Category Archives: Parenting

Apa itu Neuropsikologi?

Keluarga Parenting Pribadi

Salah satu resolusi keluarga kami, saya dan Ilman, adalah untuk bisa belajar lebih banyak lagi di tahun ini. Bukan tahun ini aja sih sebetulnya, tapi dari tahun lalu dan sampai tahun-tahun mendatang pun pasti ada 1 hal ini dalam resolusi kami. Untuk kemudian dievaluasi lagi tiap akhir tahun, sebanyak apa kami tahun itu belajar dan belajar hal apa saja.

Baca juga: Resolusi Keluarga 2017

Alhamdulillah awal tahun ini saya punya kesempatan untuk bisa belajar lebih banyak lagi tentang Ibu Profesional, yang sebetulnya pernah saya ikuti beberapa tahun lalu melalui kuliah onlinenya. Tapi sayang ada 1 hal yang masih belum ada saat itu, yaitu kekonsistenan serta komitmen yang kuat untuk selalu mengikuti setiap tahapan kuliah onlinenya. Jadilah sekarang begitu ada kuliah via WhatsApp, tanpa pikir panjang lagi saya ikutan. Yang insyaAllah sudah diniatkan untuk bisa lebih berkomitmen dan sabar mengikuti tahapan perkuliahannya 🙂

Nah, di kuliah itu, Matrikulasi Institut Ibu Profesional namanya, setiap minggu akan ada semacam pekerjaan rumah yang disebut “Nice HomeWork” dan disingkat NHW. NHW ini yang nantinya dijadikan syarat kelulusan. Hihihi, ada lulus-lulusan segala, karena namanya kuliah 😀 Plus supaya terlihat gitu kan komitmennya sekuat apa untuk mengikuti kuliah ini. Continue reading

Published by:

Boneka Little Pony, Buku, dan Pelajaran Keuangan untuk Anak

Buku di sini adalah buku bikinan Naia sendiri, wekekek. Jadi seminggu yang lalu, kita (saya dan Ilman) dapet progress report dari sekolah Naia. Di situ gurunya Naia bilang kalau dia suka sekali menggambar, di sekolah setiap istirahat atau ada waktu luang, dia lebih memilih menggambar. Walau kalau main di luar sama temen mah tetep maunya main ya, tapi saat di kelas ya gitu. Apalagi kata gurunya gambar Naia sudah “bercerita”, jadi walau menggambar sedikit, tapi Naia bisa menceritakan gambarnya panjang lebar. Continue reading

Published by:

Aktifitas Berhitung di #PlayfulWednesday

Hoalaaa, udah lama gak ngeblog. Udah hampir sebulan kayaknya yaa. Aah, bener kan sebulan dari postingan terakhir, huhuhu. Ini sih namanya hiatus ya, hiatus ngeblog selama sebulan. Karena apa? Karena menyelesaikan 1 dan 2 hal lainnya (baca: bikin kalender untuk sekolahan Naia yang menyita cukup banyak waktu). Ternyata bikin kalender ituh lamaaaa, hahaha. Yaudah lah ya, yang penting saatnya kembali lagi, yeaa *tebar confetti*

Continue reading

Published by:

Perkembangan Nawa

Keluarga Parenting Pribadi

Huaaa, udah 8 bulan baru mau ngomongin segala perkembangan Nawa selama ini, hahaha. Habisnya, maunya dan niatnya sih tiap bulan ya bikin perkembangan Nawa itu udah apa aja, tapi yah gitu lah saya mah, kadang cuma berujung jadi niat doank, haha. Yang terealisasi palingan postingan perlengkapan bayi baru lahir aja, huee.

Baca juga: Ide Hadiah Lahiran

Yaudah lah ya, sekarang ceritanya mau ngerangkum gitu perkembangan Nawa tiap bulan apa aja. Yes, mulai dari bulan pertama, hihihi.

1 Bulan

Kenapa 0 bulannya enggak ya? Karena belum bisa apa-apa juga, kerjaannya ya cuma tidur, melek bentar beberapa menit, terus tidur lagi, udah. 1 bulan tuh udah mulai yang ngelirik-ngelirik saat ada orang di hadapannya, mengikuti gerak cahaya, juga menengok ke arah datangnya suara. Di umur ini, selain ngasih stimulus berupa sering bercerita, saya juga ngasih berbagai warna-warna kontras. Karena warna-warna kontras akan mengirimkan sinyal visual lebih kuat ke otak anak, jadi bagus untuk perkembangan penglihatan mereka di umur segini 😉 Continue reading

Published by:

Agar Anak Bangun Lebih Pagi

Ih gak kerasa banget yah anak udah gede aja, huhuhu. Naia udah mulai sekolah, huhuhu. Dia mulai sekolah sejak tanggal 20 Juli lalu.

Sebetulnya sebelum mulai sekolah saya agak was-was gimanaa gitu. Soalnya Naia ini kalau pagi bangunnya hampir gak pernah barengan saya atau suami yang pagi-pagi gitu, mesti deh paling cepet jam 8 pagi. Lha kan sekolahnya masuk jam 7.30, gak mungkin donk kalau harus gitu terus. Continue reading

Published by:

#FamilyTalk #47: Mandiri

Sejak umur 2 tahunan tuh Naia maunya apa-apa sendiri. Apalagi sejak tau mau jadi kakak, beuh udah deh kita mah kalah lah. Mau sikat gigi sendiri, mau pake sepatu sendiri, bahkan milih baju sendiri. Walau kadang bikin kita gak sabar karena…. lama, huhuhu.

Baca punya Icha di sini ya:
Belajar Mandiri Continue reading

Published by:
%d bloggers like this: