Ngemil Lebih Banyak, Makan Lebih Banyak

7 Replies

Keluarga Review

Naia itu makannya sedikiiit banget deh porsinya. Saya juga heran apa kenyang ya dia kalo kayak gitu. Mungkin sih kenyang, tapi kan nutrisinya jadi kurang. Ya iya aja kalau ternyata beratnya juga kurang, ya karena makan dalam porsi sedikit tadi itu lah, huhuhu. Padahal mah saya udah semangat buanget deh bikin makanan macem-macem, kreasi MPASI gitu. Tapi setiap dibikinin kok ya dia seringnya menolak ya, hiks. Walaupun ada juga sih yang akhirnya dimakan. Tapi karena keseringan ditolak, saya sempet jadi gak semangat lagi bikinin macem-macem. :'(

Makanya otak saya harus bekerja lebih keras lagi supaya menemukan solusi kreatif lainnya dalam menghadapi problem makan Naia ini. Mulai dari selalu meningkatkan semangat buat bikin segala MPASI sampai memberinya cemilan-cemilan bergizi. Soalnya, masalah makan ini sempat membuat Naia itu kecil banget, malah termasuk dalam balita dengan berat badan kurang. T_T

Terapi Susu Khusus

Nah, setelah Naia diperiksakan ke dokter gizi, saya makin males masak sebetulnya. Huaaa, kenapa bisa gitu yak?

Karena waktu itu, untuk mengejar beratnya yang kurang, dokternya menyarankan untuk minum susu saja seharian itu tanpa makan. Pastinya susu khusus ya, dan porsinya banyak serta sering. Awalnya sih Naia doyan, tapi lama kelamaan bosen juga kan yaa minum itu-itu terus, hee.

Cemilan Sehat

Akhirnya sekarang-sekarang saya kombinasikan lagi deh. Minum susu iya, makan juga saya perbaiki lagi jadwalnya jadi lebih teratur. Alhamdulillah banget dengan bantuan suami yang strict dalam masalah makan Naia ini, sayanya juga bisa lebih teratur ngasih makan dan inisiatif bikin ataupun beli cemilan buat Naia.

Naia Ngemil Milna

Naia Ngemil

Iyaa, cemilan juga termasuk. Karena ajaibnya si Naia ini kalau makin banyak makan cemilan, makan utamanya juga makin banyak. Suami membantu banget nih dalam hal ini. Mulai dari mengingatkan untuk memberi cemilan di sela jam makannya, hingga menyarankan kreasi makanan buat Naia. Malah dia juga membelikan saya buku-buku resep masakan (walaupun pada akhirnya saya tetap masak sesuka saya tanpa melihat resep xp).

Biskuit & Puding Milna

Salah satu cemilan yang sering saya berikan ke Naia itu cemilan-cemilan dari Kalbe Nutritional yaitu Milna. Kenapa saya pilih Milna ya?

Milna

Karena Milna itu termasuk MPASI fortifikasi. Fortifikasi itu penambahan zat gizi mikro, seperti vitamin dan mineral pada bahan pangan agar bahan tersebut mengandung gizi 2 sampai 3 kali lebih banyak. Misalnya saja, dalam 30 gram tepung beras, bisa mengandung 0.1 mg zat besi. Sementara 30 gram tepung beras susu yang telah difortifikasi zat besi, mampu menampung 2.25 mg zat besi. Jauh lebih banyak kan gizinya? Makanya, diharapkan MPASI fortifikasi ini bisa membantu anak menyerap lebih banyak gizi juga di 1000 hari pertama pertumbuhannya.

Sebelum 1 tahunan sih, Naia nyemilnya biskuit yang bisa dilarutkan jadi bubur bayi juga. Tapi setelah itu, setidaknya setelah giginya numbuh semua ya, saya memberinya biskuit Milna Toddler. Yang rasanya ternyata uenakk, hahaha. Mama papanya juga doyan. Pernah malah cemilannya yang ngabisin ya mama papanya saat pagi xp.

Naia 8 Bulan Ngemil Milna

Naia 8 Bulan Ngemil Milna

Eh tapi selain biskuit, saya juga lumayan suka bikinin Naia puding-pudingan gitu. Tadinya sih pakai puding biasa aja ya, buat siapapun bisa gitu. Tapi, begitu liat Milna juga ada dalam bentuk puding, ya saya juga nyobain akhirnya buat Naia. Dan ternyata lagi-lagi dia suka donk. Yasudah lah saya nyetok aja di rumah buat sesekali bikinin dia puding 😀

Puding Roti

Once in a while, saya juga bikin puding roti. Namanya saja puding ya, jadi ini memang semacam puding, namun bahan utamanya adalah roti. Awalnya sih suami yang bikin, karena ini memang resep dari ibunya. Naia cukup doyan puding roti ini. Tapi, karena Naia juga bosenan, saya gak sering-sering bikin ini. Biar dia kangen dulu rasanya yaa baru saya bikinin, hehe.

Buah

Selain biskuit dan puding, saya juga biasa memberinya buah sih. Apalagi kalau lagi iseng ya, saya bikin aja es buah biar kita semua makan. Naia juga lebih seneng makan semua buahnya kalau dibikin es begitu. Kita senang, anakpun senang, hihihi.

Selain dimakan langsung dan dijadikan es buah, Naia juga cukup senang kalau saya membuat jus. Iyes, jus buah. Makanya blender selalu tersedia di meja makan biar sewaktu-waktu saya bisa bikinin Naia jus. Jus favoritnya adalah jus Alpukat. 🙂

Kreasi MPASI

Sekarang mulai terlihat sih hasilnya dengan rajin ngasih cemilan serta memperbaiki jadwal makan Naia. Beratnya nambah sedikit demi sedikit. Setiap kali liat angka timbangan Naia  yang bertambah, saya dan papanya senangnya minta ampun dah. Tapi ya semoga Naia sehat selalu juga  yaa. Soalnya kalau sakit, beratnya bisa turun drastis, hiks. Berat badan yang udah susah payah dicapai, turun dalam waktu singkat itu sakitnya di sini *tunjuk mata xp*

Dengan nafsu makan Naia yang membaik sekarang ini, saya beneran jadi semangat lagi memberinya macam-macam makanan, memasak sendiri lagi lah gitu, hehe. Semoga sih buku resep yang suami berikan bisa makin sering saya gunakan. 😀

Sekarang-sekarang sih saya beneran udah mulai rajin masak lagi. Terkadang saya memasak bola-bola nasi atau omelet mie telor gitu untuk Naia. Apa cuma itu ya kreasi MPASI yang bisa saya bikin, hihihi xp

Makan sambil Bermain

Walaupun kata kebanyakan orang tidak boleh ya anak diberi makan sambil bermain ini. Tapi, saya mendapati makannya akan lebih banyak dengan sambil bermain. Karena, saat anak sedang asik bermain gitu, secara tidak dia sadari saya bisa terus menyuapinya dengan makanan. Dia akan berhenti setelah merasa kenyang. Alhamdulillahnya terhenti setelah makanan juga hampir habis, terkadang malah habis.

Selain bermain sendiri, dia juga lebih banyak dan lebih bernafsu makannya kalau ada temannya. Makanya kalau tetangga yang seumur Naia main, saya suka memberinya makan juga, jadilah makan bareng dia dan Naia, hahaha.

Jarang Sakit

Alhamdulillahnya sih Naia selalu sehat. Enggak selalu juga sih, terkadang sakit juga. Tapi, walaupun dilanda sakit, sakitnya itu jarang dan Alhamdulillah cepat disembuhkan. Ini yang membuat saya tenang walau badannya kecil. Karena kata dokter, berat yang kecil mungkin juga karena keturunan, yang paling penting sih anaknya sehat dan aktif.

Yes, Naia aktif main sama teman-temannya, juga main di rumah. Sedikit banyak saya memberinya stimulus dengan permainan-permainan yang merangsang perkembangan otaknya, juga merangsang aktifitas fisiknya. Malah dia bikin geng tuh sama temen-temennya, hahaha.

Geng Motor Naia

Geng Motor Naia

*Foto Naia dan geng motornya ini bisa kali ya ikutan kompetisi bayi hebat Milna 2015, hihihi.

Bayi Hebat Milna

Akhirnya bener lah sekarang sediakan saja cemilan. Walaupun gak ditawarin, Naia pasti bakal minta sendiri kalau melihat ada makanan, hehe. Dengan ngemil lebih banyak gini, makan utamanya Naia juga jadi lebih banyak soalnya, jadi yah, sok atuh nak ngemil yang buanyaaak yah. Mama udah nyetokin yang banyak juga niiih buat kamu :*

Stok Biskuit & Puding Milna

Stok Biskuit & Puding Milna

7 comments

  1. Tarry KittyHolic

    Sepertinya kita punya masalah yang sama ya mak. Tapi sejak di sapih 3 bulan lalu makannya lumayan banyak, Sekarang umur 28 bulan berat 10.9 kg tapi yg penting anaknya sehat dan aktif. :).

Leave a Reply

%d bloggers like this: