Monster Eja

4 Replies

Keluarga Kid's Activity Playful Wednesday
Playful Wednesday - Monster Eja

Yuhuuu.. Akhirnyaa, setelah sebulan lebih (eh, apa hampir 2 bulan ya, huhuhu T_T) libur Playful Wednesday nyah, kali ini bisa posting lagi deh. Semoga minggu-minggu berikutnya tetep bisa posting. Karena ternyata gak mudah nyari waktu laptopan lama sendirian kayak gini lagi, hahaha. 

Okeh, jadi hari ini saya mau nunjukin buat bikin monster eja. Naia soalnya lagi demenn banget baca dan mengenal huruf. Dan terinspirasi lagi sebetulnya dari ide bermain Mi PlayPlan, monster pemilah warna, tapinya dimodifikasi lagi sama saya, hehehe. Disesuaikan lah yaa sama apa yang lagi anak sukai dan pelajari sekarang 😀

Playful Wednesday - Monster Eja

Yaa, dia belum bisa baca satu kata siih, tapi udah bisa membaca namanya sendiri dan mengeja namanya aja. Nah, buat lebih gampang lagi belajarnya buat dia, ya saya bikin aja monster-monster begini. Dia emang paling suka juga sih sama konsep monster-monsteran, hehe. Soalnya suka banget nonton Monster’s University dan ya menganggap monster itu lucu-lucu. Apalagi saya juga pernah kan bikin monster-monsteran dari segel roti, hehehe.

Baca Juga: Kartun Favorit

Bahan:

  1. Kertas warna-warni (saya pakai kertas origami :D)
  2. Gunting
  3. Kardus-kardus bekas (ukuran kecil saja)
  4. Lem

Alat & Bahan

Cara:

  1. Bentuk kertas warna-warni menjadi seperti monster dengan mulut yang dilubangi
  2. Tempel pada kardus kecil yang sudah dilubangi juga pada bagian mulut. Tentukan suku kata pada tiap monster. 1 monster 1 suku kata (DA, PA, SA, BA)
  3. Buat “kartu-kartu” kecil bergambar suku kata awal yang sudah dibuat pada tiap monster tadi. (DA: DAsi, DAun, dsb)
  4. Ajak anak memberi makan monster dengan kartu-kartu tadi. Biarkan mereka memasukkannya pada monster suku kata yang sesuai, Daun di DA, Paku di PA, Sabun di SA, dan seterusnya

Berhubung emang Naia seneng banget sama monster, dia bisa berlama-lama mainan ini. Karena dia suka itu, dia jadi gampang inget deh sama kata-kata yang diawali suku kata tersebut.

Naia Main Monster Eja

Tapi begitu dia bosen ngasih makan monsternya, akhirnya monster-monster ini juga diajak mainan yang lain, hahaha. Main kereta api-kereta apian kata Naia mah 😀

Main Kereta Api

Anyway, sebetulnya ini mainnya juga udah lama, sekarang dia makin lancar mengenali suatu kata disusun dari huruf apa. At least, 2 huruf tuh udah mulai bisa diidentifikasi terdiri dari huruf apa saja tanpa harus dikasih tau. Itu juga belajarnya lebih banyak dari setiap ada kata apa yang dia ingin tau, dia tanya langsung ke kami (saya dan Ilman) kata tersebut disusun dari huruf apa saja. Awalnya sih kita jawab huruf-huruf penyusunnya, tapi lama kelamaan, kami ganti bertanya lagi “kira-kira itu dari huruf apa saja kalau bunyinya begitu?”

Misalnya:

Naia: Mah, SAPU hurufnya apa aja?
Saya: Kira-kira apa aja ka? SA itu dari huruf apa aja?

Saat dia menjawab penyusun suku kata pertama, ya dilanjutkan dengan berikutnya. Tapi, kalau dia gak tau, dia bilang, “Kakak Naia belum tau”, baru deh kami kasih tau. Dengan begitu, saya dan Ilman berhasil memancing Naia untuk mencari tau sendiri deh, hehe.

Siapa yang mau mencoba juga? Asik loh main ini, apalagi kan monsternya juga bisa ditambahin nanti buat suku kata yang lainnya 😀

Selamat bermain!

4 comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: