Bahagia Itu Bersyukur

23 Replies

Pribadi

Kalau bisa dibilang, apa rahasia buat jadi bahagia, saya akan jawab bersyukurSeriously, you have to be grateful to see what you’ve had now. Then, you realize how many that you have. Then, you’re gonna be happy. Gak habis-habis kalau kita bersyukur saat bahagia saja karena ya gimana mau bahagia kalau gak bisa melihat hidup ini indah, gimana mau bahagia kalau gak bisa bersyukur?

Apa  yang dipunya sekarang terasa kuraaang terus kalau yang dicari itu bahagianya duluan, bukan bersyukurnya duluan. Walau jujur, emang bersyukur itu suliiit sekali, terlebih saat kekurangan. Mengatur keuangan rasanya udah dag dig dug dari awal bulan, cukup atau enggak. Kalau bersyukur dan bisa menerima apa yang ada, insyaAllah akan cukup terus, entah dari mana saja datangnya rejeki tambahan itu.

Kita bekerja tuk bersyukur, menegakkan taat, & berbagi manfaat. Tapi rizqi tak selalu terletak di pekerjaan kita; Allah taruh sekehendakNya.

-Salim A. Fillah-

Baca: Masalah Rizky

Bahkan rejeki itu juga bukan hanya sekedar materi. Rejeki itu bukan hanya sekedar gaji besar, rumah mewah, mobil bejibun. Bukan, bukan itu. Rejeki itu bisa bermacam bentuknya. Rejeki itu bisa hadir dalam bentuk apa saja. Kesehatan, kelapangan hati, keleluasaan beribadah, keluarga yang sakinah mawadah wa rahmah (aamiin). Pasangan yang setia dan anak yang selalu lucu pun termasuk rejeki. Jadi masih selalu heran sama orang yang memaknai rejeki sesempit banyaknya materi yang dia punya. Karena rejeki gak sesempit itu, buat saya.

Pun, saat berlebih, bersyukur juga tetap sulit. Terutama berlebih dalam hal materi. Bersyukur saat berlebih itu buat saya adalah gak jadi terbawa oleh gaya hidup yang meningkat juga, yang masih belum bisa saya lakukan. Bersyukur saat berlebih itu buat saya gimana caranya kita tetap bisa mempertahankan gaya hidup, gimana supaya yang ditingkatkan itu adalah bagian “memberi”nya. Karena Allah memberi kelebihan agar kita bisa berbagi. Allah mungkin memberi bagian orang lain itu lewat kita. Allah memberi kelebihan materi itu mungkin agar kita bisa selalu bermanfaat untuk orang lain, agar kita bisa membahagiakan orang lain.

Raise Standard Of Giving

Jadi, sesungguhnya bersyukur itu sulit, walau mudah diucapkan. Ya sesimpel mengucap hamdalah memang, tapi apa kita sudah paham betul maknanya?

So, for me, the secret to be happy is being grateful. Yep, happy to be grateful, not grateful to be happy. See the difference kan? 

Jadi, gimana kalian memaknai kebahagiaan? 😀

Fa-biayyi alaa’i Rabbi kuma tukadzdzi ban

Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

23 comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: