Ideku Untuk PLN: Meningkatkan Kebermanfaatan untuk Masyarakat

12 Replies

Lomba Blog

Malam itu hujan tidak begitu deras mendera rumah mertua yang kami inapi. Karena hujannya hanya rintik-rintik, mertua tidak begitu khawatir dengan anggota keluarga yang belum lengkap di rumah karena belum pulang dari aktivitasnya masing-masing. Pun tidak begitu khawatir dengan adanya kemungkinan mati listrik karena petir menyambar. ~ya karena gak ada petir juga, judulnya aja hujan rintik-rintik xp~

Namun, kami dikagetkan dengan kabar dari adik ipar kalau terjadi kebakaran di rumah depan tepat di kabel listrik yang membentang di atas rumah tetangga kami. Saat kami ikut menyaksikan kejadian itu, kebakarannya ternyata tidak besar, hanya terjadi percikan api sedikit-sedikit dan sering serta terbakarnya kabel dekat tiang listrik. Namun demikian, bahaya kan kalau tidak segera dihentikan apinya. Kejadian seperti itu berpotensi menyebabkan kebakaran rumah bukan? Akhirnya suami pun menelepon PLN agar mereka mengirimkan orang untuk memeriksa kabel-kabel tersebut. Setelah menelepon, tidak sampai 15 menit, terlihat mobil PLN datang. Mereka segera bergerak untuk mematikan api yang ada. Keesokan harinya mereka mengganti kabel yang terbakar itu.

Melihat cepatnya pelayanan PLN ini, saya sungguh punya rasa optimis bagi perkembangan pelistrikan. Pasalnya, saya merasakan pelayanan yang cepat dan ramah ini sudah beberapa kali, bukan hanya hari itu saja. Namun, seperti kutipan yang sudah sering kita dengar “No body’s perfect”, begitu pula PLN. Masih cukup banyak yang perlu PLN benahi dan tingkatkan.

Saya cukup bangga juga karena PLN sudah banyak berupaya demi meningkatnya kualitas serta pelayanannya. Mereka terus berupaya mensosialisasikan gerakan penghematan listrik serta mengupayakan beberapa energi alternatif. Bahkan, tahun kemarin, PLN juga mengkampanyekan PLN bersih. Hal itu menandakan PLN ingin selalu memperbaiki wajahnya serta meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Untuk menyambut hari listrik nasional tanggal 27  Oktober nanti, kita diberi kesempatan memberi ide dan gagasan untuk PLN demi semakin meningkatnya pelayanan, kualitas, serta pelistrikan di Indonesia. Mengetahui hal itu dada saya langsung berdebar. Bukan karena banyaknya ide yang muncul, tapi karena semakin kagum akan kinerja PLN dan sebisa mungkin saya ingin berpartisipasi dalam memberikan ide tersebut yang saya tuangkan dalam postingan blog kali ini.

Mempersering Perawatan Infrastruktur Listrik

Kejadian yang saya ceritakan di atas, bisa disebabkan mungkin karena kabelnya sudah terkelupas sedikit sehingga mudah terjadi arus pendek yang mengakibatkan munculnya percikan api. Bukan tidak mungkin hal itulah yang sering menjadi penyebab banyaknya kebakaran saat terjadi hujan. Nah, infrastruktur yang kurang terjaga tersebut sungguh banyak perlu diperbaiki.

Maintenance

Maintenance

Image Credits

Demi menghindari kejadian serupa, ada baiknya PLN memperbanyak kunjungan ke berbagai wilayah demi merawat kabel-kabel atau tiang listrik yang ada. Memang sih akan membutuhkan waktu yang panjang serta karyawan yang banyak untuk sering-sering merawat dan mengecek sambungan-sambungan kabel apakah masih baik atau tidak. Namun demikian, hal tersebut lebih menurunkan resiko kerugian para masyarakat sekitar bukan? Kebermanfaatan PLN akan lebih terasa dan lebih dinikmati oleh banyak masyarakat kan? 😉

Memperbanyak Sosialisasi Penghematan Listrik

Sampai saat ini sih saya sudah pernah mendengar PLN melakukan sosialisasi ke berbagai lapisan masyarakat demi menghemat listrik. Tapi, saya masih belum pernah merasakan apalagi mendenger cerita langsungnya. Oleh sebab itu keluarga saya serta lingkungan sekitar masih susah untuk menghemat listrik. Masih banyak sekali yang menggunakan listrik pada alat yang sebetulnya tidak terpakai. Seperti televisi  yang terus menyala sepanjang malam dan lampu yang terus menyala di dalam rumah juga sepanjang malam.

Untuk itu, rasanya perlu sekali PLN memperbanyak sosialisasi penghematan listrik seperti ini. Selain hemat listrik menghemat biaya, sumber energi untuk menghasilkan listriknya juga bisa semakin lama umurnya. Lagi-lagi kebermanfaatan PLN akan semakin terasa dan PLN bisa semakin dikenal baik oleh masyarakat.

Membuat sayembara sosialisasi

Bisa juga PLN membuat semacam sayembara atau lomba sosialisasi. Peserta adalah tim yang melaksanakan sosialisasi ke tempat-tempat terdekat mereka. Setiap peserta yang melakukan sosialisasi terbanyak dalam sebulan bisa mendapat kompensasi atau hadiah yang cukup menarik. Selain membuat semakin menyebar dan semakin banyaknya masyarakat yang sadar akan pentingnya penghematan listrik, cara ini juga menghemat waktu, tenaga, serta biaya dari PLN sendiri untuk melakukan sosialisasinya kan? 😉

Lakukan Pengawasan Teratur

Pengawasan ini dilakukan demi menghindari terjadinya banyak listrik yang “dicolong”. Dengan teratur mengawasi dan menangkap pelaku-pelaku pencuri listrik ini, PLN telah membuktikan juga kalau mereka tegas dan semakin bersih. 🙂

—–

Rasanya hanya itu ide sederhana yang terbersit dalam kepala saya saat ini. Semoga dengan begini, PLN bisa terus maju dan bisa semakin dipercaya oleh masyarakat.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba “IdeKU Untuk PLN

Lomba Blog Ideku untuk PLN

Lomba Blog Ideku untuk PLN

12 comments

  1. rodamemn

    sederhana dan mengena ya mak, mantap, semoga PLN mendengarkan ide2 brilian para blogger senusantara untuk perbaikan dan pengembangannya kedepan aamiin 🙂 aku juga ikutan mampir ya mak 🙂

      1. rodamemn

        alhamdulillah makasih mak, iya mak, berasa banyak banget yang pengen disumbangin untuk PLN mengingat beban mereka yang juga berat 🙂 semoga kelak PLN makin berjaya menyejahterakan rakyat melalui listrik.

  2. Rinrin Irma

    di tempat saya juga pernah mak… korsleting di gardu sampai meledak dan menimbulkan percikan api… mana di bawahnya ada tukang bensin, serem.. untung petugas PLN cepat datang dan kebakaran yang lebih besar bisa dihindari.

  3. niniksetyarini

    aku pernah mengalami sendiri Mbak, saat itu pagi hari barengan sama anak2 mau berangkat skul, tiba2 ada percikan api dari tiang listrik depan rumah, untung PLN segera datang….
    tapi paniknya itu lho yg gak nguatin, mana tiang listriknya nempel sama pager hihihi

    1. istianasutanti

      Emang mak, waktu itu juga panik, ngeri aja gitu kebakaran, huhu. Alhamdulillahnya warganya bertindak juga nyingkirin dedaunan yang ada di jalan api itu jadi apinya gak menjalar kemana-mana. x)

Leave a Reply

%d bloggers like this: