diantaranya ada Sop Buntut, Gurame Bumbu Balacan, Ayam Goreng Singapur, Es Campur, sama Tahu Kipas, dan banyak lagi sih sebetulnya, hee. Seenggaknya makanan itu yang kemarin saya sempet rasain.

Oiya, cemilannya juga ada kue rangi sama tahu gejrot. Udah jarang banget ya nemu kue rangi dan tahu gejrot jaman sekarang? Coba ke Istana Nelayan ajaa, kue ranginya tuh gariiinnggg banget, saya sama Naia suka banget sampe habis berapa piring kali ya kemarin, 3 apa 4 gitu (paduan doyan sama laper ye cyin).

Harganya juga standar kok, bukan yang mahal gimana-gimana. Buat ikan, dihitungnya per ons. Untuk Gurame Balacan misalnya, harganya 14.000 per ons nya. Tapi untuk paket gitu, kayak paket nasi uduk dan ayam gorengnya harganya sekitar 38ribuan, masih standar lah yaa.

Cocok Juga Untuk Pernikahan

20170211_131301

Waktu diajak berkeliling, di bagian belakang itu ketemu tempat yang bakal cocok dan enak banget deh buat pesta pernikahan. Ala-ala garden party gitu tapi masih ada atapnya. Yaa ada juga sih yang gak ada atapnya, tapi suasananya tuh asri banget, jauh banget dari kesan kota. Enak banget deh.

Oiya, Istana Nelayan memang menyediakan paket pernikahan sih, harganya mulai dari 30 jutaan. Itu udah termasuk menginap di hotelnya selama 3 hari 2 malam. Untuk bulan madu gitu laah ceritanya, hyehehe.

Pokoknya emang tempatnya pas untuk segala acara sih emang. Tapi buat saya yang udah berkeluarga dan punya anak gini tempatnya ramah anak banget (yaiyalah ramah anak, kan emang menyediakan banyak aktivitasnya ye, hee) dan cocok banget kalo mau liburan sehari aja, keluar dari rutinitas perkotaan sejenak.

Yang Disayangkan

Oiya, sayangnya pawang kuda sama kusir Delmannya itu orang yang sama, jadi kalo lagi ada yang naik Delman, kudanya gak bisa ditunggangi deh, harus gantian gitu. Plus karena mau semuanya ada di sini, tempatnya jadi terkesan kecil dan agak kurang lega aja sih. Kurang lho ya, bukan enggak lega. Soalnya ya itu, peternakannya jadi terbatas, kandangnya semua disatuin di satu tempat. Ya disekat lah pastinya. Jadi bukan yang tanah lapang kayak DeRanch gitu.

Walau begitu, tempatnya asli enak banget beneran. Suasananya itu yang bikin gak ada yang nandingin, bikin segerrr banget kalo ke situ walau gak jauh dari kota. Saya aja ke sana cuma 1,5 jam aja dari Depok. Tempatnya juga gampang banget dicari. Saya gak tau lokasi pastinya kemarin, beneran ngandelin Gmaps aja, dan berhasil nemu. Begitu keluar pintu tol langsung ada petunjuknya soalnya.

Klik foto untuk memperbesar ya 😉

So, buat yang lagi nyari dan mau quick escape ke tempat yang gak gitu jauh, coba aja ke Istana Nelayan ini. Dijamin bukan cuma anak-anak aja yang puas 😉

Alamat & Kontak Istana Nelayan

Komplek Serpong Town Square,
Jl. MH. Thamrin Km7
Kebon Nanas Serpong,
(exit tol serpong)
☎ 021 5542913 – 55742366

Facebook: www.facebook.com/IstanaNelayanResto

Instagram: @IstanaNelayanResto

10 comments

  1. Ucig

    Deket ti… Aku baru tau ada playground dan lain2nyaaa. Sering ada undangan nikahan di sini tiii
    Jadi mau deh naek delman 10ribuuu
    Itu si adik ekspresinyaaa lucu banget di becaak 🙂

  2. merida merry

    Wah, lengkap banget ya mbak 🙂 pasti asyik tuh utk dijadiin tempat ngumpul keluarga. Tempatnya asyik, suasananya asri, dan banyak pilihan juga ya.. iihh… jadi mupeng saya hihi… tfs ya mba isti 🙂

  3. Retno

    waaah lengkap…enak kalo main-main di tempat seperti ini..anak-anak bisa puas lari-larian, mau makan tinggal beli. waktunya nggak habis di jalan…

Leave a Reply

%d bloggers like this: