Ngeblog Dengan Jujur

7 Replies

Pribadi

Pertama banget saya mulai ngeblog niatnya semata-mata karena ikut-ikutan temen plus menggantikan diary fisik saya yang memang sudah akan habis dengan diary online.

writing

credits

Terus akhir-akhir ini kok saya kayak kehilangan arah gitu yah *hayah*. Dengan banyaknya blog-blog yang mengkhususkan isinya dengan berbagai tema. Ada yang blog isinya tentang parenting semua, ada yang mengenai pelajaran keuangan, atau tutorial blog, atau hal lainnya deh yang bisa dibagi. Saya ceritanya mau ikut-ikutan, tapi kok ya gak bisa ya.

Memang ada satu hal yang bertambah sih dalam pikiran saya. Saya mau blog saya berisi konten yang positif saja, malah kalau bisa sekalian memberi manfaat ke banyak orang. Saya sudah memulainya sih dengan membuat postingan berseri mengenai kebiasaan orang tua yang bisa membuat anak berperilaku buruk. Semoga saya bisa konsisten sampai serinya habis dan bisa menulis hal bermanfaat lainnya.

Tapi lagi-lagi, mau mengisi blog dengan hal  yang bermanfaat tidak serta merta membuat saya mengkhususkan tema di blog ini. Tadinya sih mau, tapi ujung-ujungnya tetap saja kembali pada cerita keseharian saya, wehehe.

Nah, akhir-akhir ini saya kehilangan esensi dari ngeblog itu sendiri karena lupa tujuan sebenarnya untuk apa. Emangnya ngeblog buat apa? Awal saya ngeblog itu mau ngapain sih? Saya pribadi sih ngeblog ya untuk menuliskan segala yang kita pikirkan dan membagi segala hal yang kita tau.

Karena awalnya saya membuat blog untuk menggantikan diary, jadinya saya menuliskan keseharian saja deh, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan saya yang memberi manfaat sedikit ataupun banyak. Saya sempat ikut-ikutan blogger yang menjadikan blognya sebagai salah satu sarana mendapatkan uang tambahan, entah dari iklan atau dari lomba-lomba blog. Iya, lomba blog, banyak tuh lomba blog yang udah saya ikuti. Ya gak ada yang salahnya sih dengan menjadikan blog kita sarana penghasil uang tambahan. Boeh banget malah. Sayanya aja yang merasa ternyata itu bukan saya.

Maksudnya bukan diri saya itu, terkadang ada lomba blog yang padahal saya bukan penyuka atau pengguna produknya. Tapi, demi mengincar hadiah, atau mengincar agar lebih dikenal, yasudah saya beli atau mencari tau seluk beluknya deh. Tapi rasanyaaa, tulisannya kok jadi gak jujur yah, jadi bukan saya banget. X(

Beberapa lomba blog yang saya sangat senang sudah ikut berpartisipasi bisa saya hitung loh. Di beberapa tulisan, saya sangat tidak peduli akan menang atau kalah. Saya sudah puas, sangat puas malah dengan membagi ceritanya, karena ya memang begitulah yang saya rasakan. Ini beberapanya:

Dengan melihat sudah cukup banyak rasanya postingan yang agak dibuat-buat, saya merasa seperti kehilangan jati diri. Jadi, mulai sekarang saya mau lebih apa adanya lagi saja ah. Ngeblog dengan jujur, bukan yang dibuat-buat. Lomba blog okee lah selagi saya sempat dan kebetulan saya memang berhubungan dengan penyelenggara. Entah saya memakai produknya atau pernah merasakan jasanya. Kalau menang Alhamdulillah, kalau enggak yasudah. Toh memang begitulah perasaan saya terhadap si penyelenggara (produk atau jasa) itu.

Jadi Isti, mari ngeblog dengan jujur *ngomong ke diri sendiri*.

7 comments

  1. bukanbocahbiasa

    IMHO nih mak, karena blog emang bukan media massa yang “serius” jadi ya terserah si empunya blog sih, mau isi blognya kaya bigimane. Belakangan, saya juga sering ngerasa “postingan ini bukan gue banget” nih… tapi ya sutralaaahh… hihihi…. Btw, ini lomba apaan ya mak? *kepo detected*

    1. istianasutanti

      karena blog emang bukan media massa yang “serius” jadi ya terserah si empunya blog sih -> iya, emang, betul banget. tapi di sini saya ngomongin blog saya makanya dimasukkan di kategori pribadi juga 😀

      plus, ini bukan postingan lomba kok :D. saya aja yang lagi mengingatkan diri sendiri buat balik lagi ngeblog seadanya, hehe

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: