Puaskan Eksplorasi Anak dengan Berkata Iya Boleh

10 Replies

Kid's Activity Parenting Pribadi Review sponsored

Sejak punya anak, saya belajar untuk mengurangi larangan-larangan saat mereka sedang bermain. Karena sepemahaman saya, larangan-larangan itu bisa mematikan rasa ingin tau anak dan membuat mereka tidak percaya diri serta membuat mereka takut untuk melakukan eksplorasi. Padahal eksplorasi yang dilakukan anak-anak itu mempengaruhi tumbuh kembang mereka.

Makanya, dari kecil Naia itu jarang saya larang dalam hal apapun. Sampai dia sempet selalu menangis setiap kali orang lain bilang “jangan”. Soalnya kalau di rumah ya saya selalu bilang “iya boleh” atau “yaudah” sambil ditemenin dan diawasi oleh saya atau saya beri perlindungan sebelumnya. Intinya saya hampir selalu membolehkan Naia eksplorasi hal apapun.

Pakai kata asal sih, which is jadinya boleh yang ada syaratnya. Tapi syaratnya ini juga bukan yang menyusahkan juga kok, dan bukan bermaksud membatasi eksplorasinya, melainkan untuk melindungi dia.

Main cat air? Boleeeh, asal di bahan2 yang sudah saya persiapkan. Main pasir? Boleeh, asal ada saya dan pasirnya gak dimakan. Main gunting? Boleeeh, asal diawasi sama saya. Pokoknya sebisa mungkin semuanya boleh asal saya yakin anak bisa terlindungi. Dengan begitu, saya jadi gak mematikan rasa ingin taunya. Kalaupun gak saya awasi, saya sudah memastikan keadaan lingkungannya aman. Bisa dibilang, rumah itu dibikin “baby proof” lah. Supaya anak bebas eksplorasi apa saja tanpa membuat kita khawatir.

Yah, secara gak langsung dengan berkata #IYABOLEH begitu, anak jadi bebas bereksplorasi dan terpuaskan rasa ingin tahunya kan?

Soalnya eksplorasi yang dilakukan anak-anak itu merupakan hal yang sangat penting loh demi perkembangan otak dan pertumbuhan mereka. Eksplorasi itu yang membuat mereka belajar. Eskplorasi itu yang membuat mereka paham dengan segala hal yang berada di sekeliling mereka. Dan eksplorasi itu juga yang membuat mereka akhirnya bisa menguasai sesuatu yang mereka sukai. Untuk itulah, saya usahakan untuk bisa selalu bilang #IYABOLEH pada anak-anak.

Nestlé DANCOW Explore Your World

Ternyata nih, Nestlé DANCOW juga percaya loh, dengan berkata “Iya boleh”, kita bisa meningkatkan rasa percaya diri anak dan mendukung anak untuk melakukan eksplorasi sepuasnya. Tindakan nyata Dancow dalam mendukung dan menyebarkan pemahaman ini adalah dengan menghadirkan Nestlé DANCOW Explore Your World di beberapa kota di Indonesia. Salah satunya adalah di Jakarta, tepatnya di Kota Kasablanka pada tanggal 29-30 April 2017 yang lalu.

Di “Explore Your World” ini, Dancow menyediakan 4 arena bermain yang berbeda. Yang kesemuanya bertujuan untuk mengasah kemampuan si kecil. Mulai dari kemampuan berbahasa, memperhatikan, mengingat, menyelesaikan masalah hingga keterampilan motoriknya.

  1. Play Park

    Seperti di play park ini misalnya. Arena ini semacam arena yang melatih motorik kasar anak karena ada wall climbing dan monkey bar. Naia dan Nawa begitu saya ajak ke sini seneng bukan main. Mereka puass main apapun di sini karena ada banyak pilihan mainan yang bisa dimainkan.

    Naia senengnya perosotan yang bentuknya bermacam-macam, kalau Nawa karena belum bisa naik-naik yang lebih tinggi, puas dengan mandi bola di bawah perosotan yang ada. Malah, mereka jadi bisa bersosialisasi dan bermain bersama anak-anak yang lain. Mengajarkan anak untuk bisa berbagi dan bermain bersama lah yaa 🙂

  2. Art Center

    Di art center, anak diajak untuk mengekspresikan dirinya melalui karya seni. Karena di sini ada aktivitas handpainting dan storytelling yang mengasah kemampuan berkreasi serta kemampuan bahasa anak-anak. Bagus juga untuk anak karena membuat anak gak takut kotor serta membuat mereka bereksplorasi dengan kreativitas masing-masing.

  3. Central Park

    Kalau di central park ini lain lagi. Di sini anak diajak untuk mengenal alam lebih dekat. Anak juga diajak untuk tidak takut dan boleh bermain hujan asal memakai perlindungan yang benar. Sebelum masuk ke arena ini, anak-anak dipinjamkan jas hujan terlebih dahulu karena akan ada “hujan” di dalam. Anak-anak seneng donk yaa main hujan-hujanan gini, walau hujannya bohongan haha.


    Ditambah lagi, ada berbagai macam warna-warni bunga serta patung-patung binatang untuk mengenalkan alam lebih dekat ke anak. Seru deh, apalagi untuk anak yang memang punya ketertarikan lebih terhadap alam ya. Mereka pasti seneng dan antusias banget berada di sini.
  4. Smart City

    Arena smart city ini mengajak anak untuk berkreasi membuat mainan untuk diletakkan di kota yang telah disediakan. Mainan ini dibuat dari lego, jadi anak bisa berkreasi sepuasnya dan berbagi dengan anak lain. Karena, lego untuk disusun disediakan di sekitar miniatur kota yang disediakan tadi. Serunya, anak bebas membuat apa saja serta menyesuaikan dengan benda atau mainan yang telah dibuat sebelumnya. Mengasah kemampuan anak berpikir, meningkatkan daya kreativitas, serta imajinasi mereka banget!

Nestlé DANCOW Advanced Excelnutri+

Oiya, acara Nestlé DANCOW Explore Your World ini juga bertujuan untuk meluncurkan Nestlé DANCOW Advanced Excelnutri+ baru yang memiliki kandungan Lactobacillus rhamnosus hingga tiga kali lipat lebih tinggi dari sebelumnya.

Seperti yang kita semua rasakan nih, kalau untuk bisa selalu bilang #IYABOLEH ini gak gampang kan ya. Kita bener-bener harus mempersiapkan kondisi lingkungan dan kondisi fisik anak-anak. Lingkungan yang baik untuk stimulus mereka, kondisi fisik yang sehat untuk melindungi mereka dari kuman-kuman penyakit dan membuat mereka selalu bersemangat untuk eksplorasi lebih banyak.

Soalnya, 3 elemen utama yang mempengaruhi tumbuh kembang anak-anak itu ya nutrisi, stimulasi, dan cinta ayah ibu. Seperti disampaikan oleh Riza Nopalas selaku Senior Brand Manager DANCOW Advanced Excelnutri+ Nestlé Indonesia.

Tuh, nutrisi disebut paling pertama kan? Karena emang faktor paling penting ya asupan nutrisi ini.

Tanpa kondisi fisik yang baik, proses pembelajaran mereka akan terganggu, eksplorasi yang mereka lakukan gak akan maksimal. Mereka bisa sakit-sakitan, lemas, atau kurang semangat dalam berkegiatan. Makanya kita harus memberi nutrisi yang optimal dan tepat untuk anak-anak.

Saya dan Naia seneng banget deh bisa diundang langsung ke arena bermain di Explore Your World ini. Malah dari malam sebelumnya Naia udah excited dan gak sabar untuk bisa segera bermain.

Begitu sampai di sana, saya kaget, ternyata antusiasme masyarakat untuk acara ini sungguh besar, jadi arena Explore Your World ini sangat ramai.

Ditambah, pagi itu ternyata diadakan lomba mewarnai juga di dalam area Dancow explore your world tersebut. Jadilah setelah saya, Naia, dan Nawa masuk, kami ikut berjejalan dengan pengunjung lain. Juga jadi bingung mau ke arena mana terlebih dahulu. Berhubung semuanya ternyata memang antri cukup panjang, akhirnya kami mengalah dan memilih untuk keluar sebentar dan makan dulu supaya perut terisi dan kondisi fisik anak-anak jadi segar lagi.

Begitu masuk kembali, Naia minum susu DANCOW Advanced Excelnutri+  5+ yang memang disediakan untuk pengunjung tepat persis di depan pintu masuk. Dia sampai habis sampai 2 gelas di sini, wehehe. Lha ya di rumah minumnya juga ini soalnya, seneng lah jadinya dia 🙂

Setelah siang dan acara lomba mewarnai selesai, pengunjung pun berkurang. Berhubung memang pintu masuk ditutup sementara karena ada acara launching DANCOW Advanced Excelnutri+ yaa. Saya lalu memutuskan untuk masuk lagi donk, berhubung acara segera dimulai juga. Begitu acara dimulai, saya mendengarkan acara sambil menemani Naia dan Nawa main.

Acara tersebut menghadirkan Donita, Ratih Ibrahim, Riza Nopalas dan dr. Bernie Mendise, SpA (K) sebagai pembicara.

Donita, ibu dari Svarga yang berusia 1 tahun 4 bulan ini mengatakan kalau ia dan suaminya juga berusaha untuk bisa selalu memperbolehkan Svarga untuk bereksplorasi. Walaupun awalnya gak mudah dan merasa khawatir, mereka belajar untuk menghilangkan kekhawatiran tersebut dengan memberikan Svarga perlindungan yang maksimal melalui asupan nutrisinya.

Lactobacillus Rhamnosus

Dengan hadirnya Dancow Advanced Excelnutri+ yang mengandung lactobacillus rhamnosus ini, perlindungan anak jadi maksimal. Karena, lactobacillus rhamnosus adalah bakteri baik yang dapat menjaga saluran pernapasan juga saluran cerna si kecil. Alasan kenapa kita harus melindungi saluran pencernaan mereka itu karena 80% daya tahan tubuh itu berasal dari saluran pencernaan soalnya.

Apa yang anak-anak makan, apa yang jadi asupan mereka itu penting dan memiliki peranan yang sangat besar dalam menjaga ketahanan tubuhnya. Makanya, yang dilindungi paling pertama ya saluran pencernaan mereka itu. Hal ini disampaikan langsung oleh dokter spesialis tumbuh kembang anak, dr. Bernie Mendise, SpA (K).

Di acara ini, secara gak langsung Dancow juga mengajarkan untuk melakukan perlindungan dari dalam dan dari luar. Dari dalam berupa Dancow Advanced Excelnutri+, dari luar berupa peralatan yang sesuai untuk melindungi anak-anak. Kayak di central park yang tadi udah saya jelaskan, sebelum masuk anak-anak diberi jas hujan untuk melindungi dirinya dari hujan buatan. Dengan perlindungan tersebut, kita sebagai orangtua jadi gak khawatir untuk bilang “Iya boleh” ke anak.

Anw, walau explore your world tetap terlihat penuh, antrian di setiap arena jadi berkurang juga dan jadi lebih cepat. Tetep aja sih, Naia cuma sempet ke play park, central park, photo booth, sama memerah “susu” sapi. Gak sempet ke smart city dan art center, huhuhu.

Tapi gapapa, Naia juga excited sama central parknya, karena ada hujan buatannya itu looh, hehe. Tadinya Nawa masih saya gendong selagi mengikuti kakaknya main di central park. Lama-lama saya turunkan juga karena dia tertarik dengan patung kelinci yang ada. Akhirnya kami eksplorasi central park rame-rame deh. Setelah ini, baru Naia “memerah” susu sapi. Oiya, setelah memerah susu sapi ini, Naia berbisik ke saya “mah, mah, itu cuma air putih loh”. Hahaha, namanya juga sapi boongan kak, ya susunya juga boongan deh, hehehe.

Overall, Nestlé DANCOW Explore Your World bagus karena bisa semakin meyakinkan orangtua untuk memberi anak perlindungan maksimal agar bisa selalu bilang #IYABOLEH demi eksplorasi mereka 😉

Tenang ajaa, Nestlé DANCOW Explore Your World gak cuma hadir di Jakarta kok. Sebelumnya juga sudah hadir di Medan (29-30 Maret) dan Surabaya (1-2 April). Jadi akan hadir juga di kota-kota lainnya, yaitu Semarang (5-6 Agustus), Solo (9- 10 September) dan Makassar (7-8 Oktober).

Ikutan deeh, biar semakin yakin untuk memuaskan eksplorasi anak dengan berkata “Iya, boleh”, hihi. Liat info lebih lengkapnya dulu deh di https://www.dancow.co.id/dpc/IYABOLEH/ kalau mau tau lebih banyak 😉

10 comments

  1. Sandra Nova

    Aku termasuk ibu yg sering bilang jangan hahahaha XD tapi sekarang udah mulai mengurangi, karena raya keliatan suka takut2 kalau ngelakuin sesuatu. sekarang lbh sering bilang Iya Boleh biar perkembangan raya lebih maksimal 😀

  2. Asikaja

    kalau main hujan2an, #IyaBoleh tapi abis itu mandi air hangat & ganti baju.. anak2 boleh eksplorasi tapi orang tua tetap menjaga dan melindungi anak dengan semaksimal mungkin 😀

Leave a Reply

%d bloggers like this: