#Familife: Pengeluaran Terbesar Selama Ramadhan

4 Replies

Family Life Keluarga

Ini pasti udah pada bisa nebak deh semua. Iyap, apalagi kan selain BUKA BERSAMA, hahahahah. Padahal sih keliatannya bagus ya bulan Ramadhan, puasa sebulan penuh, bisa menghemat pengeluaran untuk makan siang apalagi ngemil pagi atau sore. Tapi gak taunya malah tambah boros, huahaha.

Abis gimana ya, kadang acara bukber gitu-gitu juga disambi sekalian reuni sih. Dan memang seringnya ajang reuni ya setahun sekalinya ya di bulan Ramadhan aja. Kerasa spesial aja kan gitu, buka bersama sekalian reuni. Bulan lainnya kenapa gak kepikiran buat ngumpul ya karena gak ada eventnya. Inii, eventnya sebulan penuh, bisa kapan aja jadinya mau reunian. Iya gak?

Baca punya Noni di sini ya:
Pengeluaran Terboros Selama Ramadhan

Udah gitu tempatnya suka yang kekinian pulak, yang harga makanannya lumayanan. Gimana jadi gak boros ye kan. Jenis makanannya juga makin macem-macem, mulai dari makanan Indonesia sampai makanan korea. Belum kalau tempatnya sekalian di mall. Ada mainan anaknya, plus mata jadi liat sana sini gatel mau belanja. Pengeluarannya jadi bukan cuma beli makan buat buka aja, tapi sampingannya jadi banyak, wekekek.

Walau saya udah jarang sih sekarang buka bersama di luar gitu. Beda sama jaman belum nikah dulu. Apalagi udah punya anak 2, beneran makin mikir-mikir buat keluar buka bersama. Soalnya, mesti deh pulangnya bakal malem. Anak-anak bakal tidur di perjalanan pulang. Itu juga kalau belum ketiduran duluan ya, haha. Kadang emang waktunya tidur masih melek ya karena kondisinya belum kondisi untuk tidur, jadi waktu tidurnya bergeser jadi lebih malem deh, uhuhuhu

Etapi sebenernya udah jarang juga sih dapet undangan bukber gitu, wekekek. Alhamdulillah yah.

Meskipun begitu, tetep aje, walau udah jarang undangan bukber, sayanya yang ngadain bukber sendiri karena bosen buka di rumah terus, hahaha. Apalagi jadi sekalian refreshing dari nguplek ngurusin anak2 seharian.

 

Eh, eniwei selain bukber, apa aja sih sebenernya pengeluaran terbesar selama Ramadhan ini?

Baju Lebaran

Ini buat yang emang biasa beli baju lebaran ya. Dan saya termasuk di antaranya, hueheheheh. Entah ya, walau gapapa juga gak beli sih, karena yaa kan masih ada baju yang lama yang bisa dipake. Tapi seringnya ya gitu, jadi kesempatan buat beli baju lagi karena perasaannya seneng-seneng gimanaa gitu. Udah beli baju yang khusus dipersiapkan untuk hari yang spesial. Pasti pada ngerasain juga deh gimana senengnya pake baju baru pertama kali di hari Lebaran. Ya kan? Ya kaaann? 😀

Walau di bulan-bulan lainnya juga beli baju, kayaknya gak ada yang ngalahin perasaan spesialnya baju baru di hari lebaran kan? hehe.

Tapi ini biasanya juga di hari-hari terakhir sih baru pada belanja baju, yaa setelah THR turun lah yaa. Walau THR alokasinya gak cuma buat baju lebaran sik, hee

Baca juga: THR untuk apa saja?

Belanja Takjil

Ini mirip2 bukber ya. Tapi ini harusnya bisa ditahan lagi, karena salah satu fungsi puasa kan ya menahan hawa nafsu *uhuk. Termasuk menahan nafsu untuk beli banyak Takjil. Tapi jarang banget bisa tercapai, buhuuuu. Keseringan udah kepengen ini itu beli berapa jenis, begitu buka yang dimakan cuma 2 atau 3 jenis aja, kan jadi mubazir. Siapa yang suka gini juga hayooo, hehehe.

Tapi sekarang udah jarang juga sih saya mah. Udah lebih mikir kondisi kapasitas perut saya yang memang gak sebesar dulu juga. Jadi, lebih mikir aja kalau saya biasanya cuma cukup untuk 2 takjil aja, untuk nanti menyisakan ruang untuk makan besar. Plus jangan sampe kekenyangan karena untuk sholat jadi susah kalo kekenyangan, suka begah, huhuhu.

Beli Kue Kering

Kalau dulu sih gak pernah beli ya, soalnya mama bikin sendiri di rumah. Begitu nikah juga gak beli, ya kan ada mama mertua sama mama, wekekek. Biasanya lebaran juga di rumah mama lanjut ke mama mertua, belum pernah lebaran di rumah sendiri. Jadi yaa, hampir gak ngeluarin apa-apa untuk kue kering ini.

Tapi sebagai anak yang baik *uhuk, saya mulai ngebeliin aja mama sama mama mertua kue kering juga. Walau mereka udah punya, yaa itung2 nambahin untuk nyuguhin tamu. Apalagi kita juga seneng ngemilin kue kering. Buat cadangan setelah lebaran laaah.

Ah atau saya bisa beliin bahan2 kue untuk mama, yang selanjutnya beliau racik deh tuh jadi kue2 kering. Biasanya jadinya lebih banyak. Bisa buat saya sama buat mama mertua juga.

Jadinya yes banget lah kue kering ini jadi salah satu pengeluaran terbesar bulan Ramadhan juga 😀

Hmmm.. Apalagi ya kira2. Kalau saya rasanya segini aja deh. Kalau kalian gimana? kira2 apa pengeluaran terbesar saat Ramadhan nih? Share ya di komen 😉

 

4 comments

  1. ayanapunya

    setuju banget nih sama poin-poinnya. bukber sekarang biasanya diadakan di hotel-hotel gitu. kalau datang sendiri sih masih sanggup. lah kalau datangnya sama pasangan ya mikir banget deh buat ikutan

  2. rahmiaziza

    Akupun tahun ini punya baju lebaran baru yeayy, setelah tiga apa empat tahunan ini bajunya yang itu2 melulu hiihi. Kalo aku sih sama aja pengeluarannya paling ya persiapan buat angpau nanti pas lebaran aja, itu yang jadi terasa besar hahaha.

Leave a Reply

%d bloggers like this: