Review Buku: Juz Amma for Kids

Comment

Uncategorized

Yeay review buku lagi. Tapi kali ini bukan buku baru, buku yang udah cukup lama Naia punya. Dan ini juga bukunya bukan yang beli sendiri, tapi karena jadi followers ke 10ribu nya BIP Gramedia. Sungguh sangat beruntung ya Alhamdulillah. ?

Waktu itu surprised banget sih, apalagi ternyata buku yang dikirim buanyak banget. Juz Amma for kids ini salah satunya. Kebetulan banget banget Naia juga lagi mulai menghafal Juz Amma, jadi ngerasa bermanfaat sekali punya buku ini.

Isi bukunya bukan cuma kumpulan surat-surat Al Quran Juz 30 saja, tapi ada cerita menarik di tiap suratnya. Ada 2 cerita tiap surat, satu cerita sebab musababnya surat tersebut diturunkan, yang satu dongeng akhlak, yang berhubungan dengan isi surat tersebut tentunya.

Nah, buat anak sekecil Nawa yang belum bisa membaca ataupun menghafal surat surat Al Quran, kita bisa bacain ceritanya aja. Hitung-hitung memperkenalkan Al Quran ke anak juga ya, sekaligus menumbuhkan ketertarikan ke mereka akan indahnya surat-surat Al Quran. Kalau sudah tertarik, sangat mungkin anak jadi lebih mudah menghafal nantinya ?

Untuk segede Naia, buku ini bisa banget dijadikan untuk bantuan dia menghafal surat-surat Al Quran. Seperti yang memang selama ini udah dilakukan sih. Kebetulan di sekolah juga Naia diajak untuk menghafal surat-surat di Juz 30 ini ya. Jadi hampir setiap malam kami mengulang hafalan Naia sambil ditemani buku ini. Biasanya dia baca bagian tulisan cetaknya karena belum bisa membaca tulisan arabnya.

Setelah atau sebelum menghafal, dia biasanya tertarik untuk membaca cerita-cerita yang ada. Atau malah minta dibacakan oleh kami (saya dan Ilman) untuk bacain ceritanya. Dengan adanya cerita di tiap surat begini, jadi bikin anak makin inget dengan isi surat yang sedang mereka hafal. Isi loh ya, bukan artinya, hee.

Kayak beberapa waktu yang lalu, Naia lagi seneng sama cerita Gajah & Raja Abrahah. Nah, saat saya sedang menceritakan itu, dia nyeletuk deh. Ma, ini kan surat Al Fiil ya ma ya. Saya jawab, “iya ka, bener!” sambil agak lebay xp Terus dia baca deh surat Al Fiil nya sampai selesai. ?

Saya jadi bersyukur banget dikasih buku ini waktu itu. Ngerasa beruntuuunnngg banget. Karena kalau waktu itu gk dapet, mungkin belum tentu kepikiran ya dan belum tentu ngeliat buku ini di toko buku gitu. Belum tentu keliatan di toko buku yaa, hehe.

Naia juga seneng kan punya stok cerita banyak banget kayak gini. Hitung-hitung untuk dia belajar membaca cerita yang lebih banyak tulisannya semacam cerpen gini, bukan melulu bentuk komik.. Jadi belajar bacanya emang bertahap ya. Mulai dari cerita sederhana yang 80% gambar, 20% huruf lalu lanjut ke komik, baru ke bentuk cerpen gini. ?

Oiya, buat yang penasaran sama harganya, saya juga gk tau, uhuhu. Berhubung dari awal juga udah saya sebut ya kalau ini dapet, bukan beli, jadi gk tau harganya berapa ? *brb googling

Leave a Reply

%d bloggers like this: