Balita dan Tugas Rumah Tangga

3 Replies

Kid's Activity Parenting Pribadi sponsored

Penting gak sih kita mengenalkan balita pada tugas-tugas rumah yang biasa dikerjakan? Buat saya sih penting ya, supaya mereka kenal dan paham akan tnggung jawab. Selain itu mereka juga bisa paham kalau semuanya butuh dirawatKayak baju kalau gak dicuci ya akan kotor terus, rumah kalau gak disapu ya ngeres, gitu gitu deh, hehe.

Tapi sebetulnya, yang namanya balita itu kan memang rasa ingin tahunya besar banget yah, jadi tanpa dikenalkan pun, kalau mereka melihat kita mengerjakan tugas-tugas rumah itu, ya mereka mau ikutan. “Ikutaan” *if you know what I mean xp*. Saat mereka excited gitu mau “membantu” kita mengerjakan tugas rumah, jangan langsung dilarang karena takut pekerjaannya malah jadi berantakan ya, biarkan aja mereka melakukan dulu. Kalau kurang rapi atau kurang bersih ya kita rapikan lagi nanti, hehe. Itulah makanya kalau punya balita mah emang jangan berharap rumah rapi kinclong cucian beres semua sih, lower the expectation about living in a tidy home deh 😀

Nah, buat saya, ya sama gitu juga, kalau Naia sedang semangat membantu melakukan tugas rumah, yaudahlah saya berikan atau saya biarkan saja dia mengerjakan itu terlebih dahulu. Memang lah yaa kurang rapi dan kurang bersih, namanya juga masih belajar. Itung-itung semua tugas rumah itu merangsang perkembangan motoriknya ya kan, hehe. Dan saya mah udah nyerah deh sama rumah rapi, gak berharap banyak dengan punya anak balita gini. Apalagi sekarang malah 2 anak di rumah XD

Baca juga: Bye Rumah Rapi

Nih saya list deh beberapa tugas rumah yang semangat dilakukan Naia dan bisa juga dilakukan balita lainnya. Kalau ada yang kurang, silakan tambahin yaaa 😉

Menyapu

Hihi, sampai sekarang Naia ini suka menyapu dan semangat banget. Terutama kalau merapikan kertas bekas mainannya sendiri, seneng deh kalau dia udah berusaha merapikan mainannya sendiri gitu.

Pernah waktu saya masih hamil besar, saya istirahat tidur siang tapi Naia gak mau diajak tidur. Akhirnya dia membiarkan saya tidur sambil bermain sendiri. Tidak lama, setengah sadar saya melihat samar-samar kalau dia sedang merapikan mainan plus menyapu bekas mainannya karena mau tidur juga. Saya gak nyangka dia sampai menyapu juga sih. Dan begitu saya bangun, bener deh Naia udah tidur tapi tempat bekas dia bermain tadi bersih kembali, huahua. Alhamdulillah yah. Ya segera donk saya ucapkan terima kasih begitu dia bangun. Ucapan itu bikin dia tersenyum senang. Mama pun seneng ka. 🙂

Mencuci Piring

Sebenernya yang bikin Naia tertarik ya busa sabun cuci piringnya ya, hahahahaha. Eh tapi dia juga excited untuk mencuci bekas makannya sendiri, terlebih karena tempat makannya memang tempat makan yang dia sukai (gambarnya frozen, huahua). Yaudahlah, dengan bantuan jongkokan kecil, dia jadi mencuci piringnya sendiri lah. Tapi jarang sih sekarang mah, kalau dia memang lagi kepengeeenn banget aja dan lagi seneng banget aja gitu abis makan banyak. Biasanya mah gak gitu mau ya, hehe.

Mencuci Barang Miliknya Sendiri

Seperti sepatu, sendal, atau sepeda. Dengan mencuci barang miliknya begini ia belajar merawat barang sendiri kaan. Ples dia emang seneng mainan air dan sabun sih, jadi ya gitu deh, haha. Karena dia suka main air sabun yang berbusa dan sikat menyikat, ya saya ajak aja dia mencuci sendal dan sepatunya yang sudah kotor. Malah memang bisa jadi senjata ampuh untuk mengajak anak mandi sih, hahaha.

We are having fun washing her shoes and sandals #kidsactivity #washing #shoes #sandals #toddleractivities #responsible

A photo posted by Istiana Sutanti (@momopururu) on

Pernah suatu sore Naia susaah banget diajak mandi, akhirnya saya ajak untuk mencuci sepeda saja sekalian mandi. Dia langsung semangat dan berlari ke kamar mandi duluan, huahua. Terus begitu melihat barang-barang miliknya bersih kembali, ya dia tambah seneng deh 🙂

Menjemur Pakaian

Ini nih yang sudah senang dia lakukan bahkan sebelum berumur 2 tahun, hahaha. Waktu itu musim hujan, jadi sering banget kan menjemur di dalam. Nah, saat menjemur di dalam gitu, pakaian paling bawah di jemuran suka turun-turun dan saya betulkan deh. Melihat itu, Naia mau ikutan, dia berusaha menjemur pakaian kecilnya juga. Lucu karena gak tergantung-gantung dan malah jatuh terus pakaiannya dan dia tetap semangat aja ambil-jemurin-jatuh-ambil-jemurin lagi, begitu aja terus, ehehe.

Begitu gedean dikit, dia udah bisa ikut membantu menjemur pakaian di luar ruangan. Biasanya sih pakaian yang digantung supaya dia gampang menjemurnya. Tantangannya saat menjemur pakaian di luar ini ya panas ya. Setelah menjemur, terkadang Naia suka bilang “capek” atau “udahan ah ma, panas”, hihihi.

Dan pastinya sehabis panas-panasan begitu badan jadi kotor dan lengket donk. Badan yang kotor dan lengket itu disenengin banget deh ya sama kuman. Apalagi kuman-kuman sekarang makin ganas dan makin cepat berevolusi sehingga penyakit pun makin bermacam-macam, huhuhu. Makanya sore harinya saat mandi saya lindungi Naia dengan sabun anti kuman yang juga berinovasi donk. Lifebuoy Clini-shield10, sabun shower gel yang irit penggunaannya.

Iritnya itu karena dengan satu tetes saja sudah menghasilkan busa banyak dan efektif membersihkan tubuh. Eh, untuk seluruh tubuh tetep butuh lebih dari satu tetes sih, tapi tetep irit kok. Kalau dibandingkan dengan sabun cair yang biasa saya pakai mah bisa 2-3x lebih lama habisnya si Lifebuoy clini-shield10 inih. Kemasannya juga enak, tube gitu jadi gampang dibawa-bawa. Makanya waktu lahiran kemarin juga saya bawanya sabun Lifebuoy Clini-shield10 ini untuk mandi kami sekeluarga (saya, Ilman, dan Naia) karena sudah jadi sabun keluarga andalan 🙂

Jadi, sudah mengenalkan tugas rumah apa saja nih ke anak? 😀

3 comments

  1. uci

    Pinternyaaaa ^^ kaka Naia
    Perlu banget ngenalin pekerjaan rumah tangga iniiii, itu sampe naek bangku hihii
    Anakku baru rapihin mainan, megang2 sapu, kain pel, ngelap2 yg basah karena tumpahan dia :))

  2. Pingback: #FamilyTalk #42: Kebiasaan Baik pada Anak – Momopururu

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: