Category Archives: Kehamilan

Drama ASI dan Pelajaran Dari Menyusui

Sebenernya sih ya waktu menyusui Naia, saya mah ngerasa gak banyak drama, hahaha *sombong*. Soalnya Alhamdulillah banget lancaaarrr jaya ASI saya keluarnyah. Malah waktu itu mah belum terpapar, eh baru sedikit deng, sama pengetahuan seluk beluk ASI. Tapi saya mah udah PD banget banget buat pasti bisa ngasih ASI buat Naia. Soalnya mendengar cerita ibu saya dan mertua juga lancar-lancar aja kok menyusuinya, jadi ya saya berpikir pemberian ASI itu hal yang lumrah dan terjadi alami begitu saja. Jadi ya gitu deh, berhasil berhasil aja dan sama sekali gak ada dalam pikiran saya kemungkinan saya gak bisa ngasih ASI. Jadi, no drama banget deh cerita ASI saya sampai saya berhasil menyapih *lalu pada close tab, gak dilanjutin baca xp*

Baca juga: Panggilan kakak dan pertimbangan memberi adik

Eh, paling-paling sih ada lah ya beberapa cerita saat saya memberi ASI ke Naia, kayak yang gagal IMD sampai payudara bengkak. Anggap saja itu termasuk drama ASI juga lah yaa 😀 Continue reading

Published by:

Tips Menjaga Kulit Sehat saat Hamil

Di kehamilan kedua ini saya gak mau banget mengulang kesalahan di kehamilan pertama. Soalnya kesalahan itu berbekas banget dan bikin jadi sedikit gak PD depan suami. Apalagi setelah saya baca-baca juga bekasnya gk akan bisa hilang, hanya bisa tersamarkan. Makanya begitu lahiran saya langsung cari tau gimana caranya menyamarkan bekasnya ini, ya setidaknya gak terlihat terlalu jelas banget kan yaa.

Kesalahan itu bernama strecthmark, wehehe. Dan saya gak nyalahin stretchmarknya sih, tapi nyalahin diri saya sendiri, huaa. Saya nyesel aja kenapa waktu itu gak kepikiran kalau apa yang saya lakukan bikin strecthmark gitu, baik di bagian perut maupun di bagian tubuh lainnya. Saat perut saya meregang karena bayinya tambah membesar, itu rasanya gateeeel banget. Dan yes, bukan cuma di perut, tapi di paha dan bokong juga gak kalah gatelnya. Ya reflek donk ya kalau gatel gitu digaruk, rasanya ya enak. Gatel emang obatnya digaruk kan? Dan ya gitu deh, menggaruk perut dan bagian yang gatel akhirnya jadi hobi karena gak tahan banget. Eh, gak taunyaaaa… belum lahiran aja stretchmarknya udah banyak T___T Continue reading

Published by:

Panggilan “Kakak” dan Pertimbangan Memberi Adik

Infografis Kehamilan Keluarga Parenting

“Naia, mandi dulu yuk terus kita main!”
“Kakak ma!”
“Oiya, kakak, maaf ya. Kakak Naia, mandi dulu yuk terus kita main!”
Naia langsung mau bergerak dan senyum-senyum dipanggil kakak xp

Di lain waktu

“De, ayo sikat gigi dulu, kan udah mau tidur”
“Kakaaaaakk!”, jawab Naia sambil setengah teriak xp
“Oiya, kakak Naia.., sikat gigi yuk, kan udah mau tidur” sambil senyum

Kakak Naia

Begitulah, akhir-akhir ini Naia pengennya dipanggil kakaaak melulu, haha. Berhubung…

Published by:

Memahami Seluk Beluk ASI di Seminar Laktasi, New Mom New You

Kehamilan Keluarga Review
Seminar Laktasi, New Mom New You

Seminar Laktasi, New Mom New You

Nih ya, waktu jaman saya hamil Naia, saya sama sekali gak berusaha loh buat nyari tau gimana cara melancarkan ASI dan segala seluk beluk ASI, kayak gak peduli gitu deh sama pengetahuan lebih mendalam tentang ASI. Tapi walau begitu, Alhamdulillahnya ASI saya lancarrr jaya banget! Naia bisa langsung menyusu setelah lahir (gak IMD sih, tapi begitu rooming in, dia langsung menyusu sebanyak-banyaknya ke saya) sehingga bisa ASI eksklusif selama 6 bulan, dan akhirnya bisa menyelesaikan masa susuannya sampai 2 tahun *eh, kurang 2 bulan sih*.

Di kehamilan kedua ini, setelah melihat banyaknya peperangan ASI vs sufor, saya…

Published by:

Pengalaman Memakai IUD

Kehamilan Pribadi

Saat saya melahirkan Naia 3 tahun yang lalu, tepatnya tahun 2012, selang 2 bulan kemudian saya langsung memutuskan untuk menggunakan alat kontrasepsi. Bukan apa-apa, cuma mau mengatur jarak umur anak aja sih. Plus saat melahirkan Naia kebetulan saya melakukan operasi caesar, makanya gak mau ambil resiko untuk gak pakai alat kontrasepsi, hehe.

Apa itu IUD?

Nah, dari jauh sebelumnya, dalam merencanakan penggunaan alat kontrasepsi ini memang saya sudah kekeuh akan memilih IUD (Intra Uterine Device), nama bekennya sih KB spiral. Walaupun bentuknya sekarang udah banyak yang bukan spiral lagi tapi berbentuk T, kebanyakan orang masih menyebutnya spiral, hehe. Saya juga seringnya menjawab KB spiral saat ditanya menggunakan KB apa sih, hihi.

Saya memilih IUD ini karena

Published by:

Jadwal Dokter JMC

Hobi Kehamilan Keluarga

Khususnya dokter kandungan dan dokter anak, hehe

Karena saya dan suami selalu lupa sama jadwal dokter kandungan saya (untuk kontrol KB) dan jadwal dokter anak (untuk imunisasi Naia), kita jadi selalu megang kertas dari JMC yang isinya jadwal semua dokter 😀

Nah, untuk jaga-jaga aja dan biar kita berdua tetep bisa ngeliat walaupun gak megang kertas itu, saya masukin blog aja deh. ~Siapa tau ada yang butuh juga.

klik gambar untuk memperbesar ya 😉

Yap yap, yang saya kotakin merah itu dokter anak buat Naia (dr. Rebecca Dinar) dan dokter kandungan untuk saya (dr. Shinta Utami Sp. Og).

Oh iya, gigi saya ada yang bolong tapi sampe sekarang lupa mulu untuk ditambel. Sekalian masukin jadwalnya juga deh biar bisa diliat sewaktu2 😀

Published by:
%d bloggers like this: