Momopururu » Blog Archives

Tag Archives: MPASI

Yang Disuka dari 4 in 1 Healthy Baby Food Maker Avent

Huaah, udah 4 (hampir 5) bulan ini Nawa mulai MPASI euy. Buat saya, masak MPASI itu kok makan waktu banget yak, hahaha. Jadinya sering banget masak sampai 2 atau 3 porsi biar praktis. Alhamdulillah sih sampai saat ini Nawa juga makannya banyak dan dia mau dan tertarik dengan makanan apa saja.

Tapi  ya, sebelum Nawa 6 bulan itu saya dag dig dug banget tentang MPASInya ini. Soalnya gak mau kejadian Naia berulang, beratnya kurang. Hal ini beneran jadi trauma yang menghantui banget. Makanya sekarang juga tiap kali ngerasa Nawa agak enteng selalu saya timbang sekedar untuk ngecek beratnya turun atau enggak dan bertambah atau enggak. Gitu gitu lah. Continue reading

Published by:
Hobi Keluarga

Makan Enaaak..!!!

Yak, yak, kemarin saya dan keluarga benar-benar makan enaaak.. hohoho

Bukan, bukan makan enak di luar ataupun di restoran mahal, tapi makan di rumah dan makan masakan saya sendiri, hehe.

Jadi pagi-pagi itu saya masak mie goreng dengan bumbu sendiri, mienya mie telor loh ya bukan indomie. Nah, saya merasa kemarin benar-benar memiliki semangat yang luar biasa untuk masak, jadinya saya puass banget dengan hasil masakannya. Dan ternyata emang enak luar biasa, hehe.

Teruus, yang gak kalah enaknya lagi, malam hari saya masak pasta. Awalnya mau bikin spagheti dari spagethi sisa yang cuma sedikit dan bikin saus barbeque sendiri ~benar-benar dalam semangat yang luar biasa untuk masak, jadi niat banget bikin sausnya sendiri :D~. Nah, karena kita rasa kurang banget spagethi sisa yang ada, akhirnya ditambahin sama 1 bungkus macaroni deh, biar sekalian buat Naia juga. Iya, Naia juga makan macaroni pake saus tomat. Saus tomatnya bikinan saya sendiri juga, enak loh *mengagumi hasil masakan sendiri* :p

Yak, hasilnya benar-benar bikin saya puaas…!!! Suami dan Naia sampe nambah-nambah. Suami dengan porsinya yang banyak, Naia dengan porsinya yang sedikit-sedikit. Nih hasil masakan saya semalam *norak*:

Jadi, dengan kepuasan itu saya nyatakanlah kemarin kita benar-benar makan enak!

Oiya, mau berbagi juga ah resep saus barbeque dan saus tomat bikinan sendirinya 😀

Saus barbeque:

Bahan-bahan:

  • Bawang putih ~cukup 1 atau 2 siung~
  • Bawang bombay
  • Saus tomat
  • Saus sambal
  • Garam
  • Kaldu ~ayam atau sapi~, kebetulan kemarin saya pakai kaldu ayam
  • Larutan maizena ~untuk mengentalkan~
  • Isian ~bisa apa saja, daging giling, ayam, sayur, dsb~, kebetulan kemarin isian saya cukup banyak, yaitu daging ayam, jagung, wortel, dan jamur

Cara masak:

  • Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum
  • Tambahkan isian
  • Masukkan garam
  • Tambahkan air kaldu, tunggu sampai mendidih
  • Tambahkan saus tomat dan saus sambal ~perbanyak saus tomat, saus sambal sedikit saja~
  • Tambahkan larutan maizena, tunggu sampai mengental, angkat
  • Selesai! 😀

Saus tomat untuk Naia ~bayi 11 bulan~

Bahan-bahan:

  • Tomat segar
  • Bawang putih ~cukup 1/3 atau 1/4 siung~
  • Garam, sedikit saja
  • Kaldu ~ayam atau sapi~
  • Larutan maizena
  • Isian ~bisa apa saja juga~, kebetulan kemarin isiannya sama kaya kita, yaitu daging ayam, jagung, wortel, dan jamur

Cara masak:

  • Blender tomat segar dengan air kaldu ~jadi jus tomat kaldu~
  • Blender isian, bisa juga gak usah diblender kalau anak sudah bisa mengunyah
  • Tumis bawang putih sampai harum
  • Masukkan isian
  • Masukkan garam sedikit, jangan sampai terlalu asin
  • Tambahkan jus tomat kaldu, tunggu sampai mendidih
  • Tambahkan larutan maizena, tunggu sampai mengental, angkat
  • Selesai! 😀

Sebenernya dari saus tomat Naia, isian yang ingin diblender itu cuma jagung dan wortel saja (berhubung dia udah bisa ngunyah sedikit-sedikit dan sudah bisa mengunyah daging ayam yang disuir serta jamur yang empuk) dan itupun diblender bersama tomat. Tapii, waktu ngeblender tomat, saya lupa masukin jagung dan wortelnya. Akhirnya waktu masak saya masukin berupa potongan-potongan kecil saja dan baru setelah sausnya jadi saya blender kasar lagi, hehe. Yah, yang penting jadinya masakannya enak!!! 😀

Published by:
%d bloggers like this: