Memanfaatkan Makanan Sisa? Bisa!

2 Replies

Pribadi

Kadang-kadang doank sih, hahaha. Tapi, buat saya yang gak begitu doyan masak ini masih terasa syulit sekali, huhuhu. Ini aja nulis tentang masak-masakan kayak gini karena menanggapi tulisan mak Maya di KEB tentang makanan sisa juga, hee.

Baca: Makanan Sisa, Diolah Lagi atau Dibuang?

Awal-awal menikah, saat masih berdua dan belum punya anak, saya baruuu banget belajar masak. Saya tuh start dari 0 banget deh masalah dapur-dapuran gini, makanya bahagia banget beneran saat salah satu hadiah pernikahan tuh buku resep masakan segede gaban, tebelnya minta ampun. Tapi beneran berguna banget. Judulnya aja Kitab Masakan, hahaha. Ini yang ngasih kado antara emang mengerti keadaan saya atau ngenyek saya gak bisa masak (padahal emang), wekekek.

Baca juga: Kitab masakan

Food

Setiap masak saya selalu deh liat contekan terus dari kitab masakan itu. Dan strict banget ngikutin resep. Ngasih garem aja takut-takut banget. Walhasil makanan kurang asin semua dan cenderung hambar, huhu. Lama kelamaan sih udah lumayan luwes, tapi tetep belom bisa masak yang aneh-aneh. Sampe sekarang masakan rumah juga itu lagi itu lagi kok. Kalo bukan sayur sop ketemu ayam goreng, ya sayur asem ketemu ikan asin, gitu-gitu aja. 4L banget, lo lagi lo lagi.

Makanya waktu hamil Naia dan harus bedrest bahkan masak pun gak boleh sebenernya cukup seneng gak perlu repot-repot masak, wakakak. Tapiii kok ya tekor banget beli makanan terus, huhuhu. Udah mana kalo ada makanan yang sisa saat dibeli itu ribet lagi kan, mesti cari cara supaya gak kebuang. Akhirnya ya minta yang bantu-bantu nyuci, sekalian bantu-bantu masak juga deh. Rasanya cocok? Cocok-cocok aja, karena yang naker bumbunya saya sendiri, hehehe.

Nah, masalahnya kan tadi bukan gimana makanan bisa tersaji ya, tapi kalau ada makanan sisa itu gimana? Sampai sekarang saya mah gak kreatif. Kalau ada makanan sisa, ujung-ujungnya masukin ke telur, dicampur, jadi deh omelete apapun itu, wkwkwk.

Jadi Omelete

Capcay? Masuuukk telor. Sisa nasi goreng? Masuukkk telorr juga. Sisa sayur labu? Disaring dan masukin telorr juga, hahaha. Soalnya, telor itu emang menggugah selera banget sih di saya. Kalau udah gak nafsu sama makanan tertentu ya gitu aja lah senjatanya, masukin telor terus goreng. Udah deh kemakan lagi. Walau pernah juga udah diolah ulang tetep aja sisa dan akhirnya malah kebuang, hiks :'(

Puding Roti

Oiya, pernah juga diajarin mertua untuk mengolah roti tawar sisa yang udah terlalu lama dan keras. Yaitu.. dibikin puding roti. Tambahin telor (telor lagi telor lagi xp), santan, plus garem dan gula, udah deh jadi. Tinggal kukus, terus masukin kulkas. Rasanya? Kalo nakernya pass, enaaakkk deh.

Iya, nakernya harus pas, soalnya saya pernah ngasih garem kebanyakan banget. Jadilah bukan puding roti namanya, tapi puding garem, uasiinn men x(

Walau saya jarang masak, masakan saya enak loh. Ilman sih yang bilang. Entah dia serius atau menyenangkan hati istri aja ya, hahahahah.

Anw, kalau anak-anak udah lumayan gede dan udah pada sekolah sih saya juga maunya masak sendiri lagi ya. Semoga nanti terwujud. Supaya anak-anak kangen masakan rumah dan selalu inget mamanya ini setiap kali makan, hehehe. Jadi nanti mereka bisa dengan bangganya bilang, “masakan mama paling enak!” 😀

2 comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: