Kriteria Kasur Bayi Berkualitas

Comment

sponsored
Box Bayi

Tempat tidur atau kasur itu termasuk salah satu perlengkapan yang penting selagi menyiapkan lahiran kan yaa. Kita gak bisa sembarangan memilih jenis kasur karena tempat tidur untuk bayi itu membutuhkan spesifikasi tertentu yang sesuai dengan standar kenyamanan tidur si kecil. Makanya, walaupun kita pastinya mencari kasur bayi murah, tapi tetep harus memastikan kasur bayinya memenuhi kriteria tempat tidur yang nyaman dan berkualitas donk.

Memangnya apa aja kriteria tempat tidur bayi yang bagus yaa? Nih, saya mau mencoba menjabarkan sedikit yaa:

Box Bayi

courtesy of mrs_fedorchuk

1. Memiliki standar keamanan yang baik

Iya lah yaa, faktor keamanan itu penting banget dalam memilih kasur atau boks bayi. Untuk mengetahui tingkat keamanan dari kasur yang akan dibeli, perhatikan aja detail spesifikasi kasur dengan baik. Pastikan kalau kasur dirakit menggunakan bahan-bahan material pilihan yang aman dan terjamin. Selain itu, pastikan juga kasur dilengkapi pengaman yang tidak mudah rusak karena terbentuk dari bahan material yang berkualitas tinggi. Kondisi baut, paku dan berbagai macam material lainnya juga harus dipastikan aman dan tidak mengganggu kenyamanan atau menimbulkan resiko pada bayi.

2. Mempunyai matras yang nyaman dan khusus untuk bayi

Selain mengutamakan standar pengamanan kasur yang akan dibeli, kondisi matras juga perlu diperhatikan dengan baik. Pastikan kasur bayi tersusun atas matras berkualitas tinggi dan nyaman untuk menunjang aktivitas istirahat si kecil. Pilihlah matras dengan tingkat ketebalan yang pas, jangan terlalu empuk agar kondisi struktur tulang belakang bayi dapat terlindung dengan baik. Karena berbagai macam jenis matras khusus bayi tersedia dalam pilihan yang bervariasi, maka bila perlu lakukanlah konsultasi terlebih dahulu untuk dapatkan jenis kasur dan matras terbaik ya.

3. Bebas bahan kimia dan telah tersertifikasi standar SNI

Agar keamanan dan keselamatan si kecil ketika beristirahat selalu terjamin, pilihlah kasur yang telah tersertifikasi SNI sekaligus bebas zat kimia yang berbahaya bagi bayi. Biasanya, zat kimia tersebut ditemukan pada cat yang digunakan untuk melumasi atau mewarnai boks bayi. Dalam hal ini, kita harus memastikan bahwa kasur yang dibeli telah memenuhi standar SNI sehingga kandungan cat dan segala macam bahan pembuatan boks maupun kasur untuk bayi bebas bahan berbahaya yang sifatnya kimiawi dan berpotensi menimbulkan hal-hal buruk bagi si kecil.

Selain memiliki kriteria di atas, kasur bayi yang kita beli juga seharusnya disesuaikan dengan kebutuhan si kecil donk. Makanya pilih kasur dengan ukuran yang tepat berdasarkan kebutuhan tidur dan ruang pergerakan bayi. Setelah pemilihan kasur telah dilakukan dengan baik, maka rawatlah kasur yang kita beli secara rutin agar selalu bersih. Selain itu, tempatkanlah kasur pada posisi ruangan kamar yang tepat ya. Juga hindari penempatan benda-benda di atas kasur yang dapat mengganggu kenyamanan tidur bayi sehingga waktu istirahatnya semakin efektif.

Buat yang sedang menunggu saat-saat lahiran, semoga info ini berguna yaa 😉

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: