Brain Child

Comment

Parenting Review

brainchild

image credits

Judul: Brain Child – Cara Pintar Membuat Anak Menjadi Pintar
Karangan: Tony Buzan
Tahun: 2003
Rating: 4/5

Preview

Tahukah anda jumlah sel otak anak saat dilahirkan mencapai 166 kali lipat jumlah seluruh manusia yang saat ini tinggal di planet kita? Jumlahnya yang juta-jutaan itu membuat kemampuan otak anak sungguh tak terbatas. Tetapi, kemampuan tersebut harus diasah, dirangsang, dan diberi lingkungan yang tepat agar bisa digunakan secara maksimal.

Ini adalah buku petunjuk bagi para orangtua untuk membimbing anak agar mereka memanfaatkan setiap sel otaknya secara optimal. Di dalamnya terdapat cara-cara untuk:

  • Menggali potensi otak anak
  • Membesarkan anak agar menjadi pribadi yang bahagia dan percaya diri
  • Melatih kecerdasan majemuk anak
  • Berbagi keceriaan bersama anak dengan menggunakan permainan memori, keterampilan berhitung, dan Mind Map berwarna

Melalui buku ini, Tony Buzan mengajak Anda menempuh sebuah perjalanan mengasyikkan untuk menyusuri seluk beluk otak anak dan memunculkan kegeniusannya yang selama ini terpendam.

***

Buku ini sudah saya baca sejak saya lahiran. Untuk mengisi waktu di rumah gitu selain mengurus Naia, hehe.

Buku ini membahas semua hal mengenai bagaimana otak anak *otak manusia sih lebih tepatnya* bekerja, bagaimana pandangan anak terhadap apapun. Membuat kita, saya khususnya, sebagai orangtua muda “disadarkan” mengenai betapa menakjubkannya otak anak kita. Membuat kita percaya bahwa setiap anak itu dilahirkan pintar. Dan memang begitulah kenyataannya. Tugas kitalah sebagai orang tua untuk menjaga kepintaran dan kehebatan otak mereka.

Banyak cerita menarik dari banyak orang terkenal, walaupun banyak juga cerita dari anak lainnya. Einstein dan Leonardo da Vinci salah duanya. Dan di setiap bab ada bagian menarik, yaitu bagian petunjuk hal-hal yang harus kita lakukan untuk mendukung otaknya yang cemerlang itu.

Saya mendapat cukup banyak pengetahuan baru dari buku ini. Bukan hanya tentang otak anak bekerja saja, tapi melainkan banyak hal. Saya baru mengetahui dengan jelas apa itu pygmalion effect , pentingnya Mind Map, juga tentang prinsip TEFCAS. Kapan-kapan saya jelaskan aah di blog apa arti ketiga hal yang saya sebut itu 😀

Pengenalan dan pembahasan tentang otak anak secara fisik dalam buku ini sebenarnya hanya terdapat di bagian pertama yaitu “otak”. Bagian tersebut memberi informasi tentang bagaimana sel otak bekerja dan fungsi-fungsinya. Bagian lainnya merupakan pengembangan dan pemahaman hal-hal mendasar lainnya dari anak-anak. Seperti di bagian kedua yang membahas tentang “keunikan” setiap anak dan bagian ketiga yang membahas tentang “prinsip-prinsip otak”. Di bagian ketiga inilah yang membuat saya semakin terkagum akan menakjubkannya otak setiap manusia, terutama otak anak.

Nah, panduan dalam bagaimana memanfaatkan waktu yang dimiliki untuk mengembangkan otak anak yang menakjubkan ini ada di bagian terakhir, bagian “proses belajar”. Dari bagaimana mengasah rasa ingin tahunya semakin berkembang hingga melatihnya kedisiplinan mental. Pastinya membuat kita semakin mengerti dan mengenal serta bisa berpikir bagaimana anak-anak kita berpikir. Walaupun pasti kita akan selalu dikejutkan dengan pemikiran anak-anak yang tidak jarang out of the box alias sangat tidak biasa setiap harinya. Bersiaplah memandang anak dengan cara yang berbeda setelah membaca buku ini. 😉

Leave a Reply

%d bloggers like this: