[Parenting] Cara Berjuang

4 Replies

Keluarga Parenting

Mengajari anak cara berjuang adalah dengan memperlihatkan kemampuan terbaik kita sebagai orangtua. Disaat kita melakukan segalanya secara maksimal, barulah kita mengerti dan tau bagaimana cara mengembangkan dan mengajarkan anak kita bagaimana cara berjuang. Di milis yang saya ikuti ada kata-kata dari admin yang saya sukai.

Orang tua yang gak mau berjuang untuk dirinya sendiri, gak bisa diandalkan untuk menemani anaknya berjuang.

Berjuang untuk diri sendiri adalah awal untuk bisa mengajarkan dan menemani anak berjuang. Kalau kita tidak pernah tau rasanya berjuang secara maksimal, kita tidak akan pernah bisa mengajarkan hal itu pada anak kita kan?

Beberapa hari yang lalu juga saya melihat ada iklan komersial yang maknanya sangat bagus. Iklan tersebut akhirnya menjadi video favorit saya sekarang karena secara tidak langsung memberikan pengajaran parenting bagi kita para orangtua. Disaat anak ingin berkompetisi, baik dalam hal olahraga atau sekedar permainan biasa, saya ingin kita (saya dan suami) tidak mengalah. Ada kan orangtua yang mengalah demi anaknya senang? Saya tidak mau begitu. Saya ingin dia merasakan rasa kecewa karena kalah dan rasa ingin terus berjuang agar akhirnya berhasil mengalahkan kita. Disaat dia sudah memiliki karakter berjuang, karakter itu akan dibawanya di lingkungan yang akan dihadapi kelak.

Saat dia berhasil mengalahkanku, saat itulah aku menang.

Pertama kali saya belajar agar tidak mengalah dengan anak adalah saat saya menonton video nina from japan. Sampai saat ini cara pengasuhan ayah dan ibunya masih kami jadikan salah satu role model dalam gaya pengasuhan kami.

Jadi orangtua memang jadi punya banyak kesempatan untuk belajar banyak lagi.

4 comments

  1. Pingback: #FamilyTalk #11: Karena Kalah itu Belajar | Momopururu

  2. Pingback: #FamilyTalk #14: Menjadi Ibu Terbaik – Momopururu

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: