#FamilyTalk #24: Usia Ideal Menikah

15 Replies

Family Talk Keluarga Pribadi
#FamilyTalk: Usia Ideal Menikah

Baca juga #FamilyTalk lainnya ya!

Gambarnya provokatif banget yak. Kapan nikah? Pertanyaan yang disebelin sama jomblo2 tapi jadi pertanyaan favorit tiap pertemuan keluarga xp. And yes, minggu ini ngomongin pernikahan lagi euy. Tapi kali ini bukan tentang calon suami ataupun poligami, tapi tentang usia. Ish, pasti yang perempuan sensitif deh kalo udah ngomongin umur atau usia begini, hihi. Apalagi dari judulnya juga udah keliatan kalo kita bakal ngomongin usia ideal menikah menurut kami (saya dan Icha). Dan #FamilyTalk kali ini ide Icha yang merasa saat menikah kemarin bukanlah usia ideal dia untuk menikah, wahahaha… Saya jadi penasaran sendiri, jadi usia ideal menikah buat dia umur berapa deh?

Baca punya Icha di sini:
#FamilyTalk Usia Ideal Menikah

#FamilyTalk: Usia Ideal Menikah

Saya menikah sama Ilman di usia yang hampir 24 (iya, hampir, jadi masih 23 donk!), Alhamdulillah yah cepet padahal sebelumnya pacaran aja gak keliatan, gebetan gak ngegebet balik (aku syediiih, hahahah *senyum miris) padahal udah ngegebet beberapa tahun lamanya dan cuma diphpin doank (kok jadi tsurhatt?!), temen juga belum banyak yang menikah. Jadi, saya pikir saya masih lama laah menikahnya. Apalagi ngeliat temen yang nyiapin pernikahannya juga lumayan repot dan lama. Temen yang pacaran juga udah mau 2 yang menikah. Padahal saya juga gak mupeng-mupeng banget sih buat nikah. Ya nikmatin aja lah usia segitu masih sendiri. Apalagi waktu itu hati saya baru saja dihancurkan berkeping-keping sampai susah move on. Jadi, yaudah laah, santai aja ya kan, buat apa lah diburu-buru menikah, huee.

Tapi, saat saya berpikir untuk santai begitu, eh jodohnya malah dateng. Sempurna banget lagi buat saya, tipe saya banget banget banget lah Ilman itu :D. Makanya jangan remehkan doa-doa kita setiap sholat lho ya, kita gak tau kapan doa itu dikabulkan, jadi ya tetaplah berdoa dan bersabar. Kalau belum waktunya ya berarti memang belum yang terbaik, udah, yakin aja dengan hal itu. Memang gak akan pernah bisa deh berharap ke manusia. (lah sekarang jadi ceramah xp)

Umur Saat Menikah Sudah Ideal?

Eniwei, apa umur saya waktu menikah itu ideal? Menurut saya sih ideal-ideal aja ya, hahaha. Ya habis saya bahagia-bahagia aja tuh, dan Alhamdulillahnya sudah siap juga menjalani pernikahan. Walau kaget juga ya waktu langsung serumah sama Ilman. Mulai dari seneng karena udah gak galau sampai sebel dengan kebiasaan-kebiasaan kecilnya yang bertolak belakang atau yang gak bikin saya sreg di rumah. Tapi  ya kebanyakan bahagianya lah, hahahah.

Baca juga: Menyiasati Kebiasaan Bertolakbelakang

Jujur sih, dulu sebelum menikah saya kepikiran, maunya sih menikah paling lama itu umur 25. Tapi saya santai juga, kalau di umur segitu belum menikah yaudah lah ya. Eh, lha ternyata malah menikah 2 tahun lebih muda dan sesuai target sebelum 25.

Kenapa 25? Gak tau ya menurut saya dulu usia ideal itu segitu. Mungkin karena belum terlalu tua dan sudah gak terlalu muda kali ya, jadi ya merasa udah cukup dewasa lah ya. Tapi ternyata ya kedewasaan bukan ditentukan oleh umur *tsaaah*. Ya buktinya Ilman aja lebih muda dari saya tapi lebih dewasa dari saya tuh. Oke, Ilman cowo, jadi gak bisa dibandingkan. Tapi pasti banyak sih yang lebih muda namun lebih dewasa dari saya, hehe.

Nah, ngeliat hal itu dan ngeliat kenyataan sekitar juga akhirnya pikiran saya tentang usia ideal menikah berubah. Ah, usia menikah yang ideal mah tergantung kedewasaan deh, dan tergantung didatangkan jodohnya kapan xp

Buktinya, Icha yang tadinya gak mau menikah cepet-cepet malah bisa diyakinkan sama JG dan akhirnya mau kan menikah? hihihi. Atau kakak saya yang sudah tidak muda lagi akhirnya malah mendapat pasangan yang terbaik. Intinya sih buat saya dibikin santai aja lah. Buat apa menikah cepet-cepet tapi gak sreg? Buat apa menunggu lama tapi akhirnya menyakiti diri sendiri?

Dan jangan sampai juga karena masalah umur, jadi siapa aja yang dateng langsung lah hajar lamar #eh. Maksudnya, jangan sampai karena terlalu lama menjomblo akhirnya menerima lamaran siapa saja gitu, huee. Kan saya dan Icha juga pernah ngomongin jangan dulu menikah kalau masih ada yang kurang sreg antara kita dan dirinya, huehehe. Jadi, nikmati dulu aja kesendirian, bisa bebas kemanapun sendirian dan bebas ngapain aja sendirian. Kalau sudah menikah hal-hal kayak gitu jadi privilege banget beneran. Mau traveling ya mikirin anak dan suami. Mau beli sesuatu agak mahal dikit, mikir mending buat biaya pendidikan. Gitu-gitu lah.

Jadi, santai aja lah (eini udah berapa kali saya bilang santai? xp). Usia ideal itu tergantung kitanya sudah dewasa atau belum dan sudah siap atau belum untuk menikah, itu aja sih.

Eh, tapi menurut kalian usia ideal menikah itu umur berapa?

15 comments

  1. Rahayu

    bener juga ya, kita memang harus hati-hati berucap saat berdoa. Saya dulu rencana nikah sama teman umur 28-an. Dan ternyata memang sebelum umur itu ya, nggak dapat-dapat he he he

  2. Uniek Kaswarganti

    Wah berat ya klo ngomongin ideal mak, krn tolak ukurnya rata2 berbasis kepantasan saja. Sesuai dengan yg lalu lalu aja rata2 pada nikah umur berapa gitu 🙂 Mungkin klo sejak awal kenal suami dulu di umur 20an terus dilamar, bisa jadi dibilang itu usia nikah ideal ya. Mumpung masih muda dan kuat2nya *apaseeeehh… Tapi ya gitu deh, kelamaan 8 tahun nunggunya sampe akhirnya kami menikah. Jadi, 20 atau 28 coba idealnya 😉

  3. Arinta Adiningtyas

    Saya menikah umur 21th. Hehehe..ga pake pacaran, persiapan cm 2 bulan, tapi saya menikah sm mantan pacar. Wkwkwk..iya.. Dia nembak (tsaahh..bahasanya nembak), pas saya 1 SMA. Jd waktu ketemu lg dan dia lgsg nanya ke bapak, ya udah terima aja. That simple! 🙂
    Menurutku ga ada usia ideal dlm pernikahan. Kapan jodoh datang, itu sudah digariskan kan? Ga ada telat atau terlalu cepat. *arin bijak banget deh kali ini ^^

  4. Ratna Dewi

    Waahh aku suka nih tulisannya, emang ngga ada batasan usia atau usia ideal menikah. Yang penting udah siap dan tau konsekuensi bahwa nikah itu nggak sekedar enak-enaknya aja. Tadinya aku pikir pengen nikah di usia 28-29 tahun tapi ternyata jodohnya ada di usia 25 tahun. Alhamdulillah itu jadi usia idealku menikah. Kalo setelah menikah belum punya anak, di usia segitu pun belum diburu-buru dan dikasih lampu merah.

  5. Uci

    Iyah bener deh, do’a jgn lupa yang spesifik.. Alhamdulillah yah terkabul ^^
    Aku di. 25, Kadang kan suka mikir belum siap ini itu yaa. Tergantung niat nikahnya ituuu..
    Beli barang2 emang hrs mikir lagi ya stelah mnikah tapi bisa diakalin, dijadwalin aja yaa

  6. fanny fristhika nila

    aku sempet nikah di umur 20… tapi nyesel sih.. ujung2nya kita divorce. Untungnya ga ada anak, jd semua proses cerai gampang, krn masing2 dari kita cuma pgn cerai secepat mungkin. aku akuin, aku yg tdnya juga mimpi nikah muda, tp setelah ngerasain, kok sepertinya aku salah.. makanya stlh cerai aku ga mw buru2 nikah.. nikah kedua pas umurku 29 lebih.. :).. tapi kyknya adik2ku yg ngeliat, sprtinya pgn ngikutin jejak kakaknya ini mbak.. mereka jg pada nikah pas umur udah 27 ke atas. malah yg bungsu masih blm mau ampe skr.

    ga mau maksa sih akunya.. biarin ajalah mereka nikah bgitu merasa siap.. dipaksain kalo ujung2nya cerai utk apa juga..

  7. fee

    Idealnya mnrt sains 25 tahun atau lebih..pada usia itu otak sdh matang sempurna shg pengambilan keputusan tdk berdasar emosi belaka. Sekali lagi menurut sains..nothing personal…

  8. Heizyi Lee

    hihihihihi…. sarannya sih oke mbk, tapi pas baca kalimat yg ini ‘Buat apa menikah cepet-cepet tapi gak sreg? Buat apa menunggu lama tapi akhirnya menyakiti diri sendiri?’ *diyenggg….. langsung puyeng. kayak ditabok pake uang. *mikir deh sekarang

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: