5 Cara Mengurangi Rambut Rontok Saat Menyusui, Termasuk Menggunakkan Mama’s Choice Haircare Series

1 Reply

Pribadi Review sponsored
Mama's Choice Haircare Series

Rambut yang rontok itu memang jadi masalah umum ibu hamil dan menyusui ya kayanya. Walaupun saat mengalami pertama kali itu rasanya agak panik sih. Begitu abis lahiran anak pertama, ngeliat rambut rontok banget tuh agak kaget dan ya bingung aja, apa wajar ya rambut rontok begini abis lahiran? Lha gak taunya emang masalah yang sering terjadi dan dialami bahkan sebelum lahiran alias sejak waktu hamil.

Alasannya tentu karena perubahan hormon yang sangat ekstrem saat  hamil dan menyusui. Perubahan hormon inilah yang sedikit banyak mempengaruhi kerontokan rambut yang ada khususnya saat menyusui.

Walaupuun, masalah rambut rontok saat menyusui adalah hal yang lumrah, tetap gak bisa dianggap sepele juga sih ya, karena sedikit banyak bikin kita jadi gak nyaman. Saat mau keramas, begitu nyentuh rambut dikit, adaa aja rambut yang nyangkut di tangan. Bukan cuma 1 atau 2 helai pula, tapi bisa puluhan, heu.

Atau, mau sisiran setelah mandi, ya banyak deh rambut yang tertinggal di sisir. Makanya, walaupun kerontokan rambut adalah hal yang normal, tetap bisa diusahakan untuk meminimalisir kerontokan ini.

Nah, di sini aku emang mau ngomongin beberapa hal yang udah pernah aku lakukan untuk mengurangi kerontokan rambut selama menyusui. Sebenernya sih kemarin sempet dibahas di IG aku juga (@momopururu). Tapi diulang lagi di blog gak ada salahnya banget lah yaa 😀

View this post on Instagram

Habis lahiran tuh rambut emang cenderung mengalami masalah kerontokan ya. Eh, bahkan sejak hamil sih. Awal punya anak pertama aku tuh gak aware, tapi begitu rambut sedikit lebih panjang, baru deh kerasa kok yang rontok banyak banget ya rambutnya ya Begitu engeh rambut ini lumayan banyak yang rontok, mulai deh cari-cari cara untuk mengurangi kerontokannya. Mulai dari rutin pakai conditioner sampai potong rambut juga pernah, ehehe. Masalah conditioner, baru terasa manfaatnya ya setelah ngalamin sendiri, ternyata tuh saat keramas ya gak bisa hanya pakai shampoo. Khususnya ini buat rambut aku yaa, yang emang cenderung kering, jadi nambah alasan untuk gampang rontok selain karena hamil dan menyusuinya. Nah, karena sampai gonta ganti conditioner juga, akhirnya nyari yang aman deh buat dipakai untuk ibu hamil dan menyusui. Di kehamilan anak ketiga mulai deh ngelirik Mama’s Choice, terus sekarang akhirnya nyobain beneran. Jadinya beberapa waktu terakhir ini aku pakai shampoo & conditioner Mama’s Choice deh. Yang paling aku suka malah wanginya, ahaha. Suami jadi suka kalau aku abis keramas, rambutnya wangi udah kayak abis creambath di salon, hihihi (walau belum sempet ke salon lagi sejak lahiran sih, huhu) Selain wangi, rambut jadi lembut dan gak kering. Dalam mengatasi kerontokannya, lumayan terlihat sih, jadi lebih sedikit yang rontok. Semoga aja yaa makin rutin pakai, kerontokannya makin berkurang jauuh bahkan gak rontok lagi. Aamiinn. Jadi, yap, mau mengkonsistenkan pakai Mama’s Choice Haircare Series deh mulai sekarang. Bismillaah yaa. Karena, merawat diri sendiri itu bagian dari tanggung jawab pribadi dan tanggung jawab sebagai istri juga ibu ya. 🙂 Anw, hampiiirr aja lupa bilang. Buibu pemburu diskonan mesti seneng nih, ehehe. Soalnya kalian bisa dapet diskon 25% untuk belanja di shopee lho, di Mama’s Choice official Store dengan belanja minimal 150 ribu saja dengan pakai kode Voucher dari aku ini, pakai aja kode MAMAISTI deh. Coba isi di Profile > Voucher saya > masukan kode voucher. Jangan lupa ya kode vouchernya “MAMAISTI” (huruf besar semua) 😀 #MamasChoice #AmanHalalNatural #PilihanAmanMama #KurangiWorry #ReviewMamasChoice @mamaschoiceid

A post shared by Istiana Sutanti (@momopururu) on

Tidak terlalu sering keramas.

Keramas yang wajar aja udah cukup sih. Takutnya kan karena rambut sudah rontok, eh jadi malah sering keramas dengan tujuan mengurangi rambut rontok dengan shampoo. Ya gak salah sih penggunaan shampoonya, tapi keramas seringnya yang jadi masalah. Hal ini malah memicu kerontokan rambut yang lebih banyak karena rambut akan jadi lebih kering saat keramas lebih sering.

Soalnya, menurut beberapa artikel yang pernah aku baca, air memang bisa bikin rambut kita jadi kering. Karena, saat rambut terkena air, minyak alami yang ada pada rambut juga bisa terbawa dan hilang, maka dari itu deh rambut cenderung jadi kering kalau sering keramas, apalagi kalau keramasnya setiap hari.

Keramas yang wajar itu menurut aku cukup 2 hari sekali, bahkan untuk menghindari kerontokan parah, bisa diusahakan seminggu hanya 2x keramas agar rambut bisa menghasilkan minyak alami lebih banyak. Harapannya dengan mengurangi rambut yang kering, kerontokan rambut juga akan berkurang.

Oiya, kalau bisa, mengeringkan rambutnya juga jangan dengan menggosok-gosokkannya dengan handuk, karena itu juga bisa bikin rambut kita kering. Ditekan-tekan ujung rambutnya saja dengan tangan yang dilapisi handuk. Bahkan menutup rambut dengan handuk sebetulnya tidak disarankan sih, jadi lebih baik membiarkan rambut kering dengan sendirinya aja.

Cara lain bisa pakai hair dryer, walau tetap meminimalisir pemakaiannya sih ya agar rambut tidak semakin kering. Jadi pakai hair dryernya juga bukan yang sampai kering banget, sampai agak lembab aja, baru biarkan kering dengan sendirinya. Teteup ya membiarkan rambut kering dengan sedirinya itu paling baik, hehe. Tips ini aku dapet karena sering nontonin videonya Brad Mondo (ada yang kenal lagi mungkin? :D)

Pakai Conditioner.

Sebelum mengalami masalah kerontokan rambut ini tuh aku keramas ya Cuma pakai shampoo, gak tau kalau ternyata pakai conditioner itu cukup signifikan pengaruhnya. Soalnya conditioner bisa menggantikan minyak alami rambut yang hilang saat keramas dan membuat rambut lebih sehat, lembut, dan berkilau. Juga lebih wangi.

Pakai Conditioner Setelah Keramas

Jadi, sempet deh aku yang gonta ganti conditioner juga. Gak harus sama dengan shampoonya ternyata, walau pemakaian series  (Shampoo & Conditioner yang sama) gitu biasanya emang lebih baik sih ya, karena kandungannya nyambung gitu shampoo dan conditionernya.

Jadi, kalau bisa diusahakan conditioner pakai merk yang sama dengan shampoo ya mending beli yang sama sih J

Jangan mengikat terlalu kencang.

Nah, ternyata ini juga gak boleh. Padahal sebagai ibu-ibu rambut diiket itu lebih simpel dan gak gerah yak. Apalagi kalau di rumah dan mengurus anak-anak, juga bayi, wah udah deh kalau rambut gak diiket bisa gerah dan cukup mengganggu aktivitas. Tapi ya gitu, gak bisa terlalu kencang juga mengikatnya, karena tarikan yang kuat dan berulang bisa merusak folikel rambut, dan itu membuat rambut jadi rapuh, jadinya gampang rontok deh.

Jadi gimana? Kadang aku juga gak inget terus sadar-sadar iketan rambutnya juga udah kenceng lagi sih, ahaha. Tapi setiap inget, dikendorkan sedikit deh. Ikatan rambut yang terlalu kencang juga bisa bikin pusing lho.

Anw, juga jangan langsung mengikat rambut saat rambut masih basah atau lembab ya. Bukan karena bikin rontok, tapi juga malah bisa bikin rambut bau dan bikin sakit kepala. Soalnya air yang masih terkandung pada rambut basah jadi gak bisa kering dan menguap ke udara, tapi malah terserap balik ke kulit kepala, jadi bikin rambut malah bau, bukannya wangi.

Gunakan Shampoo dan Conditioner yang sesuai dan aman.

Berhubung ibu hamil dan melahirkan juga memang sensitif, jadi kita emang pilih-pilih banget kan untuk pakai suatu produk. Soalnya, penggunaan produk yang mengandung banyak bahan kimia tuh agak mengkhawatirkan untuk perkembangan janin, juga dalam proses menyusui.

Nah, kalau bisa dan kalau ada yaa, cari produk yang emang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Sayangnya selama ini produk-produk yang aman untuk ibu hamil dan menyusui itu kebanyakan produk import dan kurang bisa dijangkau oleh semua kalangan. Jadi, cukup bikin seneng ya saat sekarang udah banyak yang memikirkan ibu hamil dan menyusui ini, produk yang aman tanpa pemakaian banyak bahan kimia bisa lebih banyak dan lebih terjangkau.

Salah satu produk yang aman ini ada Haircare Series dari Mama’s Choice. Mama’s Choice Haircare Series ini terdiri dari Shampoo dan Conditioner yang mengandung bahan alami jadi inshaAllah mana, halal, dan natural.

Bahan-bahan yang terkandung ini ada

                1. Kiwi yang Merangsang pertumbuhan rambut yang lebih sehat, juga melindungi rambut dari kerusakan termal, kimia, juga lingkungan

                2. Candlenut a.k.a kemiri yang kaya akan protein dan minereal yang berfungsi untuk menguatkan akar rambut sehingga mengurangi kerontokan

                3. Green pea yang dapat mengembalikan vitalitas dan kepadatan rambut sehingga rambut semakin kuat dan rontoknya berkurang

Selain itu, juga aman untuk ibu hamil dan menyusui karena tidak mengandung SLS/SLES, paraben, sulfate, silicone, dan alkohol. Mama’s Choice Haircare Series ini punya kandungan yang fungsinya bisa menggantikan bahan-bahan kimia tersebut.

Selain bahan-bahannya yang alami ini, kemasannya juga bagus deh. Dia bentuknya pump gitu, jadi gak perlu susah –susah mencet botol shampoo atau conditionernya, apalagi kalau sudah mau habis, hihi. Warnanya juga menarik ya, pink terang yang dipadu dengan putih, elegan dan gak norak sih menurut aku.

Oiya, untuk teksturnya sendiri, shampoonya agak kental dan tidak berwarna. Saat keramas, begitu pakai shampoonya, rambut terasa agak keset. Nah, setelah pakai shampoo, aku pakaikan conditioner yang teksturnya lebih creamy dan kental berwarna putih deh. Setelah pakai conditionernya, rambut jadi terasa lebih halus dan jatuh alami. Jadi, emang pasnya dipakai bersamaan sih ya. Apalagi wanginya juga harum banget. Setiap abis keramas pakai Haircare Series ini, aku jadi seneng sendiri karena wanginya tercium banget walaupun rambut sudah kering, hehe.

Dengan adanya produk Haricare yang aman untuk ibu hamil dan melahirkan gini, Mama’s Choice pengen kita #KurangiWorry akan rambut rontok. Jadi dengan pikiran yang lebih tenang juga mengurangi kepanikan akan rambut rontok, kita jadi lebih tenang dalam mengurus keluarga deh.

Anw, kalau beli langsung Series kayak gini, dapet sisir kayu kecil gratis lho. Sisir kayak gini biasa aku pake dan taro di tas saat traveling, soalnya bisa untuk aku pribadi, juga untuk anak-anak.

Oiyaa, kalian bisa beli Haircare Series ini di official store Mama’s Choice di Shopee lho. Sebetulnya bisa juga dibeli terpisah shampoo dan conditionernya, tapi lebih hemat beli paket begini plus dapet bonus sisirnya.

Terus, aku punya voucher potongan harga nih untuk belanja di official store Mama’s Choice ini. Kalian masukkan aja kode “MAMAISTI” untuk bisa mendapat potongan harga sebesar 25ribu. Lumayan kaann 😀

Potong rambut

Kalau sudah tidak tertahankan dengan banyaknya kerontokan yang dialami, boleh juga mencoba memendekkan rambut alias memotongnya. Sesuai selera lagi sih ya ini. Kalau mau pendek, ya sok jadi pendek, hitung-hitung jadi ganti penampilan yaa, hehe.

Tapi kalau mau sedikiiitt aja dipotongnya (ujungnya doank gitu) ya coba juga aja. Aku juga sampai nyobain motong rambut kok, ehehe. Terus hasilnya ya bener lumayan, kerontokannya berkurang. Karena rambut yang tidak terlalu panjang juga jadi bikin rambut lebih jarang tertarik secara tidak sengaja. Juga dengan ukuran rambut yang lebih pendek, beban akar rambut untuk menopang helaiannya jadi lebih ringan juga, jadi rambut bisa lebih kuat.

Segitu aja sih yang pernah aku coba usahakan dalam mengurangi kerontokan rambut. Yang paling signifikan itu penggunaan shampoo dan conditioner yang sesuai, karena kan itu digunakan rutin ya, jadi hasilnya juga bisa terlihat walaupun gak instan. Jadi, dalam beberapa kali pemakaian baru bisa dilihat hasilnya, gak cukup dalam 1x pemakaian saja.

Intinya balik lagi ke seberapa niat kita untuk mengusahakan rambut yang rontok ini jadi berkurang ya. Kalau memang segitu niatnya, inshaAllah jadi maksimal usahanya. Hitung-hitung kita jadi mengurus diri kita sendiri juga selain mengurus anak, suami, juga pekerjaan rumah ya. Make yourself happy first so that you can share happiness  to others 🙂

1 comment

  1. Uwien Budi

    Shampoo dan Conditioner Mama’s Choice bikin rambut serasa habis hair spa di salon. laaaf banget.
    Bersyukur ada produk yang dikhususkan untuk ibu hamil dan menyusui yaa.. jadi nggak worry lagi dengan kandungannya karena sudah teruji aman, halal, dan natural.

Leave a Reply

%d bloggers like this: