Penghilang Jerawat Alami: Masker Putih Telur

18 Replies

Beauty Pribadi Review

Jadi ya, beberapa bulan lalu, tepatnya sekitar akhir tahun lalu itu muka saya agak bermasalah, khususnya karena jerawat (selain wajah kusam, huhu). Nah, itu tuh karena saya salah atau gak cocok pakai skin care. Emang deh ya skin care itu ya cocok-cocokkan juga, yang cocok dan bagus untuk yang lain belum tentu bagus di muka kita.

Nah, tadinya sempet nyoba obat jerawat nu skin yang e-poch itu, tapi kok saya ngerasa dan penasaran sendiri, ada gak ya yang bukan berbahan kimia gitu, yang alami-alami aja lah gitu. Eh, malah nemu artikel beberapa masker alami yang bisa dibuat sendiri dengan kegunaan yang berbeda-beda. Berhubung saya percaya dengan yang alami dan pernah ngerasain sendiri pakai bahan dapur (bawang putih lebih tepatnya) bisa mengobati kaki saya yang kena kutil, saya juga jadi yakin pasti di wajah juga bisa pakai bahan-bahan alami.

Beberapa Masker Alami

Di artikel itu nemu deh yang buat menghilangkan jerawat, baik yang besar maupun yang kecil semacam jerawat batu gitu. Oiya, ini beberapa masker yang saya inget dari artikel tersebut.

  1. Masker Tomat.

    Kegunaannya untuk menghilangkan jerawat. Cara pakainya tinggal potong tomat, tipis aja gak usah tebel2, terus udah deh langsung usap ke wajah. Tunggu beberapa menit sampai kering, lalu bilas. Ini hasilnya gak instan, sungguh harus sabar. Sebulan pemakaian rutin (3-4x seminggu, atau tiap hari juga bisa sih) baru terlihat jerawat-jerawat kecilnya hilang. Jerawat besar terlihat kempes sekitar beberapa hari sampai seminggu.

  2. Masker Pepaya.

    Kegunaannya sebagai pemutih wajah. Nah, yang ini belum saya coba, pengen sih, tapi masih asik dan ngerutinin pakai masker yang sekarang dulu, hehe. Ini caranya dengan mencampur puree pepaya muda dan pepaya matang lalu diberi madu sedikit. Udah deh, pakai seperti pakai masker biasa. 10-15 menit bilas.

  3. Masker Pisang.

    Kegunaannya untuk melembabkan kulit dan tampak glowing. Ini pernah saya coba sekali. Namanya baru sekali ya belum terlihat hasilnya, hehe. Ini pisangnya juga dihancurkan aja terus dicampur madu, udah deh pakai ke muka. Begitu abis pake ada sensasi kulitnya kenyal kenyal gimanaa gitu sih. Enak juga wangi pisang 😀

  4. Masker Putih Telur.

    Kegunaannya juga untuk menghilangkan jerawat. Cara pakainya cukup campur putih telur dengan madu. Nah, sama saya, saya modifikasi ditambahin minyak zaitun, wekekek. Enak, sehabis pemakaian muka rasanya lebih kencang. Kalau lagi ada jerawat yang mau tumbuh juga 2-3 hari langsung kempes. Oiya, selain itu, kayaknya ini juga bisa dibuat detoksifikasi juga ya. Soalnya awal-awal pake tuh muncul bruntusan gitu, gak yang sampai mengganggu kok, cuma kayak jerawat yang kecil keciil gitu kayak jerawat batu. Tapi 2-3 hari juga udah hilang lagi. Kalau menilik dari teori detoksifikasi sih ini mungkin membersihkan sisa-sisa bahan kimia dari skin care atau cream-cream yang pernah kita pakai sebelumnya yaa. Jadi dikeluarkan dulu baru dibersihkan gitu sama si masker ini 🙂

Sebenernya ada beberapa lagi, tapi saya lupa karena belum nyobain, hee. Terus juga, monmaap niih ya, saya lupa link artikelnya, huhuhu. Ingetnya dari situs beauty-beautyan gitu kok, coba googling aja deh, hee.

Nah, di artikel itu kan ada 2 masker yang kegunaannya bisa untuk menghilangkan jerawat ya. Awalnya saya pakai masker tomat. Tapi lama kelamaan beralih ke masker telur. Walau lebih gampang tomat dalam persiapannya, tapi entah kenapa malah setia sama si putih telur ini, hehehe.

Masker Putih Telur

Awalnya saya bikin ini bener-bener dari 1 butir telur yang kuningnya dipisahin, tinggal putihnya aja yang saya pakai, saya campur deh dengan 1 sdt madu. Tapi setelah dipakai, ternyata muka saya tidak sebesar itu, hahaha. Jadilah itu campuran yang tadi saya buat masih tersisa buanyak. Akhirnya saya pakai deh setiap hari, seminggu baru habis, hehe. Jadi ini sekalian deh menjawab pertanyaan: bisa disimpan di kulkas gak? Bisa. Berapa lama? Seminggu maksimal. Setelah itu udah gak bagus.

Tapi lebih bagus lagi pakai yang segar donk ya pasti. Jadi akhir-akhir ini saya pakainya ya yang segar. Begitu mau pakai baru buka telur yang baru, ambil putihnya sedikiiitt aja, campur sama madu dan minyak zaitun, udah deh pake. Eh, tapi itu juga bisa 2-3 kali pemakaian deng (dengan asumsi dipakai setiap hari, kalau 3x seminggu aja ya lebih dikit lagi putih telur yang disisihkan :D). Pokoknya yang jelas, gak jadi kebanyakan lagi aja, gak pakai 1 butir telur dan disimpan terlalu lama gitu.

Oiya,, awal-awal pemakaian sih saya pakainya campuran putih telur dan madu saja. Itu juga udah terlihat hasilnya dalam seminggu, jerawat pada kempes, bruntusan pada ilang. Enak lah. Itu dengan pemakaian setiap hari sih tapi. Akhir-akhir ini saya gak pakai setiap hari lagi, 2-3 hari sekali aja. Terus itu juga dicampur dengan minyak zaitun. Karena kepikiran aja, eh ini ngaruh gak ya kalau dicampur sama minyak zaitun, efeknya jadi gimana ya? Ternyataaa, efeknyaa bikin wajah lebih lembab juga, enak. Bukan berminyak ya tapi lembab.

Oiya, awal-awal emang agak jijik gitu ya karena di muka jadi lengket banget dan agak amis. Tapi lama kelamaan jadi biasa aja, malah sehabis dibilas tuh wajah terasa kencang, enak lah pokoknya. Amisnya? Udah berkurang karena pencampuran madu dan minyak zaitun tadi. Oiya, bilasnya pakai air hangat ya, biar maskernya tuntas bersihnya 😉

So, highly recommended lah ini masker alami dari putih telur ini. Dan jadi punya 3 keuntungan donk ya:

  1. Mudah didapat
  2. Murah meriah
  3. Hasil pasti (tapi gak instan, harus sabar, karena bisa 3 minggu sampai 2 bulanan baru terlihat hasilnya dengan pemakaian rutin)

Jadi, segitu aja sih pengalaman saya pakai masker yang alami gini untuk mengatasi masalah jerawat di wajah, hehehe. Semoga membantu yaa untuk yang sedang kebingungan dengan masalah jerawat di wajah 😉

18 comments

  1. gita siwi

    aku juga suka pakai putih telur madu dan zaitun. Kalau zaitun habis ganti masker tomat. Akh yang alami pun tak kalau segar efeknya ke muka dengan produksi pabrik ya

  2. Dita Indrihapsari

    Waaa, iya bahannya ada di dapur semua, nih. Bisa langsung praktek.. Hihi aku termasuk yang jarang banget maskeran. Kalau pun maskeran yang langsung jadi. Males buat.. Haha.. Tapi pankapan pingin juga ah nyobain yang alami gini. Kalau buat muka kusam biar glowing jadinya pakai pisang atau pepaya ya mba..

  3. April Hamsa

    Katanya bisa buat angkat komedo juga si masker telur ini? Tapi blm sempet jajal sih hehe.
    Soalnya itu td khawatir amis, eh alasannya khawatir anak2 rempong, duh dah lama gak maskeran huhuhu, kudu dicoba nih 😀
    TFS resep maskernya

  4. Annisa Nurami

    infonya bermanfaat banget. dulu pernah coba yang masker tomat wajah jadi kenyal. pengen nyoba masker putih telur tapi takt bau amis. setelah baca ini penasaran pengen coba. thanks mba

  5. Kalingga Ajeng

    Saya pernah coba kak masker putih telur, tapi belum pernah coba dengan modif dicampur madu dengan minyak zaitun. Akan saya coba kak. Terima kasih informasinya yang sangat membantu.

Leave a Reply

%d bloggers like this: