5 Makanan Khas Pontianak yang Harus Anda Coba!

10 Replies

sponsored Traveling

[Sp]

Ngomongin Pontianak tuh emang gak lengkap deh rasanya kalo belum membahas wisata kuliner di kota ini. Beragam makanan yang ada di Pontianak sedikit berbeda dengan makanan di kota lain di Kalimantan soalnya. Kebanyakan kuliner Pontianak terpengaruh oleh makanan peranakan Cina, lalu dikombinasikan dengan masakan lokal.

(sumber : dutaborneofarmings.com)

Masakan khas Pontianak itu paling nikmat disantap pada sore hingga malam hari. Pasalnya, pada saat itulah banyak pedagang kaki lima yang menjajakan kuliner otentik daerah tersebut. Berikut daftar masakan yang wajib Anda coba saat mengunjungi Pontianak.

  1. Bubur Pedas

Kuliner paling khas dan populer dari kota ini adalah bubur pedas.  Proses memasaknya menggunakan bahan-bahan unik, seperti daun lengkuas, daun pakis dan daun rempah lainnya. Memiliki isi yang hampir mirip dengan Bubur Manado, bubur pedas dipenuhi sayuran seperti kangkung, daun kesum, kacang goreng dan teri sebagai taburan.

Soal rasa tidak perlu dikhawatirkan. Meskipun disebut “bubur pedas”, tetapi rasanya tidak pedas sama sekali. Kuliner yang satu ini dijamin membuat lidah Anda puas.

  1. Lek Tau Suan

Bahasa Tionghoa-nya adalah lek tau suan, artinya “butiran mutiara kacang hijau”. Makanan ini memadukan rasa manis dan asin sekaligus. Dimasak dengan campuran tepung tapioka, gula pasir dan daun pandan yang menghasilkan kuah kental bening. Pada dasarnya, lek tau suan adalah bubur kacang hijau yang dimakan dengan cakwe goreng.

Lek tau suan mudah ditemui di sepanjang jalanan Kota Pontianak. Cocok dimakan selagi hangat.

  1. Pengkang

Makanan yang terbuat dari beras ketan ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan lemper, tetapi isiannya adalah ebi. Dimasukkan ke dalam daun pisang, diikat dengan bambu dan dibentuk mengerucut, pengkang dibakar terlebih dahulu sebelum disajikan. Anda membutuhkan sambal kepah atau sambal kerang agar dapat menikmatinya secara maksimal.

Pengkang memiliki rasa yang berbeda dengan lemper, apalagi saat dicocol dengan sambal kerang. Dijamin ketagihan ingin menyantapnya lagi!

  1. Pisang Goreng Pontianak

Pisang goreng hampir bisa ditemui di seluruh wilayah Indonesia mana pun, tetapi jajanan khas Pontianak ini berbeda dari yang lainnya. Dibentuk seperti kipas dan digoreng dengan kremesan yang membungkusnya, Pisang Goreng Pontianak disajikan dengan berbagai macam selai, seperti coklat; susu; pandan; durian; nangka dan saus manis lainnya.

Jajanan khas pontianak ini cocok dimakan setelah lelah berjalan-jalan di Kota Pontianak. Selain enak, Pisang Goreng Pontianak juga mampu memberikan energi untuk melanjutkan perjalanan.

  1. Chai Kue

Berbentuk mirip dengan hakau, chai kue merupakan kue dari tepung tapioka yang berisi irisan kucai, bengkuang, keladi, kacang kedelai, rebung dan juga sayur-sayuran. Disajikan dengan saus diatasnya, chai kue bisa ditemukan di pedagang kaki lima di sekitar Jalan Gajah Mada.

Duuh, jadi pengen kan ke Pontianak. Tapi, dengan begitu banyaknya pilihan wisata kuliner di Pontianak, tak lengkap dong ya wisata ke Kalimantan tanpa mencoba makanan khas Kota Khatulistiwa ini. Nah ada 1 lagi nih yang gak kalah penting, jangan lupa untuk memesan hotel sebagai tempat istirahat setelah puas berwisata kuliner di Pontianak!

Salah satu Hotel Murah di Pontianak adalah Airy Rooms. Memiliki jaringan hotel terbesar di Indonesia, Airy rooms menjalin kerja sama dengan para partner hotel di seluruh indonesia. Dengan begitu, kita bisa mendapatkan kamar dengan harga murah dan fasilitas lengkap. Mulai dari AC, televisi layar datar, perlengkapan mandi, tempat tidur bersih, shower air hangat, air minum gratis dan WiFi Gratis.

Kita bisa memesan Airy Rooms melalui web dan smartphone. Pembayaran juga bisa dilakukan via transfer ataupun kartu kredit. Jadi, tunggu apalagi? Segera pesan hotel dan nikmati wisata kuliner di Pontianak ya 😉

10 comments

  1. falahalfal9

    wahh.. bubur pedas boleh di coba tuh, baru tau ada bubur pedas biasanya saya makan bubur yang manis-manis doank, mungkin saya nya yang kurang update soal makanan bubur ya haha..

  2. MalikDelvatinson

    pisang goreng khas pontianak ini sngat lezat sekali apabila disantap, saya pernah merasakan kemantapan pisang goreng khas pontianak tersebut, wah wah setelah selesai membaca artikel ini jadi kepengen lagi nih makan pisang goreng khas pontianak sama nyobain makanan-makanan khas pontianak lainnya.

  3. Rizki Maulida

    Dari 5 makanan yang disebutkan, saya baru nyoba pisang goreng pontianak aja. Ternyata masih banyak ya yang belum saya coba hahaha.
    Paling minat nyoba bubur pedasnya, pasti enak tuh kalau diicip-icip. Kalau di daerah Jakarta dimana ya kalau pengen nyoba makanan khas pontianak?

  4. Rizki Maulida

    Dari kelima makanan khas pontianak, saya baru nyoba pisang goreng pontianak aja.
    Paling tertarik nyoba bubur pedasnya nih, pasti enak tuh. Kalau daerah Jakarta sama Bandung dimana ya yang ada menu khas Pontianak. Terima kasih 🙂

Leave a Reply

%d bloggers like this: