Jadwal Menu Masakan

5 Replies

Hobi Keluarga

Bikin jadwal menu masakan harian bikin rajin masak lho, khususnya sih untuk saya ya ๐Ÿ˜›

Jadwal Menu

Jadwal Menu

Sebelum nikah saya jaraaang sekali masak, bahkan hampir gak pernah. Makanya waktu mau nikah juga saya wanti-wanti ke calon suami kalo saya gak bisa masak, eheheh. Biar suami gak berharap banyak dengan makanan yang saya masak. ๐Ÿ˜› Alhamdulillahnya suami mengerti dan mauuu banget bantuin saya masak, meng-encourageย setiap masakan yang saya masak, mengkritik atau ngasih saran akan masakan saya, dsb yang dilakukan agar masakan saya lebih baik.

Awal-awal nikah sih cukup rajin masak, itu juga yang simple-simple banget. Tapi seiring perkembangan waktu saya jadi jarang masak lagi, rajin masaknya bertahan 1 atau 2 bulan kali yak ๐Ÿ˜› Karena malas dan bingung mau masak apa sih setiap harinya. Ya walaupun ada buku resep masakan yang segede gaban itu, tetep aja saya bingung. Apalagi kalo bahan makanan yang ada itu-itu aja, jadinya ya gak variasi deh makanannya.

Kitab Resep Masakan

Kitab Resep Masakan

Begitu punya anak, tetep aja begitu keadaannya. Kalau niat saya lagi timbul dan semangat banget ya saya masak, tapi kalo enggak ya gak masak ๐Ÿ˜› Atau kalo niat ada tapi gak semangat, saya paling masak yang simple (sesimple mie goreng, nasi goreng atau sekedar telor ceplok, heheheh)

Akhir tahun lalu, saya dan suami ikut seminar parenting dan pembawanya membahas mensiasati anak ย biar mau makan adalah dengan cara membuat jadwal menu harian, dan yang memutuskan menunya ya anak-anak sendiri. Saya dan suami setuju dengan ide itu dan ingin diterapkan nanti ketika anak-anak sudah mengerti.

Tapii, saya mikir lagi, kenapa gak dibiasain dari sekarang aja, dimulai dari saya dan suami yang menentukan. Mungkin saja dengan begitu saya bisa jadi rajin masak dan gak kebingungan lagi pengen masak apa ๐Ÿ˜›

Akhirnya baru deh minggu ini kita bikin jadwal menu harian di kertas beserta bahan belanjaan yang mau dibeli selama seminggu itu. Alhamdulillah udah 3 hari ini kita berhasil mengikuti jadwal itu, hehe. Dan, dari masakan yang biasanya cuma 1 lauk 1 sayur, sekarang jadi bisa 2 lauk dan 1 sayur deh.

Menu Seminggu

Menu Seminggu

Dengan bikin jadwal kaya gini, gizi kita makin banyak dan seimbang, makanan makin variatif, dan saya juga jadi gak males masak ๐Ÿ˜€

Mudah-mudahan cara ini bisa kita lakukan seterusnya sama anak2 nanti. Aamiin…

5 comments

  1. Pingback: Meningkatkan Gizi Keluarga | momopururu

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: