[Little Science Project] Telur Tenggelam dan Mengambang

11 Replies

Kid's Activity Playful Wednesday
Percobaan Telur

Ish, beneran yah seminggu itu cepeeett banget, hahaha.

Dan yeaay, sekarang hari Rabu lagii.. Dan mainan yang mau saya bahas lagi-lagi sedikit science, hehe. Percobaan sederhana lagi gitu yang bikin anak penasaran ini kenapa yaa dan itu kenapa yaaa.

Judulnya begitu karena memang telur bisa mengambang dan tenggelam, tergantung apa hayo? Mari dilanjut bacaa 😉

 

Percobaan Telur

Percobaan Telur

Bahan yang dibutuhkan gampaaang banget, lagi-lagi yang biasa ditemui di rumah. Cuma butuh air segelas, telur, dan garam. Simple kaan? Oiya, telurnya telur mentah kok, jadi ini dimainkan ya sama orang tua ya 🙂

Nah, kalau sudah semua terkumpul, mulai deh percobaannya. Pertama, masukkan telur terlebih dahulu ke dalam air segelas tadi. Lihat deh gimana keadaannya. Telurnya tenggelam atau mengapung kira2?

Kedua, coba sekarang masukkan beberapa sendok garam ke dalam air segelas tadi. Iyes, harus cukup banyak lho! 😀

Baru deh, ketiga, masukkan lagi telur tadi. Sekarang apa yang terjadi?

Perbedaan telur yang tenggelam dan mengapung ini lagi-lagi karena massa jenis. Air yang tidak diberi garam kerapatannya lebih renggang dari telur, makanya telurnya akan tenggelam. Begitu ditambah garam, kerapatannya jadi berkali-kali lipat dan jadi lebih rapat dari telur, jadi deh telur itu bisa mengapung. Begituuu

Palingan sih seumur Naia juga baru amazed sama apa yang terjadi yaa, hehe. Tapi tetap saya jelaskan sih itu kenapa bisa mengapung. Ya sekarang dia kalau ditanya kenapa telurnya bisa mengapung, paling karena airnya dikasih garam, hihihi.

Selamat bermain!

11 comments

    1. istianasutanti Post author

      semacam itu, haha.
      anw, kok aku gak bisa terus siih buka nurulinayah, huhuhu. udah beberapa kali pengen ke sana, gak bisa terus, masalah provider internet apa ya 🙁

  1. okkyoctora

    wah bisa diaplikasikan ke anak anak ya bun hehe. bisa juga diajak sambil bermain ke laut, karena saya rasa percobaan ini juga berlaku ke manusia hehe. kan manusia di laut terapung 🙂

  2. BangKoor

    Yang kyk gini nih yang biasanya bisa bikin anak demen sama science

    Dulu saya sukanya sama percobaan pake magnet, mbak. Penasaran terus kenapa bisa begitu

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: