7 Hiburan Yang Bisa Dilakukan Pada Masa Pandemi

1 Reply

Keluarga Pribadi Traveling

Sebenernya beberapa waktu lalu tuh nulis ini di IG, terus biar tersimpan lebih rapi, mau ditulis di blog juga deh jadinya. Sekalian mengisi blog lagi lah yaa, hehehe.

Jadi, selama “liburan” terpaksa ini, eh gak liburan sih ya, lha wong suami juga kerja dari rumah, jam kerja dari jam 9 sampai jam 6 sore. Aku juga tetap membersamai anak-anak di rumah, anak-anak juga tetap “sekolah” dari rumah, jadi ya walaupun di rumah aja, gak bisa dibilang liburan juga, haha.

Tapi, selama 7 bulan di rumah aja gini tuh, udah tak terhitung berapa kali bosan, berapa kali ngerasa mau pergi, berapa kali pengennya jalan-jalan jauh. Jelas untuk jalan-jalan jauh belum bisa dilakukan. Bosan sudah pasti, tapi apa yang masih bisa kita lakukan untuk menghibur diri yang bosan itu?

Ternyata ada-ada aja hal yang bisa dilakukan tanpa bepergian jauh. Yaa rasanya pasti beda sih, tapi ya mau gimana ya, hehe.

Anw, ini dia yang kemarin aku share di IG, beberapa hal yang termasuk hiburan buat kami sekeluarga, khususnya aku yang pernah kami lakukan sepanjang masa pandemi ini

1. Foto-foto di Rumah

Awalnya dari kepikiran dengan di rumah aja, kamera jadi jarang terpakai, makanya bisa kali ya kapan-kapan foto-foto sendiri aja gitu di rumah, haha.

Terus yasudah deh kesampean pas Lebaran kemarin. Eh, apa sebelum lebaran udah pernah ya aku lupa. Pokoknya begitu di rumah ngerasa bosen, bingung ngapain lagi sama anak-anak, terus gak mau nonton juga, ya foto-foto jadi pilihan deh. Mana yang kecil juga udah mulai bisa diarahin pula gayanya, jadi makin menyenangkan deh sesi foto-foto di rumahnya, hehehe.

Sebulan kemudian Nara ulang tahun, terus iseng lagi ya kan mau sedikit ngerayain ulang tahunnya di rumah. Yaa bersyukur aja gitu di masa begini Alhamdulillah kita semua bisa sehat terus. Yaudah iseng deh bikin spot foto ulang tahunnya Nara dan beli kue ulang tahun. Supaya ada kesempatan foto-foto lagi deh kita xp. Yaa kue ulang tahunnya mah emang kepengen juga sih, jadi emang bukan untuk props foto aja 😀

2. Jalan Pagi/Sore

Jalan untuk menikmati udara dan terkena sinar matahari, baik pagi ataupun sore. Bisa jalan kaki, ataupun pakai sepeda. Cukup keliling kompleks sambil mengobrol dan mempelajari apa-apa yang bisa dipelajari.

Pernah juga sih jalan pagi emang karena dikasih tugas oleh sekolahnya Naia. Untuk mengamati ada benda hidup dan benda mati apa saja yang bisa kita temukan sepanjang perjalanan. Jadi ya sekalian deh yaa.

Kami tetap minim interaksi dan memang menghindari obrolan dengan orang lain kok. Ya kadang sekalian beli sarapan sih, tapi tetap meminimalisir pertemuan dengan orang lain 😀

3. Berkeliling Naik Mobil & Drive Thru

Nah, kalau jalan paginya mau yang agak jauhan dikit, naik mobil deh. Kali ini gak cuma sekitaran kompleks sih, tapi ya sekitaran kota yang masih deket-deket aja lah gitu, hehe.

Malah bisa juga sambil sarapan. Drive thru aja lalu makan di tempat yang sepi atau di parkirannya, ahaha. Yang penting judulnya “makan di luar” xp.

4. Silaturahmi Drive Thru

Selain makan, sekarang juga bisa silaturahmi drive thru, wkwkwk. Lha, ngambil tugas atau materi anak-anak sekolah pun juga pakai metode drive thru gini kok. Gurunya nunggu di pinggir sekolah, orangtua-orangtua murid tinggal ambil terus langsung cabut deh (jiya cabut).

Karena saya dan suami emang sama-sama seneng main dan seneng ngobrol, jadi ya gitu deh, nyamperin temen-temen aja tapi tetap jaga jarak dan ngobrol di depan rumahnya aja, hehehe. Malah beberapa kali ke rumah orangtua juga begitu, dari pinggir jalan aja. Demi menjaga diri dan mematuhi protokol kesehatannya lah ya. Selain menjaga diri sendiri, ya menjaga orang lain juga tentunya. 🙂

5. Nonton Film Bersama

Berhubung di rumah aja dalam waktu lama, jadi langganan Netflix & Disney deh, huee. Jadi, bisa dipakai untuk nonton film atau serial yang memang diinginkan. Bebas tanpa iklan 😀

Aku yang langganan Netflix, suami langganan Disney. Dia sih biar bisa nonton Mandalorian (karena sebentar lagi akan mulai season ke 2nya). Aku biar bisa nonton drama korea yang lagi heits, ahahaha.

Tapi ujung-ujungnya juga tetep susah cari waktu untuk nonton drakornya, huhuhu.

6 Ikut Virtual Tour

Aku belum pernah niiih ikutan virtual tour, huhu. Nanti cari dulu deh yang ada jadwalnya minggu depan terus kalau udah ikutan bakal aku update postingannya ya ini.

Nah, tau ini karena pernah liat temen ngeshare penyedia jasa virtual tour gitu. Kalau mau baca, coba deh ke postingannya yang ini: (klik gambarnya ya)

7. Staycation

Kalau yang ini agak ngeri-ngeri sih sebenernya. Dan saya gak mau menyarankan untuk pada staycation juga. Kemarin itu ya karena saya dan suami memang seneng jalan kan. Terus beberapa bulan di rumah dengan anak tiga yang energinya banyak dan gak ada habisnya, kami perlu menjaga kesehatan mental kami juga, hee.

Jadi, memberanikan diri deh untuk akhirnya staycation. Itu juga dengan beberapa catatan.

  1. Pastikan hotelnya yang benar-benar memenuhi protokol kesehatan. Kalau di Traveloka, ada bagian Clean Accomodation gitu. Jadi, di situ terdaftar hotel-hotel mana saja yang menjalankan standar protokol kesehatan sehingga bisa memberi jaminan keamanan. Bismilaah aja deh jadinya.
  2. Usahakan ada balkonnya. Jadi bukan di tempat yang tertutup banget gitu dan kita semua walaupun menginap di hotel masih bisa terkena cahaya matahari dan udara segar.
  3. Jangan lupa untuk selalu membawa cairan disinfektan dan masker. Jadi sebelum masuk kamar, kamarnya disemprot dulu. Nah, biasanya langkah ini sudah dilakukan hotel yang punya standar protokol itu.
  4. Cari waktu sepi. Jangan di weekend yang gak pandemi aja emang lebih rame ya, hehe.
  5. Kalau bisa, cari yang sarapan bisa diantar ke kamar, jadi kita bener-bener gak perlu keluar kamar gitu. Atau, kalau betul-betul harus ke luar kamar, sarapan di waktu yang sepi. Biasanya kami pilih sarapan di saat pagi dan di waktu awal karena masih sepi 😀

Malah, aku juga sempet nanya temen yang dokter juga boleh gak dan aman gak kalau staycation gitu. Berhubung kondisi lagi begini, jadi ya takut sih. Terus yaudah karena katanya kesehatan mental kita juga perlu dijaga Bismillah aja dan ya dikasih saran-saran yang aku tulis di atas itu deh. Ketentuan kalau mau staycation di masa begini 🙂

Dari semua yang udah aku tulis, kalian udah coba yang mana aja nih? Atau malah punya hiburan lain lagi? Share juga yuk! 😀

1 comment

  1. Pingback: Tulisan Minggu #43 2020 - 1 Minggu 1 Cerita

Leave a Reply

%d bloggers like this: